Pertama dalam Sejarah, MU Percayakan Fletcher dan Murtough Jadi Direktur MU

Kejutan dirasakan saat MU memilih Murtough. Padahal, ada nama-nama besar seperti Edwin Van der Sar, dan Ralf Rangnick.

oleh Achmad Yani Yustiawan diperbarui 11 Mar 2021, 11:00 WIB
Diterbitkan 11 Mar 2021, 11:00 WIB
Logo Ilustrasi MU
Suasana di luar kandang Manchester United (MU), Old Trafford. (AFP/Oli Scarff)

Liputan6.com, Jakarta Kejutan terjadi saat Manchester United atau MU melakukan perombakan. Manajemen klub raksasa Liga Inggris menunjuk secara resmi mantan gelandangnya Darren Fletcher sebagai direktur teknik.

Bukan itu saja, MU juga memilih John Murtough menjadi direktur sepak bola. Fletcher, yang memenangkan lima gelar Liga Inggris, kembali ke klub sebagai pelatih muda pada Oktober 2020 sebelum dipromosikan ke tim utama pada Januari lalu.

Sebelum resmi menunjuk Fletcher, banyak nama lain masuk dalam bursa. Salah satunya eks pemain yang dikenal sebagai pundit saat ini, Rio Ferdinand.

Namun, kejutan justru berlangsung saat MU memilih Murtough. Padahal, ada nama-nama besar seperti CEO Ajax, Edwin Van der Sar, dan mantan pelatih RB Leipzig, Ralf Rangnick.

Perombakan ini kemungkinan terkait dengan banyaknya kritikan soal kebijakan rekrutmen pemain MU. Mereka mempertanyakan Wakil Kepala Eksekutif Ed Woodward karena salah membeli pemain mahal seperti Marouane Fellaini dan Memphis Depay.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Simak Video Menarik Berikut Ini


Langkah Besar

Bruno Fernandes - Manchester United - Liga Inggris
Gelandang Manchester United atau MU Bruno Fernandes berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Manchester City dalam lanjutan Liga Inggris di Etihad Stadium, Minggu (7/3/2021). (Laurence Griffiths/Pool via AP)

Woodward sendiri dalam situs klub mengatakan bahwa ini adalah janji yang sangat penting yang akan memperkuat kemajuan klub. Ini dilakukan untuk mengejar kesuksesan yang pernah dirasakan MU.

“Kami telah membuat langkah besar ke depan dalam cara kami menjalankan operasi sepak bola kami, dan manfaatnya terlihat dalam saluran yang bangkit kembali dari bakat akademi yang mencapai tim utama dan melalui catatan rekrutmen kami yang lebih baik."


Strategi

Bruno Fernandes - Manchester United - Liga Inggris
Gelandang Manchester United atau MU Bruno Fernandes dan rekan-rekannya merayakan gol ke gawang Manchester City dalam lanjutan Liga Inggris di Etihad Stadium, Minggu (7/3/2021). (Laurence Griffiths/Pool via AP)

“Saya senang John dan Darren menerima peran ini dan saya menantikan kontribusi yang akan mereka berikan, bersama dengan Ole dan staf lainnya, saat kita membangun menuju kesuksesan di masa depan.”

Nantinya, direktur sepak bola akan memiliki kepemimpinan dan tanggung jawab secara keseluruhan untuk operasi dan strategi di semua fungsi sepak bola.


Aspek Teknis

Mancehster United Bawa Pulang 1 Poin dari Markas Liverpool
Bek Liverpool, Fabinho berusaha memblokir tembakan gelandang Manchester United, Bruno Fernandes pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Anfield, Senin (18/1/2021). Dengan hasil imbang ini, MU masih kokoh dipuncak klasemen. (Michael Regan/Pool via AP)

Murtough akan bekerja sama dengan Ole Gunnar Solskjaer dan staf sepak bola lainnya untuk menciptakan struktur, proses, dan budaya untuk memberikan kesuksesan yang berkelanjutan di lapangan.

Sedangkan Fletcher akan bekerja sama erat dengan dia dengan mengimbuhkan aspek teknis dan arahan serta memberi tautan antara akademi klub dan tim pertama klub.


Tersanjung

Mimpi 9 Legenda Sepak Bola yang Gagal Cicipi Piala Dunia
8. Darren Fletcher - Menjadi tumpuan dibawah nahkoda Sir Alex Ferguson. Penampilan apiknya bersama Setan Merah tak tertular bersama timnas Skotlandia yang hingga saat ini gagal unjuk gigi di Piala Dunia. (AFP/Andrew Yates)

Fletcher adalah mantan pemain timnas Skotlandia. Dia menghabiskan waktu 12 tahun bersama MU dengan 223 kali tampil dalam pertandingan Liga Inggris dan memenangkan lima gelar selain juga Liga Champions dan Piala Dunia Klub.

"Menyenangkan sekali bisa kembali ke klub ini dan saya tersanjung mengemban peran baru ini," kata dia seperti dikutip Reuters.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya