Prediksi Semifinal Piala Presiden 2022: PSIS Mengerikan, Arema FC Seret Gol

Jika melihat performa kedua tim sejak babak penyisihan, PSIS jelas lebih diunggulkan. Sebab, mereka memiliki torehan paling subur selama Piala Presiden 2022.

oleh Muhammad Yanto diperbarui 07 Jul 2022, 10:00 WIB
Diterbitkan 07 Jul 2022, 10:00 WIB
Piala Presiden 2022: PSIS Semarang vs Persita Tangerang
Pemain PSIS Semarang, Carlos Fortes (depan) melakukan selebrasi sambil menggendong rekannya, Wawan Febrianto usai mencetak gol kelima timnya ke gawang Persita Tangerang dalam lanjutan pertandingan babak penyisihan Grup A Piala Presiden 2022 antara PSIS Semarang menghadapi Persita Tengerang di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Senin (13/6/2022). (Bola.com/Arief Bagus)

Liputan6.com, Jakarta PSIS Semarang akan menghadapi Arema FC pada semifinal pertama Piala Presiden 2022.

Duel berlansung di Stadion Jatidiri, Semarang, Jawa Tengah pada Kamis (7/7/2022) malam WIB dan akan disiarkan langsung oleh Indosiar serta live streaming di vidio.

PSIS lolos ke semifinal Piala Presiden setelah mengalahka Bhayangkara FC. Tim berjuluk Laskar Mahesa Jenar itu menang 9-8 lewat babak adu penalti setelah bermain imbang 1-1.

Sedangkan Arema ke babak empat besar usai menang adu pinalti melawan Barito Putera dengan skor 5-4.

Jika melihat performa kedua tim sejak babak penyisihan, PSIS jelas lebih diunggulkan. Sebab, mereka memiliki torehan paling subur selama Piala Presiden 2022.

Lini depan PSIS begitu mengerikan setelah sukses mencetak 16 gol dalam lima pertandingan. Dengan kata lain, rata-rata gol PSIS mencapai 3 gol di setiap pertandingan. Jumlah tersebut yang paling tinggi di antara klub partisipan lainnya.

Sebaliknya, Arema FC sedang mengalami problem besar perihal produktivitas gol. Mereka hanya mencetak 2 gol sepanjang turnamen ini.

Itu pun dari skema bola mati sejak babak penyisihan grup. Lolosnya Jayus Hariono dkk sampai di semifinal juga bisa dikatakan beruntung, setelah menang adu penalti.

Meski seret gol, Arema FC punya lini pertahanan yang terbilang solid. Di Piala Presiden 2022, gawang Adilson Maringa, baru kebobolan 1 gol yakni saat kalah 0-1 dari PSM Makassar di laga fase grup.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Carlos Fortes dan Sang Mantan

Carlos Fortes
Ekspresi pemain PSIS, Carlos Manuel Dos Santos Fortes, setelah Wahyu Prasetyo mencetak gol kedua ke gawang Dewa United FC dalam lanjutan babak penyisihan Piala Presiden 2022 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah. Jumat (17/6/2022). (Bola.com/Bola.net/Arief Bagus)

Carlos Fortes akan menjadi salah satu fokus utama di laga ini. Sebab, dia akan menghadapi mantan klubnya, Arema FC.

Musim lalu, penyerang asal Portugal itu membela Arema FC di BRI Liga 1 2021/2022. Fortes tampil impresif saat itu dengan mencetak 20 gol.

Dan, pada laga melawan Arema, Pelatih PSIS Semarang, Sergio Alexandre berharap Fortes bisa tampil maksimal saat menghadapi Singo Edan.

"Yang paling penting fortes bahagia di sini dan bermain maksimal di sini." kata Sergio Alexandre.

Fortes saat ini berada di posisi teratas dalam datar pencetak gol di Piala Presiden 2022 dengan lima gol.Dia unggul dari gelandang Borneo FC, Stefano Lilipaly yang baru mencetak tiga gol.


Alami Kendala

Foto: PSIS Semarang Nyaris Takluk dari Tim Promosi BRI Liga 1 Dewa United FC di Piala Presiden 2022
Selebrasi pemain PSIS Semarang, Eka Febri Yogi Setiawan (tengah) setelah mencetak gol penyeimbang 1-1 ke gawang Dewa United FC dalam lanjutan babak penyisihan Grup A Piala Presiden 2022 antara Dewa United FC menghadapi PSIS Semarang di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (17/6/2022). (Bola.com/Arief Bagus)

Meski memiliki catatan apik menuju semifinal, PSIS mengalami kendala jelang lawan Arema, karena Sang gelandang bertahan andalan, Eka Febri Yogi Setiawan masih diragukan kondisinya.

Eka mengalami cedera di babak perempat final. Pemain berusia 22 tahun harus ditarik keluar di babak pertama.

Sergio Alexandre mengatakan Eka sudah gabung latihan bersama pemain-pemain lainnya. Namun, dia belum bisa memastikan apakah Eka siap untuk pertandingan.

"Kami harus menunggu, kami lihat apa yang terjadi hari ini. Eka memang mengalami sedikit masalah, tapi dia sudah ikut latihan," ungkap Alexandre.

Meski belum pasti bisa memainkan Eka, Sergio Alexandre tak khawatir. Beberapa pemain lain seperti Delfin Rumbino, Reza Irfana, dan Guntur Triaji siap menggantikan posisi Eka.

"Jika tidak siap kami akan siapkan pemain lain yang kondisinya bagus untuk mengisi posisi Eka," jelasnya.

 


5 Pertemuan Terakhir

Evan Dimas, Arema FC
Evan Dimas beraksi dalam laga uji coba Arema FC versus PSIS Semarang di Stadion Kanjuruhan, Kab. Malang, Minggu (22/5/2022). (Bola.com/Iwan Setiawan)

Jika melihat rekor pertemuan dalam lima laga terakhir, duel diprediksi bakal berlangsung sengit. Pasalnya, dalam lima pertandingan sebelumnya, kedua tim pernah saling mengalahkan.

PSIS sukses memenangkan dua laga, sementara Arema sekali menang dan dua laga lainnya berakhir tanpa pemenang.

Sebelum duel di semifinal Piala Presiden 2022 ini, PSIS dan Arema sempat dua kali bersua pada laga uji coba.

Arema menang 2-0 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, sedangkan di Stadion Jatidiri, Semarang menang tipis 2-1.

Musim lalu, PSIS merupakan salah satu tim yang tak bisa dikalahkan Arema dalam dua pertemuan di Liga 1 2021-2022.

Adapun Kemenangan terakhir Arema di liga bahkan didapat di Liga 1 2018 silam (1/6/2018) dengan skor 1-0.


Jadwal Semifinal

Reza Irfana, Renshi Yamaguchi
Gelandang PSIS Semarang, Reza Irfana mendapatkan tekel dari gelandang Arema FC, Renshi Yamaguchi (Dok. PSIS Semarang)

Selain PSIS jumpa Arema, di laga semifinal lainnya mempertemukan PSS Sleman melawan Borneo FC.

Adapun format kompetisi di babak semifinal ini sedikit berubah. Jika sebelumnya pertandingan berlansung satu leg, di semifinal ini tim akan berhadapan sebanyak dua kali.

Nantinya, Pemenang dari kedua laga itu akan bersua di final Piala Presiden 2022. Duel perebutan gelar juara turnamen pramusim ini juga akan dimainkan dalam dua leg, yakni pada Kamis, 14 Juli, dan Minggu, 17 Juli 2022.

Jadwal Semifinal Piala Presiden 2022

Semifinal Leg 1, Kamis, 7 Juli 2022

15.30 WIB PSIS Semarang vs Arema FC

20.30 WIB PSS Sleman vs Borneo FC

Semifinal Leg 2, Senin 11 Juli 2022

15.30 WIB Arema FC vs PSIS Semarang

20.30 WIB Borneo FC vs PSS Sleman

Final Leg 1

Kamis 14 Juli 2022

Final Leg 2

Minggu, 17 Juli 2022

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya