Profil Keir Starmer, PM Inggris Baru Pengganti Rishi Sunak yang Punya Gelar 'Sir'

Dalam profil Keir Starmer yang dikutip dari situs Politico.eu, ia disebut baru menjadi politisi selama sembilan tahun. Tapi hal itu bisa mengantarkannya menjadi PM Inggris menggantikan posisi Rishi Sunak.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 05 Jul 2024, 15:46 WIB
Diterbitkan 05 Jul 2024, 15:46 WIB
Pemimpin Partai Buruh Keir Starmer menang Pemilu Inggris 2024. (AP)
Pemimpin Partai Buruh Keir Starmer menang Pemilu Inggris 2024. (AP)

Liputan6.com, London - Keir Starmer, seorang pengacara hak asasi manusia (HAM) dari sebuah kota kecil di Inggris selatan, akan menjadi perdana menteri Inggris pengganti Rishi Sunak. Kemenangannya pada tanggal 4 Juli sungguh luar biasa. Namun Inggris hampir tidak tahu siapa dia.

Dalam profil Keir Starmer yang dikutip dari situs Politico.eu, Jumat (5/7/2024), ia disebut baru menjadi politisi selama sembilan tahun. Sejak dinobatkan sebagai pemimpin Partai Buruh Inggris pada tahun 2020, ia telah mengarahkan partainya dari kekalahan pemilu terburuk dalam hampir satu abad untuk menjadi kekuatan dominan dalam politik Inggris.

Lebih dari itu, keberhasilannya – sama seperti sekutu-sekutu Barat yang menggoda populisme – langsung menempatkannya sebagai salah satu pemimpin paling terkemuka di dunia. Itu mungkin tempat yang sepi, menjelang akhir tahun.

Keir Starmer adalah seorang pengacara sayap kiri yang membela kaum anarkis vegan sebelum mengadili teroris atas nama Kerajaan Inggris. Ia adalah seorang editor majalah Trotsky di masa mudanya, namun ia menyenangkan kaum kapitalis dengan menempatkan “penciptaan kekayaan” di jantung platform Partai Buruh tahun ini. Dia adalah seorang anti-monarkis yang kemudian diberi gelar kebangsawanan sebagai "Sir Keir" dan sekarang akan bertemu dengan raja seminggu sekali.

Itu semua menghasilkan kisah kehidupan nyata yang kompleks. Hal ini juga membuat sulit untuk mengantisipasi seperti apa perdana menteri Keir Starmer nantinya.

Situs Washington Post menyebut, salah satu penulis biografinya mengakui bahwa Starmer "sulit dijabarkan" – dan dia memiliki akses penuh terhadap subjeknya.

Starmer yang berusia 61 tahun, memanfaatkan ambiguitas itu untuk keuntungannya. Orang-orang telah mampu memproyeksikan kepadanya apa yang ingin mereka percayai. Untuk waktu yang lama, dia bahkan mendapat manfaat dari rumor bahwa dia adalah inspirasi karakter Mark Darcy/Colin Firth yang sopan-pengacara hak asasi manusia dalam buku dan film "Bridget Jones" (padahal sejatinya ia tak demikian).

Channel News Asia (CNA) menyebut pada usia 61 tahun, Keir Starmer akan menjadi orang tertua yang menjadi PM Inggris dalam hampir setengah abad – sembilan tahun sejak ia pertama kali terpilih menjadi anggota parlemen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Profil Keir Starmer: Ayah 2 Anak, Penggila Bola Klub Arsenal Vs Oportunis yang Membosankan

Pemimpin Partai Buruh Keir Starmer menang Pemilu Inggris 2024. (AP)
Pemimpin Partai Buruh Keir Starmer menang Pemilu Inggris 2024. (AP)

Keir Starmer, ayah dua anak yang sudah menikah ini tidak seperti kebanyakan politisi modern. Ia memiliki karir yang panjang dan cemerlang sebelum menjadi anggota parlemen dan pandangannya lebih berakar pada pragmatisme daripada ideologi.

"Kita harus mengembalikan politik ke dalam pelayanan," kata Starmer berulang kali selama kampanye, berjanji untuk menempatkan "negara di urutan pertama, partai di urutan kedua" setelah 14 tahun kekacauan pemerintahan Konservatif di bawah lima perdana menteri yang berbeda.

Mantra tersebut selaras dengan pujian para pendukungnya terhadapnya sebagai sepasang manajer yang aman dan akan menjalani kehidupan di Downing Street dengan cara yang sama seperti yang ia lakukan dalam karier hukumnya: secara serius dan forensik.

Namun, para pengkritiknya menjulukinya sebagai seorang oportunis yang membosankan dan sering berubah posisi dalam suatu isu dan gagal memberikan visi yang jelas dan tegas bagi negaranya.

Starmer yang gila sepak bola, seorang penggemar setia Arsenal, telah berjuang untuk menghilangkan citra publiknya sebagai orang yang kaku dan membosankan dan baru-baru ini mulai terlihat lebih nyaman dalam sorotan publik.


Keir Starmer Kalah Karisma dengan Pendahulunya

Pemimpin Partai Buruh Keir Starmer menang Pemilu Inggris 2024. (AP)
Pemimpin Partai Buruh Keir Starmer menang Pemilu Inggris 2024. (AP)

Menurut pemberitaan Channel News Asia (CNA), para pendukung mengakui bahwa ia gagal untuk memancarkan karisma pendahulunya yang lebih mencolok seperti Boris Johnson, namun mengatakan bahwa di situlah letak daya tariknya – kehadiran yang meyakinkan dan kaku setelah tahun-tahun Tory -anggota Partai Konservatif- yang penuh gejolak dan mementingkan diri sendiri.

Dengan rambut abu-abu bergaya khas quiff dan kacamata berbingkai hitam – Keir Starmer, dinamai menurut nama bapak pendiri Partai Buruh, Keir Hardie – juga merupakan pemimpin kelas pekerja paling kiri di partai tersebut dalam beberapa dekade.

“Ayah saya adalah seorang pembuat perkakas, dan ibu saya adalah seorang perawat,” katanya kepada para pemilih, yang sering kali membantah penggambaran para penentang bahwa ia adalah contoh elit London yang sombong dan liberal.

Pembersihan Starmer terhadap kelompok sayap kiri dari partainya menyoroti sisi kejam yang telah mendorongnya menduduki jabatan politik tertinggi di Inggris, namun ia dikatakan lucu secara pribadi dan setia kepada teman-temannya.

Dia telah berjanji untuk mempertahankan kebiasaannya untuk tidak bekerja setelah jam 6 sore pada hari Jumat untuk menghabiskan waktu bersama istrinya Victoria, yang bekerja sebagai terapis okupasi di National Health Service (NHS)/Layanan Kesehatan Nasional, dan dua anak remaja mereka yang tidak dia sebutkan namanya di depan umum.

"Ada sesuatu yang luar biasa dalam dirinya, namun tetap normal," tulis penulis biografi Starmer, Tom Baldwin, di Guardian.


Punya Gelar Kehormatan

Pemimpin Partai Buruh Keir Starmer menang Pemilu Inggris 2024 dan istrinya (kanan). (AP)
Pemimpin Partai Buruh Keir Starmer menang Pemilu Inggris 2024 dan istrinya (kanan). (AP)

Situs AFP menyebut, Keir Starmer adalah orang yang berbeda dalam politik Inggris dibandingkan dengan rekan-rekannya dan pendahulunya dari Partai Konservatif.

Jauh dari kelakuan orang-orang seperti Boris Johnson, Liz Truss, Jeremy Corbyn, dan Nigel Farage – yang kariernya dipenuhi kontroversi dan skandal – pemimpin Partai Buruh ini menonjol karena kemampuannya untuk tidak menonjolkan diri.

Faktanya, hanya sedikit yang diketahui tentang penghuni baru 10 Downing Street.

Seorang knight (ksatria) dengan asal usul yang sederhana, Sir Keir – dia sendiri jarang menggunakan gelar kehormatan atau bangsawan – dianugerahi gelar ksatria pada tahun 2014 atas jasanya pada “hukum dan peradilan pidana”.

Keir Starmer berasal dari latar belakang sederhana. Lahir dari orang tua kerah biru pada tahun 1962, Starmer diberi nama setelah Keir Hardie, pendiri Partai Buruh yang orang tuanya adalah pendukung setianya, dan dibesarkan di sebuah kota kecil di Surrey.

“Ayah saya adalah seorang pembuat perkakas dan bekerja di pabrik sepanjang hidupnya, dan ibu saya adalah seorang perawat,” Starmer sering menyatakan dalam pidatonya.

Anak pertama dari empat bersaudara yang menerima pendidikan tinggi, Starmer kuliah di Universitas Leeds dan lulus dengan pujian dan gelar sarjana hukum sebelum berangkat ke Oxford untuk studi pascasarjana.

Starmer kemudian menjadi pengacara pada tahun 1987, dengan spesialisasi hukum hak asasi manusia dan mewakili terpidana mati di Afrika dan Karibia.

Seringkali memberikan nasihat hukum secara gratis, Starmer juga menangani beberapa kasus penting termasuk pembelaan aktivis lingkungan terhadap McDonald’s dan Shell.

Dijuluki "pengacara kidal" oleh para penentangnya, Starmer mengambil tindakan hukum terhadap pelanggaran hak asasi manusia dalam konteks konflik Irlandia Utara dan membantu membentuk Dewan Kepolisian Irlandia Utara setelah perjanjian Jumat Agung yang mengakhiri konflik kekerasan selama beberapa dekade di Irlandia Utara.

Pada tahun 2008, Starmer ditunjuk sebagai Direktur Penuntutan Umum dan mengawasi penuntutan anggota parlemen yang dituduh melakukan penggelapan dan jurnalis yang dituduh melakukan peretasan telepon.

  

Infografis Ratu Elizabeth II, Penguasa Terlama di Kerajaan Inggris. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Ratu Elizabeth II, Penguasa Terlama di Kerajaan Inggris. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya