Liga 1 Tanpa Kompetisi Pramusim, Ini Kata Pelatih Bali United FC

Kompetisi resmi Liga 1 akan kembali bergulir pada 2 Agustus 2024 mendatang, namun pada kompetisi kali ini akan ditiadakan kompetisi pramusim atau Piala Presiden.

oleh Dewi Divianta diperbarui 24 Jun 2024, 19:00 WIB
Diterbitkan 24 Jun 2024, 19:00 WIB
Pelatih Bali United FC Stefano Cuggura
Pelatih Bali United FC Stefano Cuggura (Dewi Divianta/Liputan6.com)

Liputan6.com, Gianyar - Satu bulan jelang kompetisi resmi Liga 1 2024-2025 digulirkan, turnamen pramusim Piala Presiden pada musim ini dipastikan tidak akan digelar.

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Ferry Paulus beberapa saat lalu mengatakan, Piala Presiden batal digelar lantaran waktu yang mepet dengan jadwal liga 1 yang akan dimulai pada 2 Agustus 2024 mendatang.

Terkait hal itu Pelatih Bali United FC, Stefano Cuggura atau yang karib disapa Teco angkat bicara. Ia mengaku berharap kompetisi sepak bola resmi dimulai dengan turnamen atau pra kompetisi yang bisa dijadikan salah satu persiapan tim menuju kompetisi resmi Liga 1.

"Tidak ada pramusim (Piala Presiden). Standarnya kalau bisa kompetisi maksimal ada 3-4 kali kompetisi (pramusim dan kompetisi resmi). Lebih bagus ada prakompetisi, tapi mungkin jadwalnya terlalu singkat (mepet)," kata Teco yang hadir bersama istri dan sang putra dalam pembukaan turnamen usia muda Bali 7s serta peresmian Bali United Training Center di Pantai Purnama, Gianyar, Bali, Sabtu (22/6/2024).

Ia menyebut kompetisi di Indonesia memerlukan beberapa kali prakompetisi dalam kurun waktu satu tahun menjelang kompetisi resmi digelar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:


Uji Coba

Tak hanya itu, pada kompetisi musim Liga 1 2024-2025 tahun ini tidak akan menggunakan format kompetisi championships series lagi. Format kompetisi kembali kepada format sebelumnya.

"Lebih biasa ke dalam kompetisi tidak dengan championship series. Kita sudah benar-benar paham dengan sistem ini, saya fikir tidak ada masalah," ujar dia. 

Sementara itu, di tempat terpisah tim PSBS Biak tengah menjalani pemusatan latihan di Bali sejak Sabtu 25 Juni 2024 lalu. Tim berjuluk Badai pasifik tersebut sudah mempersiapkan tim yang baru promosi tersebut untuk mengarungi kompetisi tertinggi sepak bola di Indonesia Liga 1 2024-2025.

Teco mengaku tidak menutup kemungkinan manajemen Bali United akan mengatur pertemuan dengan manajemen PSBS Biak untuk menggelar ujicoba 1 bulan sebelum kompetisi berlangsung.

"Kita (Bali United FC) ada program latihan nanti tanggal 2 kita mulai latihan. Ada kemungkinan nanti kita komunikasikan dari manajemen Bali dan PSBS Biak untuk bisa uji coba. Kita tunggu manajemen nanti," pungkas dia. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya