Jadwal Final Piala AFF U-16 2022: Indonesia Vs Vietnam

Timnas Indonesia U-16 kembali bertemu Vietnam di babak final Piala AFF U-16 2022.

oleh Marco Tampubolon diperbarui 12 Agu 2022, 17:11 WIB
Diterbitkan 12 Agu 2022, 12:30 WIB
Foto: Semangat Juang Alfin Lestaluhu Jadi Cambuk Bima Sakti Bersama Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2022
Saat memastikan lolos ke partai final usai menang adu penalti atas Myanmar, Bima Sakti dan para skuat Timns Indonesia U-16 menyempatkan untuk memberi penghormatan khusu kepada almarhum Alfin Lestaluhu yang telah menularkan semangat juang yang tinggi kepada seluruh anggota tim. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Liputan6.com, Jakarta Indonesia tinggal selangkah lagi merebut gelar juara Piala AFF U-16 2022. Garuda Asia yang tampil memukau sejak babak penyisihan hanya perlu melewati satu hambatan lagi untuk mengangkat trofi. 

Di laga terakhir, Timnas Indonesia U-16 akan bertemu Vietnam. Kedua tim kembali bersua setelah berhasil mengalahkan lawan-lawannya di semifinal. Garuda Asia lolos dengan mengalahkan Myanmar 5-4 (1-1) lewat adu penakti, sedangkan Vietnam sukses membungkam Thailand 2-0.

Ada banyak indikator menjanjikan bagi timnas Indonesia U-16 dalam merebut gelar juara. Salah satunya adalah hasil pertemuan pada fase grup A di mana Vietnam sempat kalah 1-2 dari Indonesia. 

Dalam duel ini, pasukan Bima Sakti Tukiman sempat tertinggal 0-1 lewat gol penalti Ngyuen Chong Puong. Namun gol dari Arkhan dan Nabil akhirnya membawa timnas Indonesia berbalik unggul 2-1. 

Tidak terkalahkan sepanjang babak penyisihan grup, Timnas Indonesia U-16 baru mendapat perlawanan sengit dari Myanmar di semifinal. Dengan strategi parkir bus, Indonesia sempat kesulitan membongkar pertahanan lawan dan harus rela tertinggal lebih dulu lewat gol Nai Min Htet. 

Beruntung pada menit ke-69, Riski mampu menyamakan kedudukan dan bertahan hingga babak normal. Indonesia akhirnya merebut tiket ke final setelah menang 5-4 dalam drama adu penalti. 

Penampilan fantastis Garuda Asia juga akan mendapat dukungan dari ribuan suporter Tanah Air. Hal ini tentunya akan menambah mental bertanding Timnas Indonesia U-16 saat bertemu Vietnam. Sebaliknya, bagi tim lawan kehadiran para pemain ke-12 ini bakal menjadi teror yang 'menakutkan'.  

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Serang Sejak Awal

AFF U-16 2022: Semifinal: Indonesia vs Myanmar
Para pemain starter Timnas Indonesia U-16 berfoto bersama sebelum dimulainya laga semifinal Piala AFF U-16 2022 antara Indonesia U-16 melawan Myanmar U-16 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (10/8/2022) malam WIB. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Meski demikian, dalam sepak bola apapun bisa terjadi. Kesalahan sekecil apapun bisa menjadi petaka. 

Tidak ingin hal ini menimpa pasukannya, Bima Sakti selaku pelatih sudah menyiapkan strategi jitu. Mantan kapten timnas Indonesia itu meminta pasukannya agar tampil menyerang sejak awal laga. 

Menurutnya, hal ini penting guna mendapatkan gol cepat yang membuat timnya unggul lebih dulu. Dengan demikian, Garuda Asia bisa lebih leluasa dalam mengontrol permainan melawan Vietnam. 

"Vietnam merupakan tim dengan pemain yang militan dan pekerja keras, ngotot. Kami akan meredamnya dengan inisiatif (menyerang-red) dari awal," kata Bima Sakti seperti dikutip dari Antara.


Kekuatan Vietnam Menyusut

AFF U-16 2022: Semifinal: Thailand vs Vietnam
Para pemain Vietnam U-16 merayakan kemenangan 2-0 atas Thailand U-16 usai laga semifinal AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (10/8/2022) sore WIB. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Vietnam sendiri tentu saja tidak ingin menyerah begitu saja. Apalagi, tim muda negeri Uncle Ho sudah melangkah jauh hingga ke final. Hanya saja, Indonesia kembali diuntungkan oleh kondisi terakhir Vietnam yang harus kehilangan dua pilar penting yang menjadi tumbal laga melawa Thailand. 

Di partai puncak nanti, Vietnam akan kehilangan kiper Pham Dinh Hai dan striker Hoang Cong Hau. Dinh Hai mengalami cedera saat melawan Thailand di pertengahan babak kedua. Sedangkan Cong Hau terkena kartu merah di menit akhir laga semifinal Piala AFF U-16 2022 kontra timnas Thailand.

Selain babak final, Piala AFF U-16 2022 juga masih menyisakan perebutan tempat ketiga. Duel ini bakal mempertemukan Myanmar dan Thailand. Nah bagi Anda yang ingin menyaksikan pertandingan ini, silahkan ikuti informasi jadwal pertandingannya pada halaman selanjutnya. 


Jadwal Pertandingan

Final

Jumat (12/8/2022)

20.00: Timnas Indonesia U-16 Vs Vietnam

Perebutan Tempat Ketiga

15.30: Myanmar Vs Thailand

Live streaming di Vidio

Infografis Piala Dunia 2022
Infografis Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya