Seperti Lionel Messi, Piala Dunia 2022 Jadi yang Terakhir untuk Neymar?

Neymar ingin mainkan duel di Piala Dunia 2022 seperti yang terakhir. Dia juga tak bisa garansi akan terus main di Piala Dunia berikutnya.

oleh Defri Saefullah diperbarui 13 Nov 2022, 13:44 WIB
Diterbitkan 13 Nov 2022, 13:44 WIB
Foto: Daftar 5 Pemain PSG dengan Caps Terbanyak saat Membela Timnas, Beda Nasib Sergio Ramos dan Lionel Messi
Neymar. Sayap kiri Brasil berusia 30 tahun yang sejak awal musim 2017/2018 membela PSG usai meninggalkan Barcelona ini tercatat telah mengoleksi 121 caps bersama Tim Samba sejak melakukan debut pada 10 Agustus 2010. Total 75 gol dan 55 assist telah dicetaknya bersama Timnas Brasil yang akan berlaga di putaran final Piala Dunia 2022 Qatar. (AFP/Jung Yeon-je)

Liputan6.com, Paris- Striker Timnas Brasil, Neymar mengisyaratkan Piala Dunia 2022 menjadi yang terakhir baginya di karier sepak bola. Neymar sudah dua kali main di Piala Dunia namun belum berhasil jadi juara.

Neymar, 30 tahun, sebenarnya masih sangat muda untuk pilih pensiun di Timnas Brasil. Ini bisa jadi penyemangat baginya untuk jadi juara Piala Dunia 2022.

"Saya akan mainkan turnamen ini seperti jadi yang terakhir. Saya bicara kepada ayah saya, kami selalu bicara, bermain seperti ini laga terakhir, Anda tak tahu ini apa yang bakal terjadi," katanya seperti dikutip espn.

"Saya tak bisa memberi garansi akan main di Piala Dunia berikutnya. Saya tak tahu. Saya akan main seperti ini yang terakhir. Mungkin saya main di Piala Dunia berikutnya, mungkin tidak. Semua tergantung."

Ya, Neymar mengatakan keputusan untuk main di Piala Dunia 2022 tak sepenuhnya bergantung kepada dirinya. Brasil pun akan berganti pelatih yang belum tentu menyukai permainannya.

 


Mundur

Neymar dan Lionel Messi
Duel antara Neymar dan Lionel Messi saat Timnas Brasil bersua Argentina di final Copa America 2021 hari Minggu (11/07/2021) pagi WIB. (NELSON ALMEIDA / AFP)

 

Pelatih Timnas Brasil, Tite akan mundur setelah Piala Dunia 2022 di Qatar. Saat ini belum ada kepastian siapa yang akan menggantikannya.

Brasil sudah lima kali menjadi juara Piala Dunia. Namun Brasil sudah tak juara sejak 2002. Inilah yang juga jadi motivasi Neymar untuk juara.

"Saya sudah membangun sejarah panjang di timnas dan tentu saya ingin mengakhirinya dengan baik," kata Neymar.

 


Dekati Rekor Pele

Foto: Masuk Skuad Brasil ke Piala Dunia 2022 Qatar, Dani Alves di Ambang Rekor Jadi Pemain Tertua Brasil Sepanjang Sejarah Piala Dunia
Dalam dua edisi Piala Dunia tersebut, Dani Alves total tampil dalam 9 laga tanpa mencetak satu pun gol dan assist. Prestasi terbaiknya adalah menjadi peringkat ketiga di Piala Dunia 2014. Ia menjadi salah satu dari tiga alumnus Brasil di Piala Dunia 2014 yang kembali bermain di Piala Dunia 2022 bersama Neymar dan Thiago Silva. (AFP/Pierre-Philippe Marcou)

 

Neymar sudah main dengan Brasil sejak usia 18 tahun. Dia saat ini hanya terpaut 2 gol dari rekor gol Pele.

"Soal rekor? saya lebih sering membayangkannya ketimbang memimpikannya. Saya tak pernah memikirkan angka. Saya tak pernah ingin menyalip siapapun atau pecahkan rekor. Saya hanya ingin main sepak bola," ujar Neymar.

"Pele adalah acuan. Pele adalah sepak bola. Pele itu segalanya buat negara kami. Respek dan kekaguman saya untuk dia sangat besar."

 


Sedang Bagus

FOTO: Canda Tawa Neymar Cs Jelang Brasil Kontra Chile di Kualifikasi Piala Dunia 2022
Pemain Brasil Neymar (kanan) dan Antony saat sesi latihan di pusat pelatihan Granja Comary, Teresopolis, Brasil, 23 Maret 2022. Brasil akan menghadapi Chile pada pertandingan sepak bola kualifikasi Piala Dunia 2022 di Rio de Janeiro. (AP Photo/Silvia Izquierdo)

 

Neymar sedang tampil bagus menjelang Piala Dunia 2022. Dia mencetak 15 gol dan 12 assist dari 19 kali penampilannya di PSG.

"Saya ingin main di PIala Dunia 2022, berdedikasi, saya yakin kami bisa raih hasil terbaik. Meski banyak yang ragukan kami, tapi kami akan buktikan itu salah," ujarnya.

 

Infografis Stadion Piala Dunia 2022
Infografis Stadion Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya