Hasil Piala Dunia 2022: Gol Christian Pulisic Bawa Paman Sam ke 16 Besar

Amerika Serikat menantang Belanda di babak 16 besar Piala Dunia 2022.

oleh Mohamad Taufik diperbarui 30 Nov 2022, 04:07 WIB
Diterbitkan 30 Nov 2022, 04:07 WIB
timnas iran
Pemain timnas Amerika Serikat, Christian Pulisic (tengah) berhasil menjebol gawang Iran dalam pertandingan grup B Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Al Thumama Stadium, Doha, Qatar, Rabu (30/11/2022). (AP Photo/Manu Fernandez)

Liputan6.com, Jakarta Amerika Serikat lolos ke 16 besar setelah menaklukkan Iran 1-0 pada laga pamungkas Grup B Piala Dunia 2022 di Stadion Al Thumama, Rabu (30/11/2022) dini hari waktu Indonesia barat.

Di awal laga, Amerika Serikat langsung mengontrol permainan dengan mengandalkan Christian Pulisic, yang bermain di belakang duet penyerang Timothy Weah, dan Josh Sargent.

Menit 11 sundulan Pulisic mengarah ke gawang, tetapi masih lemah dan dengan mudah bisa diamankan kiper Iran, Alireza Beiranvand, yang kembali diturunkan pelatih Carlos Queiroz.

Alireza Beiranvand kembali melakukan penyelamatan untuk membuat gawangnya tetap aman, ketika menghalau bola crossing Sergino Dest yang diarahkan kepada Timothy Weah.

Di menit 27, Timothy Weah mendapat peluang dari bola liar tembakan Josh Sargent yang diblok pemain Iran, mengarah kepadanya. Meski dalam posisi bebas, tetapi sundulan Weah, masih lemah dan tidak merepotkan Alireza.

Timothy Weah kembanli mengancam gawang Iran pada menit 33. Sayang tembakan keras penyerang Lille itu, masih melambung di atas gawang.

Di lain sisi, Iran sepanjang babak pertama, lebih banyak mengandalkan serangan balik dengan mengandalkan duet Mehdi Taremi dan Sardar Azmoun di depan.

Amerika Serikat akhirnya memecah kebuntuan pada menit 38 melalui Pulisic yang mencetak skor setelah memaksimalkan umpan sundulan Sergino Dest. Tetapi Pulisic tidak merayakannya karena dia terkapar dan kesakitan akibat berbenturan dengan Alireza.

Jelang babak pertama berakhir, Timothy Weah, memperdaya Alireza dengan sontekannya dan menempatkan bola dengan baik hingga masuk gawang. Tetapi gol Weah dianulir karena sudah berdiri dalam posisi offside.

 

 


Babak Kedua

Timnas Iran vs Timnas Amerika Serikat Grup B Piala Dunia 2022
Pemain timnas Amerika Serikat, Christian Pulisic (tengah) dibantu tim medis untuk kembali ke lapangan usai menjebol gawang Iran dalam pertandingan grup B Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Al Thumama Stadium, Doha, Qatar, Rabu (30/11/2022). (AP Photo/Manu Fernandez)

Setelah jeda, Christian Pulisic terpaksa ditarik keluar dan digantikan Brenden Aaronson. Pulisic tidak mampu meneruskan permainan akibat mengalami cedera yang dialaminya akibat berbenturan dengan kiper Iran.

Sedangkan Iran memasukkan penyerang Brentford, Saman Ghoddos, menggantikan Sardar Azmoun, yang sepanjang babak pertama kesulitan menembus pertahanan Amerika Serikat.

Perlahan Iran mulai keluar dari tekanan Amerika Serikat dan lebih bisa mendekati pertahanan The Yanks, meski masih tetap mentok untuk setidaknya menciptakan peluang berbahaya.

Bahkan, Ghoddos hampir membuat Iran menyamakan kedudukan ketika mendapat ruang tembak yang cukup bagus di kotak penalti Amerika Serikat pada menit 64. Sayangnya tendangan Ghoddos masih menyamping di sisi gawang Amerika Serikat yang dijaga Matt Turner.

Tidak lama berselang, Saeid Ezatolahi melepaskan tendangan melengkung dari luar penalti yang masih melambung. Iran terus meningkatkan serangan untuk mendapatkan gol penyeimbang yang bisa meloloskan mereka ke babak 16 besar.

Tetapi serbuan para pemain Iran membentur tembok pertahanan Amerika Serikat yang solid dan fokus mempertahankan keunggulan.

Di menit pertama injury time, bek Iran, Morteza Pouraliganji, nyaris membuat skor berubah ketika sundulannya menyambut umpan tendangan bebas, menyamping tipis di sisi kanan gawang Matt Turner.

Di penghujung laga, drama sempat terjadi ketika Mehdi Taremi terjatuh di kotak penalti. Dalam tayangan ulang nampak bek Amerika Serikat Cameron Carter-Vickers menyentuh striker FC Porto tersebut.

Tetapi protes pemain Iran diabaikan wasit asal Spanyol, Antonio Lahoz, yang akhirnya meniup peluit panjang dalam kedudukan 1-0 untuk Amerika Serikat.

Dengan hasil ini, Amerika Serikat lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 menghadapi juara Grup A, Belanda pada Sabtu (3/12/2022).

 


Susunan Pemain

Iran: Alireza Beiranvand; Ramin Rezaeian, Majid Hosseini, Morteza Pouraliganji, Milad Mohammadi (Ali Karimi 45), Ahmad Nourollahi (Mehdi Torabi 71), Saeid Ezatolahi, Ehsan Hajsafi (Abolfazl Jalali 71), Ali Gholizadeh (Karim Ansarifard 77), Mehdi Taremi, Sardar Azmoun (Saman Ghoddos 46).

Amerika Serikat: Matt Turner; Sergino Dest (Shaquell Moore 82), Tim Ream, Antonee Robinson, Cameron Carter-Vickers, Yunus Musah, Tyler Adams, Weston McKennie (Kellyn Acosta 65), Christian Pulisic, Timothy Weah (Walker Zimmerman 82), Josh Sargent (Haji Wright 77).

Infografis Piala Dunia 2022
Infografis Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya