Ronaldo Sebut Neymar Butuh Bantuan Psikolog Usai Kegagalan di Piala Dunia 2022

Ronaldo sedih dan patah hati melihat Neymar hancur secara psikologis karena gagal bawa Brasil juara Piala Dunia 2022.

oleh Defri Saefullah diperbarui 14 Des 2022, 12:30 WIB
Diterbitkan 14 Des 2022, 12:30 WIB
Foto: Tangis Neymar Pecah saat Brasil Dipulangkan Kroasia dari Piala Dunia 2022
Pemain Brasil, Neymar (kanan) dihibur oleh rekannnya, Raphinha setelah tim mereka kalah dari Kroasia saat laga perempat final Piala Dunia Qatar 2022 yang berlangsung di Education City Stadium, Al-Rayyan, Jumat (09/12/2022) waktu setempat. Brasil kalah 2-4 dari Kroasia saat babak adu penalti. (AFP/Adrian Dennis)

Liputan6.com, Jakarta Kegagalan Brasil di Piala Dunia 2022 membuat Neymar sangat terpukul. Meski masih berusia muda, Neymar mempertimbangkan untuk pensiun dari timnas Brasil.

Kondisi ini membuat prihatin legenda Brasil, Ronaldo Luis Nazario. Dia meyakini Neymar dan pemain Brasil lainnya butuh bantuan psikologis untuk lepas dari tekanan di Piala Dunia.

Neymar mengakui, usai kegagalan lawan Kroasia, dia merasa hancur secara psikologis. Ronaldo pun meyakini hal itu memang dibutuhkan Neymar.

"Saya akan sarankan dia mendapatkan bantuan psikolog untuk mengatasi tekanan ini, sesuatu yang tak pantas untuk seorang manusia," kata Ronaldo seperti dikutip espn.

"Neymar akan kembali dengan gairah yang sama, keinginan yang sama. Tapi saya minta agar federasi memantau kondisi mental para pemain. Ini penting, apalagi kalau berkaitan dengan Piala Dunia."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cedera

Foto: Tangis Neymar Pecah saat Brasil Dipulangkan Kroasia dari Piala Dunia 2022
Pemain Brasil, Neymar (kanan) dihibur oleh rekannnya, Raphinha setelah tim mereka kalah dari Kroasia saat laga perempat final Piala Dunia Qatar 2022 yang berlangsung di Education City Stadium, Al-Rayyan, Jumat (09/12/2022) waktu setempat. Brasil kalah 2-4 dari Kroasia saat babak adu penalti. (AP/Darko Bandic)

 

Neymar memulai Piala Dunia 2022 dengan kondisi buruk. Dia harus absen di dua laga setelah cedera di laga melawan Serbia.

Neymar baru tampil di 16 besar saat menghadapi Korea Selatan. Dia menyumbang satu gol lewat titik penalti dan kepercayaan diri begitu besar saat itu.

Neymar berhasil samai rekor 77 gol yang dimiliki Pele saat mencetak gol lawan Kroasia. Namun mimpinya buyar karena Bruno Petkovic samakan skor.

 


Patah Hati

Ronaldo Luis Nazario
Legenda timnas Brasil, Ronaldo Luis Nazario (AFP)

 

Ronaldo mengaku patah hati melihat wawancara Neymar usai kekalahan di Piala Dunia. Dia merasakan betul tekanan seorang pemain Brasil.

"Saat saya menonton wawancara Neymar yang bilang hancur secara psikologis, ini membuat saya patah hati karena saya juga pernah hancur secara psikologis," katanya.

"Saya ingin menemukan cara bantu dia. Itu bisa bantu dia bangkit. Di era saya, hal ini jarang dibicarakan."

 


Jangan Tertekan

Ronaldo Luis Nazario
Legenda timnas Brasil, Ronaldo Luis Nazario (AFP)

 

Ronaldo juga berharap Neymar tak terlalu keras dengan dirinya sendiri. Meski dia juga kaget banyaknya warga Brasil yang juga tak suka dengan Neymar.

"Tak ada risikonya untuk melupakan apa yang terjadi di karier Anda. Apa yang sudah terjadi ya terjadi. neymar sudah berkorban," katanya.

Infografis Bagan dan Jadwal Semifinal Piala Dunia 2022
Infografis Bagan dan Jadwal Semifinal Piala Dunia 2022 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya