5 Penyerang Terbaik di Piala Dunia 2022

Siapa pencetak gol paling produktif dan penyerang paling efektif di Piala Dunia 2022. Berikut 5 penyerang terbaik di Piala Dunia 2022.

oleh Bogi Triyadi diperbarui 19 Des 2022, 10:11 WIB
Diterbitkan 19 Des 2022, 10:00 WIB
Lionel Messi - Argentina - Piala Dunia 2022
Penyerang Argentina Lione Messi mencetak tujuh gol dan membuat tiga assist dalam tujuh penampilan di Piala Dunia 2022. (AP Photo/Petr David Josek)

Liputan6.com, Jakarta - Piala Dunia 2022 telah berakhir pada Minggu, 18 Desember. Argentina dinobatkan menjadi juara usai menang 4-2 atas Prancis lewat drama adu penalti pada laga final di Stadion Lusail Iconic, Qatar.

Pertandingan final Piala Dunia 2022 berlangsung seru, ketat, dan menegangkan. Argentina unggul 2-0 terlebih dahulu di babak pertama berkat gol Lionel Messi dan Angel di Maria.

Tetapi, Prancis tidak menyerah begitu saja. Kylian Mbappe kemudian mencetak dua gol pada babak kedua dan membuat laga dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu setelah skor imbang 3-3.

Messi kembali membawa Argentina memimpin dengan golnya pada menit ke-108. Namun, 10 menit kemudian, Mbappe lagi-lagi merobek gawang Argentina. Skor 3-3 dan pemenang ditentukan lewat adu penalti.

Pada babak ini, kiper Argentina Emiliano Martinez menggagalkan dua tendangan penalti pemain Prancis, yakni Kingsley Coman dan Aurelien Tchouameni. Argentina pun menang.

Sebelum laga final, beberapa bintang besar telah memeriahkan Piala Dunia 2022 dengan penampilan luar biasa mereka. Turnamen sepak bola akbar empat tahunan ini menjadi semacam festival gol.

Ada 172 gol yang dicetak dalam 64 pertandingan pada Piala Dunia edisi kali ini. Itu adalah jumlah gol terbanyak dalam satu edisi Piala Dunia, mengalahkan edisi Prancis 1998 dan Brasil 2014 yang mengasilkan 171 gol

Beberapa pemain sudah mencapai impian mereka untuk mencetak gol untuk negara mereka masing-masing di ajang ini. Tapi, siapa pencetak gol paling produktif dan penyerang paling efektif di antara mereka?

Berikut 5 penyerang terbaik di Piala Dunia 2022 seperti dikutip dari Sportskeeda:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


5. Bukayo Saka (Inggris)

Grup B Piala Dunia 2022: Inggris vs Iran
Pemain Timnas Inggris Bukayo Saka melakukan selebrasi usai mencetak gol kedua ke gawang Timnas Iran dalam laga matchday pertama Grup B Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar, Senin (21/11/2022) malam WIB. (AP/Abbie Parr)

Bukayo Saka bisa dibilang pemain terbaik Inggris di Piala Dunia 2022. Bintang muda Arsenal ini adalah salah satu penyerang paling berbakat secara teknis yang muncul dari Inggris belakangan ini.

Kehadirannya di sayap kanan Three Lions sering merepotkan lini pertahanan lawan. Kemampuan Saka untukmelakukan belokan cepat dan mengalahkan bek dengan kecepatannya membuatnya sulit dibendung.

Pemain berusia 19 tahun itu mencetak tiga gol dalam empat penampilan di Piala Dunia 2022. Dia diharapkan memainkan peran besar untuk Inggris di masa mendatang.

 


4. Olivier Giroud (Prancis)

Foto: Prancis Vs Maroko, Ajang Reuni Pemain dan Pelatih di Semifinal Piala Dunia 2022
Penyerang Prancis Olivier Giroud di Piala Dunia 2022. (AP Photo/Christophe Ena)

Olivier Giroud menjadi andalan Prancis saat menjuarai Piala Dunia 2018. Namun, ia gagal melakukan satu pun tembakan tepat sasaran di turnamen tersebut, apalagi mencetak gol.

Namun, Giroud berkontribusi besar untuk Prancis dengan kemampuannya menahan permainan dan membawa rekan setimnya ke dalam permainan. Pada Piala Dunia 2022, dia harus mencetak gol saat menggantikan Karim Benzema yang cedera di starting lineup.

Dengan Antoine Griezmann menarik perhatian lawan dari belakangnya, Giroud telah menampilkan keahlian menembaknya. Dia telah menjadi pencetak gol dan sangat mengurangi beban Kylian Mbappe.

Striker veteran itu telah mencetak empat gol dalam lima penampilan di Piala Dunia 2022.

 


3. Julian Alvarez (Argentina)

Foto: Deretan 5 Pemain Manchester City Terakhir yang Membawa Negaranya Lolos ke Final Piala Dunia, Julian Alvarez Teranyar
Penyerang Argentina Julian Alvarez. (AP Photo/Martin Meissner)

Menuju Piala Dunia FIFA 2022, Lautaro Martinez adalah striker pilihan pertama Argentina. Namun, penyerang Inter Milan itu gagal tampil mengesankan dalam dua pertandingan pertamanya dan kehilangan posisinya.

Julian Alvarez yang menggantikan Martinez sukses memanfaatkan kesempatan itu dan ini menjadi penyerang utama La Albiceleste. Alvarez juga tidak segan-segan untuk membantu bertahan.

Kerja keras Alvarez terbayar dengan mencetak empat gol untuk Argentina di Qatar. Ini termasuk dua gol brilian di semifinal melawan Kroasia.

Alvarez terbukti menjadi pelapis yang sempurna untuk Lionel Messi di Piala Dunia 2022.

 


2. Kylian Mbappe (Prancis)

Foto: Dua Gol Mbappe di Babak Kedua Final Piala Dunia 2022 Paksa Argentina Lanjut Bermain di Extra Time
Pemain Prancis Kylian Mbappe melakukan tendangan langsung ke gawang Argentina yang membuahkan gol di final Piala Dunia 2022. (AP Photo/Manu Fernandez)

Kylian Mbappe diharapkan bersinar di Piala Dunia 2022 dan itu telah dilakukannya. Bintang Paris Saint-Germain ini memang tidak mencetak gol di perempat final dan semifinal, tetapi tidak dapat disangkat pengaruh besar yang diberikan untuk Prancis di Qatar.

Kecepatan, tipu daya, dan kemampuan menembak yang luar biasa menjadikan Mbappe salah satu penyerang paling mematikan. Dalam tujuh penampilan di Piala Dunia, dia mencetak delapan gol dan membuat dua assist.

Tiga gol di antaranya dicetak Mbappe saat final menghadapi Argentina. Sayang, ketiga golnya itu tidak mampu menolong Prancis mempertahankan gelar juara lantaran kalah adu penalti 2-4 dari Argentina setelah bermain imbang 3-3 selama 120 menit.

Namun dengan delapan golnya, Mbappe menjadi pencetak gol terbanyak di Piala Dunia 2022 dan berhak atas penghargaan Sepatu Emas.

 


1. Lionel Messi (Argentina)

Final Piala Dunia 2022: Argentina vs Prancis
Pemain Timnas Argentina, Lionel Messi melakukan selebrasi usai mencetak gol pertama Argentina ke gawang Timnas Prancis melalui eksekusi penalti dalam laga final Piala Dunia 2022 di Lusail Stadium, Lusail, Qatar, Minggu (18/12/2022) malam WIB. (AP Photo/Manu Fernandez)

Di usia 35 tahun, Lionel Messi menjalani Piala Dunia terbaik dalam hidupnya. Pemenang Ballon d'Or tujuh kali itu tampil luar biasa untuk Argentina dan telah menghasilkan beberapa penampilan luar biasa di Qatar.

Argentina telah mengandalkannyadan Messi telah memenuhinya dengan baik. Dalam tujuh penampilan di Piala Dunia 2022, Messi mencetak tujuh gol dan membuat tiga assist.

Tidak hanya itu, berkat penampilan gemilangnya, Messi membawa Argentina meraih trofi Piala Dunia 2022 usai mengalahkan Prancis 4-2 (3-3) di final. Sukses itu dilengkap dengan keberhasilan Messi meraih Golden Ball Award.

Infografis Perang Bintang Top Skor dan Assist Argentina vs Prancis di Final Piala Dunia 2022
Infografis Perang Bintang Top Skor dan Assist Argentina vs Prancis di Final Piala Dunia 2022 (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya