Piala AFF 2022: Marc Klok Pastikan Timnas Indonesia Usung Semangat Tinggi Jadi Juara

Marc Klok meyakini seluruh pasukan Timnas Indonesia sangat kompak dan penuh semangat untuk merebut juara Piala AFF 2022.

oleh Defri Saefullah diperbarui 22 Des 2022, 06:00 WIB
Diterbitkan 22 Des 2022, 06:00 WIB
Latihan Timnas Indonesia Jelang Laga Perdana Melawan Kamboja di Piala AFF 2022
Marc Klok sedang melakukan pemanasan sebelum sesi latihan Timnas Indonesia jelang pertandingan Piala AFF 2022 melawan Kamboja di Stadion Gelora Bung Karno, Selasa (20/12/2022). (Bola.com/Abdul Aziz)

Liputan6.com, Jakarta Gelandang timnas Indonesia, Marc Klok meyakini skuad Garuda punya motivasi tinggi untuk menjadi juara Piala AFF 2022. Ini kesempatan bagi timnas untuk meraihnya setelah enam kali sebelumnya hanya mampu meraih runner rup.

Seperti diketahui, Indonesia kembali raih runner up untuk keenam kali usai kalah dari Thailand di final Piala AFF 2021. Saat itu, harapan kepada skuad Garuda begitu tinggi, namun Thailand masih dominan.

“Kami sudah berlatih keras hampir empat pekan. Kami kompak sekali karena sudah bermain bersama di SEA Games (Vietnam), Kualifikasi Piala Asia, dan FIFA Matchday melawan Curacao,” kata Klok seperti dilansir antara.

“Atmosfer juga sangat baik. Kami tunggu Piala AFF mulai dan semua di sini punya target yang baik, target realistis dan juga semangat yang luar bisa,” ujar Klok.

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong memang menargetkan juara pada Piala AFF 2022 meski dengan persiapan singkat. Indonesia hanya menggelar pemusatan latihan satu bulan dan tanpa uji coba internasional.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sedikit Terhambat

Latihan Timnas Indonesia Jelang Laga Perdana Melawan Kamboja di Piala AFF 2022
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sedang memberikan instruksi saat latihan Timnas Indonesia jelang menghadapi Kamboja pada Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Selasa (20/12/2022). (Bola.com/Abdul Aziz)

 

Klok mengakui bahwa liga yang sempat vakum hampir tiga bulan itu membuat persiapan dia menjadi agak terhambat karena kosongnya pertandingan berpengaruh terhadap kondisi fisik yang menurun.

Namun pemain berdarah Belanda itu mengatakan performa timnas sudah meningkat terutama setelah menjalani TC di Bali selama 22 hari. Dengan kekuatan tim yang kuat dan solid, dia percaya diri Indonesia bisa melewati setiap pertandingan Piala AFF dengan baik.

“Semua pemain punya target sama (juara), tapi yang penting kami bisa bermain baik pada setiap pertandingan, tetap rendah hati dan percaya dengan diri sendiri di tiap pertandingan,” kata Klok.

Indonesia akan mengawali Piala AFF 2022 melawan Kamboja pada 23 Desember di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Pratama Arhan dkk kemudian akan bertolak ke Brunei Darussalam pada 26 Desember lalu kembali ke Jakarta untuk menjamu Thailand pada 29 Desember sebelum menutup fase grup dengan menghadapi Filipina pada 2 Januari.

 


Debut Jordi Amat

Latihan Timnas Indonesia Jelang Laga Perdana Melawan Kamboja di Piala AFF 2022
Pemain Timnas Indonesia, Jordi Amat (kiri) dan Ilija Spasojevic ketika berlatih jelang laga Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (20/12/2022). (Bola.com/Abdul Aziz)

 

Pemain naturalisasi Jordi Amat siap memberikan penampilan terbaik dalam debutnya bersama timnas Indonesia pada Piala AFF 2022.

Jordi, yang resmi mendapatkan status WNI pada 17 November lalu, mengatakan bahwa dia bersama tim sudah siap menjalani laga perdana Piala AFF apalagi mereka sudah berlatih sangat keras selama 22 hari di Bali.

“Saya rasa tim kami telah siap, semua pemain telah menantikan pertandingan perdana kami dan siap memberikan penampilan terbaik bagi seluruh rakyat Indonesia,” katanya.

Bek berusia 30 tahun itu juga yakin dan percaya diri dengan performa skuad Garuda yang makin kuat dan solid. Ia berharap bisa membantu Indonesia memenangi laga perdana melawan Kamboja pada 23 Desember nanti.

“Kami saat ini fokus pada pertandingan melawan Kamboja nanti karena pertandingan pertama sangat penting…Saya sangat yakin dan percaya diri setelah melihat performa seluruh tim selama 22 hari berlatih berlatih bersama di Bali,” katanya.

 


Nomor Jersey

Latihan Timnas Indonesia Jelang Laga Perdana Melawan Kamboja di Piala AFF 2022
Jordi Amat untuk pertama kalinya mengikuti latihan di Stadion Gelora Bung Karno jelang pertandingan Piala AFF 2022, Selasa (20/12/2022). (Bola.com/Abdul Aziz)

 

Pria berdarah Indonesia-Spanyol itu juga mengaku tidak sabar melakoni laga perdana bersama timnas dan mengenakan jersey timnas Indonesia. Ia akan mengenakan jersey nomor punggung 4.

Jordi, yang kini bermain untuk klub Malaysia, juga mengaku sangat menantikan kehadiran suporter di stadion. Indonesia akan melakoni dua laga kandang di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta saat menjamu Kamboja pada Jumat (23/12) dan Thailand (29/12).

“Saya bangga berada di sini dan menjadi bagian dari tim ini. Saya sangat menantikan menit bermain perdana saya bersama Indonesia,” ucapnya.

“Saya juga tidak sabar melihat 30 ribu penonton yang akan memenuhi stadion,” katanya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya