Sebut Shin Tae-yong Badut, Pelatih Persija Jakarta Thomas Doll Minta Maaf

Pelatih Persija Jakarta Thomas Doll meminta maaf setelah menyebut pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong seperti badut.

oleh Bogi Triyadi diperbarui 12 Feb 2023, 20:30 WIB
Diterbitkan 12 Feb 2023, 20:30 WIB
Foto: Persija Jakarta Matangkan Taktik Jelang Bergulirnya Liga 1 Musim 2022 / 2023
Pelatih Persija Jakarta Thomas Doll meminta maaf setelah menyebut pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong seperti badut.. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Liputan6.com, Jakarta - Thomas Doll meminta maaf setelah menyebut pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong seperti badut. Hal itu dilontarkan pelatih Persija Jakarta ini dalam sesi konferensi pers sebelum laga BRI Liga 1 2022/2023 kontra Arema FC, Sabtu (11/2).

"Saya mau meminta maaf atas perkataan sebelumnya di mana saya menyebut dia (Shin Tae-yong)seperti badut," kata Thomas Doll seperti diunggah di laman resmi Persija Jakarta, Minggu, 12 Februari.

Menurut ahli taktik asal Jerman itu, ucapannya terhadap Shin Tae-yong berlebihan karena mengarah ke personal. Dia mengakui sikapnya itu salah dan meminta maaf kepada pihak yang dirugikan.

"Hal itu sesuatu yang tidak baik dan karenanya saya minta maaf, baik kepada coach Shin maupun masyarakat sepak bola Indonesia," kata Thomas Doll.

Eks pelatih klub Jerman Borussia Dortmund itu menegaskan bahwa dia dan Persija tetap berkomitmen total untuk Timnas Indonesia.

Tim Macan Kemayoran akan memberikan menit bermain kepada para pemain mudanya di BRI Liga 1 2022/2023. Ini agar mereka siap berlaga di Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 2023.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pemicu sebutan

Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll
Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll, saat sesi latihan di Lapangan Nirwana Park, Sawangan, Rabu (31/8/2022). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Thomas Doll menyebut Shin Tae-yong seperti badut dalam pertemuan virtual antara Persija Jakarta dan Timnas Indonesia, Selasa, 7 Februari 2023. Pemicunya lantaran ahli strategi asal Korea Selatan itu tidak hadir dalam pertemuan itu.

Keputusan Shin Tae-yong mengutus asisten pelatih Nova Arianto untuk mewakilinya membuat Thomas Doll gusar. Sebab, di kubu Persija dirinya dan semua staf pelatih mengikuti diskusi tersebut.

Thomas Doll menilai Shin Tae-yong semestinya ikut pertemuan. Karena, pembicaraan melalui panggilan video itu mendiskusikan soal pemanggilan pemain ke timnas U-20. 


Paling banyak

Konferensi Pers Jelang Laga FIFA Match Day Timnas Indonesia Vs Curacao
Pelatih kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat konferensi pers menjelang laga FIFA Match Day antara Timnas Indonesia melawan Timnas Curacao yang berlangsung di Hotel Harris Citylink, Bandung, Jumat (23/06/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Persija Jakarta adalah klub yang pemainnya paling banyak dipanggil Shin Tae-yong untuk pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-20 yaitu sembilan orang.

TC yang menjadi persiapan Piala Asia U-20 2023 itu berlangsung pada 1-28 Februari 2023 di Jakarta.

Hal tersebut membuat Persija merasa perlu memberikan opsi-opsi lain. Sebab, beberapa dari pemain yang dipanggil dibutuhkan tim untuk bersaing di BRI Liga 1 2022/2023.

Kritik Thomas Doll itu kemudian berlanjut kepada sebutan badut untuk Shin Tae-yong lantaran pelatih berkewarganegaraan Korea Selatan itu membintangi iklan makanan di Indonesia.

"Bagi saya dia lebih seperti badut daripada pelatih. Itu seharusnya tidak dilakukan oleh seorang pelatih timnas. Saya tidak pernah melihat pelatih melakukan hal yang seperti itu," kritik Thomas Doll.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya