SEA Games 2023 di Depan Mata, Timnas Basket Putri Indonesia Matangkan Chemistry

Selama persiapan, Timnas basket putri Indonesia menyibukkan diri dengan mengikuti berbagai kejuaraan. Dua kali ikut SEA Women Basketball League (SWBL).

oleh Thomas diperbarui 27 Apr 2023, 17:30 WIB
Diterbitkan 27 Apr 2023, 17:30 WIB
Timnas basket putri Indonesia berlatih jelang SEA Games 2023
Timnas basket putri Indonesia berlatih jelang SEA Games 2023 (Dok Perbasi)

Liputan6.com, Jakarta- SEA Games 2023 di Kamboja akan segera dimulai pekan depan. Sisa waktu yang sudah sedikit ini dimanfaatkan oleh timnas basket putri Indonesia untuk menyempurnakan permainan terutama kekompakan atau chemistry antarpemain.

Menurut Asisten Pelatih Timnas basket putri Indonesia July Wong, selama persiapan tim pelatih sudah memberikan semua materi yang dibutuhkan hadapi rivalitas SEA Games Kamboja. Sejak gelar training center pada 12 September 2022, para pemain telah ditempa fisik hingga menebalkan mental tanding.

“Semua sudah kita berikan. Secara fisik dan mental kita rasa sudah cukup. Sekarang ini kita banyak simulasi strategi lawan selain fokus lebih mematangkan chemistry anak-anak,” jelas July.

Selama persiapan, Timnas basket putri Indonesia menyibukkan diri dengan mengikuti berbagai kejuaraan. Dua kali ikut SEA Women Basketball League (SWBL). SWBL edisi 2022 keluar sebagai juara. Kemudian pada SWBL 2023 Singapura Series tempati posisi runner-up.

Selain itu, mental bertanding para pemain juga diasah dalam beberapa kali uji coba. Salah satunya Try out di Taiwan. Di sana menjajal kekuatan tim kampus juga tim profesional.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tak Buru-Buru

“Setelah TC panjang ini, kita banyak mengikuti event seperti SWBL dan try out. Anak-anak banyak improve. Jadi dari coaches tidak sulit untuk menentukan pemain yang akan kita pilih,” ucap July.

Namun July mengatakan, tim pelatih tidak mau buru-buru menentukan komposisi akhir pemain. Dia menunggu sampai akhir bulan ini untuk mengumpulkan final roster.

“Terkait kekuatan lawan, saya kira semua tim hampir sama. Tapi saya rasa anak-anak lebih siap untuk SEA Games Kamboja ini. Semoga tahun ini lebih baik lagi,” tukasnya.

Pada SEA Games Hanoi lalu, Timnas Elit Putri persembahkan medali perak. Sedangkan untuk kategori 3X3 Putri berhasil menyabet perunggu.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya