Pesan Guardiola kepada Pemain di Babak Pertama Ampuh Bawa Manchester City Juara Liga Champions

Josep Guardiola memberi pesan jitu kepada pemain di babak pertama sehingga Manchester City bisa kalahkan Inter Milan 1-0 di final Liga Champions.

oleh Defri Saefullah diperbarui 11 Jun 2023, 12:30 WIB
Diterbitkan 11 Jun 2023, 12:30 WIB
Foto: Momen Selebrasi Skuad Man City dengan Si Kuping Besar, Jadi Tim ke-23 yang Raih Trofi Liga Champions sepanjang Sejarah
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola mencium trofi Liga Champions dalam perayaan kemenangan atas Inter Milan pada laga Final Liga Champions 2022/2023 di Ataturk Olympic Stadium, Istanbul, (10/6/2023). Sebelumnya bersama Barcelona ia telah dua kali meraihnya pada musim 2008/2009 dan 2010/2011. (AFP/Paul Ellis)

Liputan6.com, Jakarta Manchester City menorehkan sejarah rebut juara Liga Champions untuk pertama kali dalam sejarah mereka. Prestasi yang sudah lama ditunggu ini diraih usai kemenangan 1-0 Man City atas Inter Milan di final Liga Champions yang berlangsung di Ataturk Olympic Stadium, Minggu (11/6/2023).

Rodri mencetak gol satu-satunya di menit ke-68 untuk Manchester City. Tembakan terukurnya menembus jala Inter Milan yang dikawal Andre Onana.

Manajer Man City, Josep Guardiola mengatakan kalau gelar pertama The Citizens akan terukir di bintang. Dia memuji klub karena sudah sabar dengan dirinya selama tujuh tahun terakhir.

Dia menduga klub lain pasti sudah memecatnya karena begitu lama meraih gelar Liga Champions. Guardiola pun menyamakan gelar Liga Champions seperti tos koin.

"Inter Milan tim yang sangat bagus. Sabar, itu yang saya katakan kepada pemain di babak pertama. Anda harus beruntung. Kompetisi ini seperti tos koin," ujar Guardiola seperti dikutip ESPN.

"Ini sudah terukir di langit. Liga Champions kini menjadi milik kami."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Usaha Ketujuh Guardiola Rebut Gelar Juara Liga Champions dengan Manchester City

Manchester City Vs Inter Milan
Manchester City akhirnya berhasil keluar sebagai juara Liga Champions 2022/2023. The Citizens sukses mengangkat trofi Si Kuping Besar setelah mengalahkan Inter Milan. (AP Photo/Manu Fernandez)

Ini menjadi usaha ketujuh Guardiola untuk memenangkan gelar Liga Champions dengan Man City. Dia percaya kegagalan-kegagalan yang diraih sebelumnya tentu akan berbuntut pemecatan di klub lain.

"Pertama tama kata pertama saya untuk Inter Milan, mengucapkan selamat untuk penampilan mereka," ujar Guardiola.

"Hal kedua untuk direktur sport, CEO dan chairman. Normalnya, saat Anda tak memenangkan gelar Liga champions selama bertahun-tahun, Anda akan dipecat.

"Salah satu alasan mengapa Man City sseperti sekarang karena orang-orang dari Abu Dhabi. Sheik Mansour ambil alih klub dan tanpa itu kami tak mungkin raih gelar seperti sekarang. Mereka orang paling penting."

 


Manchester City Raih Treble Winners

Foto: Momen Selebrasi Skuad Man City dengan Si Kuping Besar, Jadi Tim ke-23 yang Raih Trofi Liga Champions sepanjang Sejarah
Gelandang Manchester City, Kevin De Bruyne mengangkat trofi Liga Champions di samping dua buah hatinya dalam perayaan kemenangan atas Inter Milan pada laga Final Liga Champions 2022/2023 di Ataturk Olympic Stadium, Istanbul, (10/6/2023). Gelar ini juga menjadi yang pertama bagi pemain yang ditarik keluar saat menghadapi Inter Milan di laga final akibat cedera. (AP Photo/Emrah Gurel)

 

Gelar juara Liga Champions juga melengkapi treble yang diraih Man City. SEbelumnya, mereka sudah menangkan gelar juara Liga Inggris dan Piala FA.

Guardiola pun membongkar rahasia kalau dia mendapatkan pesan dari legenda MU, Sir Alex Ferguson. Rupanya Ferguson memintanya untuk raih treble.

"Sebuah kehormatan bagi saya bisa menyamai Sir Alex Ferguson. Saya boleh bilang dapat pesan pagi ini di hape saya yang membuat saya tersentuh."

 


Guardiola Menanti Selama 12 Tahun

Foto: Momen Selebrasi Skuad Man City dengan Si Kuping Besar, Jadi Tim ke-23 yang Raih Trofi Liga Champions sepanjang Sejarah
Striker Manchester City, Erling Haaland bersama sang kekasih, Isabel Haugseng Johansen berpose dengan trofi Liga Champions dalam perayaan kemenangan atas Inter Milan pada laga Final Liga Champions 2022/2023 di Ataturk Olympic Stadium, Istanbul, (10/6/2023). Gelar ini menjadi yang pertama baginya dan dilengkapi dengan gelar top skor dengan torehan 12 gol. (AP Photo/Francisco Seco)

 

Secara pribadi, Guardiola sudah menanti gelar juara Liga Champions selama 12 tahun. Dia terakhir kali memenangkan gelar Liga Champions pada 2011 lalu bersama Barcelona.

Dia mengaku lega bisa kalahkan Inter Milan. Dia kini menargetkan menangkan lebih dan gelar dengan Man City menjadi trofi ketiga Liga Champions untuknya.

"Saya tak mau satu gelar Liga Champions hilang. Kami harus kerja keras musim depan dan kembali juara. Ada klub yang memenangkan gelar Liga Champions dan hilang. Kami harus menghindarinya," kata Guardiola.

Infografis final Liga Champions
Final Liga Champions 2022/2023 mempertemukan Manchester City melawan Inter Milan. Duel final akan berlangsung di stadion Ataturk Turki (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya