Berawal dari Cinta Laut, Andrew Doppo Kini Jadi Instruktur Olahraga Ekstrem Freediving

Andrew Doppo memulai kecintaan kepada olahraga ekstrem Freediving atau menyelam tanpa alat karena suka dengan laut.

oleh Defri Saefullah diperbarui 27 Jun 2023, 15:09 WIB
Diterbitkan 27 Jun 2023, 11:50 WIB
Olahraga Freediving
Andrew Doppo menggeluti olahraga ekstrem freediving karena kecintaan kepada laut (istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Olahraga freediving atau menyelam tanpa alat memang masih asing buat sebagian besar masyarakat. Namun olahraga ekstrem ini sudah lama digeluti Andrew Doppo, pria asal Malalayang Manado ini.

Andrew Doppo sudah menggeluti olahraga yang masuk kategori ekstrem ini sejak tahun 2017 lalu itu. Tak hanya hobi, dia kini bisa memanfaatkan keahliannya itu untuk orang banyak.

Kini pria yang biasa disapa Doppo itu sudah menjadi Instruktur Freedive profesional.

"Saya sangat bersyukur ilmu ini kini sudah bermanfaat. Saya ingin semakin banyak yang menggeluti freedive. Saya sudah siap lahir batin menularkan ilmu ini kepada siapapun," ujar pria yang lahir di Manado, 29 Desember 1992 seperti keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

Dijelaskannya, freediving merupakan olahraga atau kegiatan menyelam tanpa menggunakan alat bantu pernapasan dengan membutuhkan keahlian khusus. Freediver dapat menyelam jauh ke dalam laut sesuai kemampuan sambil menahan napas.

Doppo menyebut kecintanya terhadap laut menjadi alasan awal dia memilih freediving.

"Semua ini tumbuh dan terwujud karena kecintaan saya terhadap laut dan sangat ingin men-challenge diri sendiri dengan cara freediving. Dan akhirnya aku bersyukur dari hobi freediving bisa jadi profesi sebagai instruktur freedive," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Andrew Doppo Sudah Punya Sekolah Freediving

Andrew Doppo Freediving
Andrew Doppo menggeluti olahraga ekstrem freediving karena kecintaan kepada laut. Kini dia menjadi instruktur dan memiliki sekolah freediving untuk penyelam (istimewa)

 

Saking menekuni, Doppo bahkan saat ini mempunyai sekolah Freedive di Indonesia bernama Seaddicted Indonesia (instagram Seaddicted.freediving). Sekolah freediving tersebut lokasi homebasenya di Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara.

"Sekolah freedive saya basenya di Manado nama sekolahnya Seaddicted Indonesia. Bisa liat-liat Instagramnya @seaddicted.freediving. Silahkan jika ada yang ingin bergabung bisa bersama kami di sekolah ini," ujar Doppo yang juga merupakan Underwater photographer.

Olahraga freediving juga menjadi ajang kompetisi bagi penyelam. Berprofesi sebagai instruktur freedive menghantarkan Andrew hingga ke tingkat Nasional bahkan internasional. "

Biasa ke luar daerah untuk Trip sekolah, mengajar, dan kompetisi. Saya sangat mencintai ini," dia menambahkan.

 


Freediving Bisa Bantu Kesehatan Tubuh

Andrew Doppo
Andrew Doppo menggeluti olahraga ekstrem freediving karena kecintaan kepada laut. Kini dia menjadi instruktur dan memiliki sekolah freediving untuk penyelam (istimewa)

 

Selain sebagai hiburan dan kompetisi, freediving juga bermanfaat untuk kesehatan dan kebugaran fisik.Freediving dapat meningkatkan kemampuan fisik melalui latihan anaerobik.

Pelatihan menahan keadaan kekurangan oksigen ringan diketahui memiliki efek positif dalam sistem fisiologis tubuh.

Freediving juga dapat meningkatkan kesehatan mental dengan meningkatkan kemampuan seseorang untuk mengelola stres, sehingga lebih fokus dan sadar.

"Dan Freedive juga merupakan sport tourism yang sangat baik dan cocok di Indonesia, karena Indonesia merupakan negara kepulauan, negara yang bentangan pantainya panjang, memiliki ribuan pulau, dan tentunya alam laut yang indah dan original karunia Tuhan. Jadi tidak akan pernah menyesal belajar dan mencintai Freedive sejak dini," katanya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya