Naoya Inoue Menang TKO atas Stephen Fulton

Naoya Inoue menjadi petinju Jepang kedua yang berhasil merebut gelar juara dunia di empat kelas berbeda.

oleh Marco Tampubolon diperbarui 25 Jul 2023, 20:26 WIB
Diterbitkan 25 Jul 2023, 20:20 WIB
Petinju Jepang Naoya Inoue
Petinju Jepang Naoya Inoue berpose di akhir konferensi pers di Tokyo pada 6 Maret 2023, di mana ia mengumumkan akan memperebutkan dua gelar dunia dalam debut tinju kelas bantam supernya ketika ia menghadapi Stephen Fulton dari AS. (Richard A. Brooks / AFP)

Liputan6.com, Jakarta Petinju asal Jepang, Naoya Inoue berhasil mengalahkan juara dunia kelas bantam super versi WBO dan WBC, Stephen Fulton di Ariake Arena, Tokyo, Selasa malam (25/7/2023). Bertarung di depan publik sendiri, petinju yang dijuluki The Monster itu menang TKO ronde delapan. Wasit terpaksa menghentikan pertarungan setelah melihat Fulton tidak mampu membalas gempuran The Monster di pojok ring. 

Kemenangan ini sekaligus memgantar Inoue mewujudkan ambisinya sebagai petinju pound to pound terbaik dari Jepang. Namanya kini tercatat sebagai petinju Negeri Matahari Terbit kedua yang mampu memenangkan gelar juara dunia di empat kelas berbeda setelah Kazuto Ioka, pada bulan Juni 2019. 

Sebelum berhasil merebut sabuk juara milik Fulton, Inoue seperti diketahui telah melengkapi perjalanan kariernya lewat gelar juara dunia kelas flyweight, super flyweight, dan bantam. Kemenangan ini juga membuat rekor bertanding Naoya Inoue semakin meyakinkan, dengan 25-0 (22KO). Sebaliknya, kekalahan melawan Inoue jadi yang pertama dalam karier Fulton. Kini dia mengemas 22-1 (8KO). 

Fulton sebenarnya sempat memberi perlawanan di awal-awal pertandingan. Bahkan beberapa kali petinju asal Amerika Serikat tersebut berhasil mendaratkan pukulannya di wajah The Monster. 

Namun Inoue yang tampil di kelas yang lebih berat dari biasanya punya stamina prima. Memasuki ronde ketujuh, petinju 27 tahun itu mulai mendominasi jalannya duel lewat kombinasi pukulan kerasnya. 

Julukan The Monster akhirnya benar-benar diperlihatkan Inoue pada ronde delapan. Kombinasi pukulan mematikannya membuat Fulton tersungkur. Berawal dari jab ke bagian perut, Inoue kemudia melepas hook ke wajah Fulton yang tampak terbuka. Dua pukulan ini langsung membuat Fulton limbung. 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Fulton Sempat Bangkit Setelah Dipukul KO

Dia coba berdiri sebelum akhirnya benar-benar terjatuh usai mendapat pukulan tangan kiri Inoue. Wasit kemudian mengitung, tapi Fulton berhasil bangkit sebelum hitungan ke-10 dan laga pun dilanjutkan.

Ini hanya menunda kemenangan Inoue beberapa saat. Sebab, tak lama kemudian dia kembali  menghujani Fulton dengan pukulan dan mendesaknya di pojok ring. Fulton tak mampu berbuat banyak. Wasit akhirnya menghentikan menghentikan duel dan menyatakan Inoue menang TKO.    

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya