Manchester United Berburu Pengganti Maguire, Pemain Burkina Faso Diincar

Manchester United sedang mencari bek tengah baru untuk menjadi pengganti Maguire. Salah satu yang dibidik berasal dari Burkina Faso.

oleh Thomas diperbarui 12 Agu 2023, 11:00 WIB
Diterbitkan 12 Agu 2023, 11:00 WIB
Harry Maguire
Harry Maguire kembali tampil untuk MU saat melawan West Ham (AFP)

Liputan6.com, Jakarta- Manchester United akan segera ditinggal bek tengah Harry Maguire. Mantan kapten MU itu dilaporkan akan pindah ke West Ham United dalam waktu dekat. Kesepakatan soal mahar transfer sudah tercpaai diantara kedua klub.

MU akan mendapat 30 juta poundsterling dari penjualan Maguire ke West Ham. Praktis Setan Merah rugi 50 juta poundsterling karena membeli Maguire senilai 80 juta poundsterling dari Leicester City pada tahun 2019 lalu.

Maguire juga akhirnya bersedia pindah. Pria Inggris itu dilaporkan sudah menyepakati kontrak dengan West Ham. Tinggal detail kecil saja yang perlu diselesaikan sebelum Maguire resmi pindah ke London. MU kabarnya juga memberikan pesangon kepada Maguire agar bersedia turun gaji sehingga bisa direkrut West Ham.

Kepergian Maguire membuat manajer Erik ten Hag akan mendatangkan bek tengah baru. Sangat riskan jika MU cuma mengandalkan trio Raphael Varane, Lisandro Martinez dan Victor Lindelof di musim 2023/2024. Bek kiri Luke Shaw memang bisa ditempatkan sebagai bek tengah, tapi karena jadwal super padat Ten Hag ingin ada tambahan bek baru selepas menjual Maguire.

MU kemungkinan akan belanja pengganti Maguire di Bundesliga. Setelah sebelumnya dikaitkan dengan bek serba bisa Bayern Munchen Benjamin Pavard, kini muncul kandidat lain dari Liga Jerman yakni Edmond Tapsoba asal Bayer Leverkusen.

Pemain asal Burkina Faso itu bermain gemilang bersama Leverkusen musim lalu. Tapsoba tampil 33 kali di Bundesliga. Ketangguhan Tapsoba mengawal pertahanan membuat Leverkusen mampu finis di posisi keenam klasemen akhir Bundesliga.


MU Bersaing dengan Tottenham

Edmon Tapsoba
Edmon Tapsoba (Twitter)

Untuk mendapatkan pemain 24 tahun itu, MU harus bersaing dengan sesama klub Liga Inggris Tottenham Hotspur. MU harus bergerak cepat mengamankan Tapsoba sebelum Spurs memiliki uang berlimpah dari penjualan mesin gol Harry Kane.

Tottenham bisa meraup 120 juta poundsterling dari transfer Kane ke Bayern Munchen. Saat ini Kane sudah terbang ke Jerman untuk menjalani tes medis bersama Die Roten sebelum diumumkan secara resmi.


Kandidat Lain Pengganti Maguire

Kalahkan Leverkusen, Inter Milan Tatap Semi Final Liga Europa
Penyerang Inter Milan, Romelu Lukaku, berebut bola dengan bek Bayer Leverkusen, Edmond Tapsoba, pada perempat final Liga Europa 2019/2020 di Merkur Spiel-Arena, Jerman, Selasa (11/8/2020) dini hari WIB. Inter Milan menang 2-1 atas Bayer Leverkusen. (AFP/Dean Mouhtaropoulos/pool)

MU tak bisa membeli Tapsoba dengan biaya transfer terlalu mahal. Manajer Erik ten Hag masih membutuhkan tambahan satu gelandang bertahan lagi di sisa bursa transfer musim panas 2023. Anggaran membeli bek tengah baru kabarnya cuma 20 juta poundsterling.

Selain Pavard dan Tapsoba, kandidat pengganti Maguire lainnya di MU adalah eks pemain belakang Barcelona asal Prancis Jean Clair Todibo yang bersinar kembali saat memperkuat Nice.


Klasemen Liga Inggris

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya