Pelatih Vietnam Tidur Nyenyak Sebelum Bertemu Indonesia di Final Piala AFF U-23 2023

Indonesia akan bertemu Vietnam di final Piala AFF U-23 2023.

oleh Marco Tampubolon diperbarui 25 Agu 2023, 16:30 WIB
Diterbitkan 25 Agu 2023, 16:30 WIB
Nguyen Van Tung
Penyerang Vietnam, Nguyen Van Tung, berpeluang menjadi andalan di Piala AFF U-23 2023. (AFP/Ye Aung Thu)

Liputan6.com, Jakarta Vietnam jadi musuh Indonesia di final Piala AFF U-23 2023. Sang juara bertahan lolos usai mengalahkan Malaysia 4-1 di Rayong Provincial Stadium, Thailand, Kamis (24/8/2023).

Kemenangan atas Malaysia menambah kepercayaan diri Vietnam untuk mempertahankan gelar justs yang diraih musim lalu di Kamboja. Sang pelatih, Hoang Anh Tuan pun bisa tidur nyenyak sebelum bertemu timnas Indonesia U-23 di babak final.

“Target kami lolos ke final, dan kini kami sudah berada di sana. Saya akan tidur nyenyak malam ini sebelum memikirkan rencanaku hadapi final,” katanya usai pertandingan melawan Malaysia seperti dilansir dari situs resmi AFF.

Vietnam seperti diketahui tampil dominan atas Malaysia. Mereka tidak memberi celah bagi Malaysia untuk berkembang. Pada menit kedelapan, Vietnam sudah membuka keunggulan lewat Nguyen Minh Quang. Vietnam kemudian menggandakan keunggulannya lewat Nguyen Quoc Viet pada menit 32.

Vietnam semakin meninggalkan Malaysia setelah Xuan Tien mencetak gol ketiga pada menit ke-44. Malaysia sempat bangkit dan mencetak gol lewat Alif Ikmarizal Anuar pada awal babak kedua. Namun Vietnam berhasil menyudahi pertandingan dengan skor 4-1 lewat gol yang dicetak Hong Phuc Nguyen pada menit ke-85.

 


Kunci Sukses Indonesia ke Final

Foto: Penampilan Spartan Timnas Indonesia U-23 saat Gilas Thailand di Semifinal Piala AFF U-23, Vietnam Siap-siap Jadi Korban Selanjutnya
Ketiga gol Timnas Indonesia U-23 dicetak Jeam Kelly Sroyer, Muhammad Ferarri, dan gol bunuh diri Natcha Prosomboon. Adapun Thailand U-23 hanya mampu membalas sekali lewat Chukid Wanpraphao. (Dok. PSSI)

Babak final bakal berlangsung di Rayong Provincial Stadium, Thailand, Sabtu (26/8/2023). Sebelumnya, Indonesia berhasil lolos usai mengakahkan tuan rumah Thailand dengan skor 3-1. Pelatih Shin Tae-yong, pun memuji perjuangan pasukannya.

Kerja keras dan memberikan seluruh kekuatan maksimal menjadi kunci kemenangan di pertandingan ini," kata ahli taktik asal Korea Selatan itu usai pertandingan seperti dikutip dari laman PSSI.

"Kami apresiasi pemain Indonesia U-23 telah bermain bagus dan melawan tuan rumah,” lanjutnya.

 


Kemenangan Perdana STY atas Thailand

Hasil ini menjadi kemenangan perdana pelatih Shin Tae-yong atas Thailand semenjak ditunjuk menjadi pelatih Timnas Indonesia sejak akhir Desember 2019.

 "Kita akui empat negara yang lolos di semifinal semuanya sangat kuat. Secara pribadi, saya pikir pertandingan final mendatang melawan Vietnam akan sangat bagus. Kemenangan ini juga menambah kepercayaan diri pemain," bebernya.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya