Jarang Dipakai Mikel Arteta, Kieran Tierney Tinggalkan Arsenal di Bursa Transfer

Arsenal resmi mengumumkan kepergian Kieran Tierney di bursa transfer. Sang pemain akan dipinjamkan ke Real Sociedad selama satu musim.

oleh Razaqa Hariz diperbarui 28 Agu 2023, 22:00 WIB
Diterbitkan 28 Agu 2023, 22:00 WIB
Jarang Dipakai Arteta, Kieran Tierney Resmi Pindah ke Real Sociedad Dengan Status Pinjaman
Arsenal telah mengonfirmasi bahwa Kieran Tierney telah bergabung dengan klub La Liga Real Sociedad dengan status pinjaman selama satu musim dan The Gunners akan mengantongi sekitar 1,2 juta poundsterling dari klub Spanyol tersebut. (FOTO: instagram.com/kierantierney/)

Liputan6.com, Jakarta - Arsenal resmi mengumumkan kepergian Kieran Tierney di bursa transfer. Sang pemain akan dipinjamkan ke Real Sociedad selama satu musim.

Pemain asal Skotlandia itu sudah lama ingin pindah klub untuk mencari waktu bermain yang lebih banyak. Sosok berusia 26 tahun itu tidak diturunkan manajer Mikel Arteta dalam tiga pertandingan pertama The Gunners di Liga Premier musim ini.

“Kieran Tierney telah resmi bergabung dengan klub LaLiga Real Sociedad dengan status pinjaman untuk musim 2023/24,” tertulis di situs resmi Arsenal. "Semua pihak di Arsenal mendoakan yang terbaik bagi Kieran musim mendatang bersama Real Sociedad.".

Kedatangan Oleksandr Zinchenko dan perubahan cara pandang Arteta terhadap posisi bek kiri menjadi tanda awal bahwa Tierney, yang sempat dipercaya bakal menjadi kapten masa depan Arsenal, tak lagi menjadi pilihan utama untuk posisi tersebut.

Meskipun Tierney bermain dalam 36 pertandingan musim lalu, ia menghabiskan hampir 700 menit lebih sedikit di lapangan dibandingkan periode sebelumnya.

Dia kebanyakan menjadi starter di Liga Europa dan piala domestik, dan ketika diminta untuk bermain dalam peran yang berbeda seperti Zinchenko, dia tampak merasa tidak senang.

Pembicaraan tentang kepergiannya pun dimulai pada bulan Januari ketika Newcastle United dan mantan klub Tierney, Celtic, menunjukkan minat. Namun, gajinya menjadi masalah dalam diskusi tersebut.

Dilansir dari Daily Mail, Tierney sangat menantikan bisa bermain di La Liga. “Ini adalah perubahan besar [di La Liga] tapi sesuatu yang sangat saya nantikan. Kesan pertamaku sangat bagus, semua orang yang kutemui sangat ramah, kotanya sangat bagus dan stadionnya indah Ini adalah tantangan yang menarik dan saya senang berada di sini," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Odegaard Rekomendasikan Real Sociedad ke Tierney

Odegaard Rekomendasikan Real Sociedad ke Tierney
Martin Odegaard. Gelandang serang berusia 23 tahun ini kini tengah menjalani musim keduanya bersama Arsenal di Liga Inggris. Ia didatangkan pada awal musim 2021/2022 dari Real Madrid dengan nilai transfer 35 juta euro dan masih terikat kontrak hingga Juni 2025. Musim ini ia telah tampil dalam 7 laga di semua ajang dengan torehan 3 gol. Bersama Timnas Norwegia ia telah mengoleksi 43 caps dengan raihan 2 gol dan 8 assist sejak melakukan debut pada 27 Agustus 2014. (AFP/Glyn Kirk)

Tierney mengatakan dia telah berbicara dengan kapten Arsenal Martin Odegaard tentang kepindahan ke Sociedad sebelum melakukan peminjaman.

“Martin Odegaard mengatakan para penggemar dan orang-orang sangat baik dan sangat ramah dan Anda akan senang berada di sini," ucapnya dikutip dari DailyMail.

“Klub ini berada dalam kondisi yang baik, terutama dalam beberapa musim terakhir dan musim ini di Liga Champions, jadi ini adalah klub yang luar biasa," tambahnya.

Sebelumnya Odegaard pernah bermain untuk Real Sociedad dengan status pinjaman dari Real Madrid selama musim 2019/20.


Kai Havertz Masih Belum Sesuai Ekspektasi Arsenal

Kai Havertz Masih Belum Sesuai Ekspektasi Arsenal
Striker Arsenal, Kai Havertz (kiri) menguasai bola saat menghadapi Nottingham Forest pada laga Liga Inggris 2023/2024 di Emirates Stadium, London (12/8/2023). Kai Havertz merapat ke Arsenal setelah meninggalkan Chelsea. Ia dilepas The Blues dengan nilai transfer 75 juta euro atau setara Rp1,2 triliun dengan durasi kontrak selama 5 tahun hingga 30 Juni 2028. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)

Jika Tierney hengkang, muka anyar Arsenal Kai Havertz justru dalam sorotan. Dia belum menunjukkan performa yang mengesankan di Arsenal. Namun, Mikel Arteta percaya bahwa Havertz akan berpotensi bersinar dengan waktu di The Gunners.

"Saya pikir begitu. Dia telah melakukan hal-hal bagus, tetapi masih sulit baginya dalam beberapa momen kunci. Dia masuk ke area berbahaya dan menghadapi banyak situasi, tetapi belum berhasil mencetak banyak gol musim ini. Ini adalah aspek yang kurang," ucap Arteta dikutip dari situs Arsenal.

Pada pertandingan sebelumnya di Liga Inggris, Sabtu (26/8/2023) malam WIB, Arsenal bermain imbang 2-2 dengan Fulham di Emirates Stadium. Salah satu pemain yang menjadi sorotan adalah Kai Havertz.

Meskipun diharapkan Havertz bisa mencetak gol dari posisi gelandang serang, namun penampilannya belum memuaskan.

Havertz, yang direkrut oleh Arsenal di awal musim, nampaknya masih kesulitan untuk berintegrasi dengan rekan-rekan setimnya di The Gunners. Dalam dua pertandingan sebelumnya, Havertz juga belum berhasil mencetak gol.


Peringkat Liga Inggris

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya