Timnas Indonesia U-17 Dapat Suntikan Motivasi dari Bek Jepang Kou Itakura, Apa Katanya?

Bek Timnas Jepang yang main di Borussia Munchengladbach Kou Itakura memberi motivasi untuk pemain Timnas Indonesia U-17. Ini turut menyulut semangat pemain untuk juga main di Eropa.

oleh Defri Saefullah diperbarui 05 Okt 2023, 12:15 WIB
Diterbitkan 03 Okt 2023, 10:00 WIB
Foto: Aktivitas Pemain Timnas Indonesia U-17 di Jerman, Gas Latihan Terus
Timnas Indonesia U-17 bergabung ke dalam Grup A bersama dengan Ekuador, Panama, dan Maroko. (Dok. PSSI)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-17 masih menjalani pemusatan latihan di Jerman. Timnas U-17 menjalani latihan intensif demi kesiapan tampil di Piala Dunia U-17 2023 yang berlangsung di Indonesia pada 10 November sampai 2 Desember 2023.

Semua pertandingan Piala Dunia U-17 bisa disaksikan lewat Emtek Group mulai Indosiar, SCTV, Mentari, Moji, Vidio dan NEX Parabola. Pemusatan latihan pertama digelar di Munchengladbach.

Di sini, Timnas U-17 menjalani uji coba perdana melawan TSV Meerbusch U-17. Indonesia kalah tipis 0-1.

Namun pemain Timnas Indonesia U-17 juga mendapatkan pengalaman menarik saat disuntik motivasi dari bek Timnas Jepang, Kou Itakura yang kini main di Borussia Munchengladbach.

"Semoga sukses untuk Piala Dunia U-17. Saya berharap kalian sukses. Saya juga berharap bisa main bersama kalian di masa depan," kata Kou Itakura seperti dilansir akun Timnas Indonesia di X.

Saat tiba menemui pemain Timnas U-17, Kou Itakura sangat ramah. Dia bahkan menyebutkan "selamat pagi" untuk pemain yang terpaku melihat bintang Asia di Bundesliga.

FIFA World Cup U-17 Indonesia bisa disaksikan di Indosiar dan SCTV. Bisa nonton Live 52 pertandingan lengkap hanya di Vidio. Best match di Moji dan Mentari, serta melalui Nex Parabola.


Bek Timnas U-17 Ingin Main di Eropa

Kou Itakura, Timnas Jepang
Bek Timnas jepang Kou itakura berharap bisa berjumpa para pemain Timnas Indonesia U-17 sebagai lawan di masa mendatang (AFP)

 

Banyaknya pemain Jepang yang main di Eropa turut memotivasi bek kiri Timnas Indonesia, Habil Abdillah Akbar. Dia mengatakan ingin suatu hari jejaki langkah pemain-pemain Jepang main di Eropa.

"Pastinya senang dengan pemain Asia yang bisa main di Eropa, termasuk di liga top di dunia ini. Semua pemain Indonesia pasti mau main di Eropa," kata Habil Abdillah Akbar, bek kiri Timnas U-17.

"Saya insyaalah bisa mengikuti," dia menambahkan.


Timnas Indonesia U-17 Pindah ke Dortmund

Muhammad Nabil Asyura - Timnas Indonesia U-17 - Piala Dunia U-17 2023
Pemain Timnas Indonesia U-17 Muhammad Nabil Asyura tengah menjalani pemusatan latihan di Jerman untuk persiapan Piala Dunia U-17 2023. Nabil Asyura mempunyai cara tersendiri untuk beradaptasi dengan cuaca dingin di Jerman. (foto: PSSI)

Timnas Indonesia U-17 pindah ke Bad Bentheim, Dortmund, untuk melanjutkan pemusatan latihan di Jerman. Mereka akan melanjutkan persiapan menghadapi Piala Dunia U-17 2023.

Pasukan Bima Sakti meninggalkan Monchengladbach usai berlatih selama dua pekan di sana. Timnas U-17 berpindah lokasi menggunakan perjalanan darat yang memakan waktu dua jam. Di Dortmun, Garuda Nusantara dijadwalkan berlatih sekitar tiga pekan.

"Saya dan teman-teman sangat antusias untuk menjalani pemusatan latihan di Dortmund. Meskipun waktu sangat sikat, kita harus benar-benar memanfaatkan waktu itu untuk berkembang lebih baik lagi,’’ ujar pemain belakang Mohamad Andre Pangestu dikutip situs resmi PSSI.

Selama di Dortmund, timnas U-17 Indonesia sudah menyusun sejumlah uji coba. Salah satunya melawan Eintracht Frankfurt U-19.

Indonesia ambil bagian di Piala Dunia U-17 2023 setelah ditunjuk sebagai tuan rumah menggantikan Peru. Mereka masuk Grup A pada turnamen yang berlangsung 10 November hingga 2 Desember mendatang bersama Ekuador, Panama, dan Maroko.


Pemain Timnas Indonesia U-17 Jangan Banyak Merenung

Uji coba Timnas Indonesia U-17 di Jerman.
Uji coba Timnas Indonesia U-17 di Jerman. (Bola.com/Dok.PSSI).

Pasukan Merah Putih berada di Jerman sejak 18 September lalu dan menjalani training camp hingga 23 Oktober. Total 28 pemain diberangkatkan.

Timnas sudah melakoni satu laga uji coba dan harus mengakui kekalahan 0-1 dari TSV Meerbusch, Rabu (27/9/2023). Laga ini merupakan bagian dari pemusatan latihan Timnas Indonesia U-17 di Negeri Panzer untuk persiapan Piala Dunia U-17 2023.

Meski kalah, pelatih Timnas Indonesia U-17 Bima Sakti mengakui ada prospek dalam timnya untuk ke depan. "Para pemain luar biasa, cara main baik. Meskipun harus adaptasi dulu, secara umum kita punya prospek yang bagus," katanya.

"(Pemain) jangan down, jangan merenung. Ini semua proses yang harus dijalani. Pemain jangan terpengaruh dengan hasil ini, tatap terus (ke depan). Jangan fokus ke hal yang lain, mereka harus tetap bergerak maju, tetap berproses," taambahnya.


Pesan Erick Thohir untuk Timnas U-17

Foto: Aktivitas Pemain Timnas Indonesia U-17 di Jerman, Gas Latihan Terus
Para penggawa Indonesia U-17 akan lama menjalani pemusatan latihan di Jerman. Mereka akan menempa diri di sana selama kurang lebih satu bulan. (Dok. PSSI)

Ketua Umum PSSI Erick Thohir berpesan agar para penggawa Garua Asia dapat memanfaatkan momen training di Jerman secara maksimal sebelum tampil dalam ajang Piala Dunia U-17 2023.

"Kiper Timnas Indonesia U-17 mendapatkan kesempatan berlatih bersama para pelatih kiper Borussia Monchengladbach. Suhu di bawah 10 derajat tidak menjadi hambatan," tulis Erick Thohir lewat nggahan di akun Instagram pribadinya, Jumat (29/9/2023) lalu.

"Kemampuan mereka makin baik untuk Piala Dunia U-17 2023 pada 10 November-2 Desember 2023. Manfaatkan sebaik-baiknya pemusatan latihan ini sampai akhir Oktober 2023. Saya percaya fisik dan mental para pemain akan lebih kuat," tambah sosok yang merangkat sebagai Menteri BUMN itu.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya