Jelang Piala Dunia U-17 2023, Pemain Diaspora Buktikan Kontribusi Lewat Laga Uji Coba Timnas Indonesia U-17

Pemain diaspora Timnas Indonesia U-17 Amar Brkic berhasil membuktikan kontribusinya bagi Garuda Asia dengan mencetak gol penyeimbang yang mencegah kekalahan Merah Putih dari SV Meppen dalam laga uji coba pada Selasa (17/10/2023).

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 21 Okt 2023, 19:25 WIB
Diterbitkan 18 Okt 2023, 17:30 WIB
Timnas Indonesia U-17
Pemain diaspora Amar Brkic sukses mencetak gol tunggal bagi Timnas Indonesia U-17 yang mengantar Garuda Asia bermain imbang dengan SV Meppen dalam laga uji coba yang dihelat di Lapangan SV Hemsen, Meppen, Jerman, Selasa (17/10/2023) malam. (Dok PSSI)  

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-17 terus memanaskan mesin jelang tampil dalam ajang Piala Dunia U-17 2023. Teranyar, skuad racikan Bima Sakti baru saja melakoni laga uji coba melawan SV Meppen di Lapangan SV Hemsen, Meppen, Jerman, Selasa (17/10/2023) malam.

Hasilnya, Garuda Asia berhasil memaksa lawan bermain imbang 1-1 di laga tersebut. Penggawa diaspora Amar Rayhan Brkic menjadi sosok penting yang mencegah kekalahan Timnas Indonesia U-17 usai mencetak gol penyeimbang mendekati pengujung laga.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-17 di bawah asuhan Bima Sakti memang memberi kesempatan bagi sejumlah nama diaspora untuk turut memperkuat Garuda Asia sekaligus mematangkan persiapan menuju Piala Dunia U-17 2023.

Amar Brkic yang menjadi salah satu pemain keturunan di Timnas Indonesia U-17 pun berhasil membayar kesempatan dari pelatih Bima Sakti lewat kontribusi pentingnya di laga uji coba melawan SV Meppen.

Amar yang perdana menyumbangkan gol bagi Garuda Asia pun tak bisa menyembunyikan kegembiraannya selepas laga. Ia mengaku merasa sangat emosional lantaran bisa mencetak angka yang membantu Timnas Indonesia U-17 selamat dari kekalahan dalam pertandingan Selasa (17/10/2023) malam.

"Sangat senang perasaan saya seusai cetak gol perdana bagi Indonesia, sangat emosional bagi saya, saya tidak bisa kontrol perasaan saya. (Rasanya) biasa sekali untuk saya" ujar Amar, seperti dilansir dari situs resmi PSSI.

FIFA World Cup U-17 Indonesia bisa disaksikan di Indosiar dan SCTV. Bisa nonton Live 52 pertandingan lengkap hanya di Vidio. Best match di Moji dan Mentari, serta melalui Nex Parabola.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jalannya Laga Timnas Indonesia vs SV Meppen

Timnas Indonesia U-17
Timnas Indonesia U-17 sempat kebobolan lebih dulu dari SV Meppen pada menit ke-80, sebelum Amar Brkic berhasil mencetak gol penyeimbang mendekati pengujung laga. (Dok. PSSI)

Timnas Indonesia U-17 mengawali laga uji coba kontra SV Meppen dengan intensitas sedang. Kedua tim sama-sama belum menemukan celah untuk mencetak gol hingga pertandingan berjalan 39 menit.

Afrisal dan Rahman sejatinya sempat mencoba peruntungan dengan melepas tendangan jarak jauh. Akan tetapi, upaya mereka yang masih melebar dari gawang lawan memaksa skor sementara 0-0 tak berubah sampai turun minum.

Pelatih Timnas Indonesia U-17 Bima Sakti lantas melakukan pergantian pemain guna menambah daya dobrak Garuda Asia. Di 25 menit pertama babak kedua, Timnas Indonesia U-17 terbukti mampu menunjukkan penampilan agresif.

Salah satu peluang sempat diperoleh pasukan Bima Sakti lewat sundulan Kaka yang memanfaatkan umpan lambung dari sisi kanan. Sayangnya, aksi itu belum berhasil dikonversi menjadi gol lantaran masih melebar tipis dari jaring.

Barulah pada menit 80, kebuntuan terpecah dengan SV Meppen lebih dulu mencetak gol. Tendangan keras tim lawan dari dalam kotak penalti gagal diselamatkan oleh kiper Timnas Indonesia U-17.

Beruntung Amar mampu tampil sebagai penyelamat Indonesia 10 menit berselang. Ia mencetak gol penyama kedudukan buat Timnas Indonesia, sehingga laga berakhir dengan skor imbang 1-1.


Timnas Indonesia U-17 Masih Punya 1 Laga Uji Coba

Timnas Indonesia U-17
Timnas Indonesia U-17 bakal menghadapi satu laga uji coba lagi kontra FC Koln, sebelum menyelesaikan pemusatan latihan di Jerman pada 23 Oktober dan bertolak ke Tanah Air. (Dok. PSSI)

Usai bermain imbang dengan SV Meppen, Timnas Indonesia U-17 bakal dinanti dengan satu agenda uji coba lagi sebelum bertolak ke Tanah Air. Iqbal Gwijangge dan kawan-kawan diagendakan bersa dengan FC Koln, sebagaimana dilansir dari situs resmi PSSI.

Sementara itu untuk Piala Dunia U-17 2023, perjuangan Timnas Indonesia U-17 akan dimulai dengan menghadapi Ekuador pada 10 November 2023. Timnas Indonesia U-17 kebagian berkandang di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, bersama penghuni grup A lainnya, termasuk Ekuador, Panama, serta Maroko.

Berikut jadwal Timnas Indonesia U-17 di fase penyisihan grup A Piala Dunia U-17 2023.

Jumat, 10 November 2023

19.00 WIB: Indonesia vs Ekuador

Stadion Gelora Bung Tomo 

Senin, 13 November 2023

19.00 WIB: Indonesia vs Panama

Stadion Gelora Bung Tomo 

Kamis, 16 November 2023

19.00 WIB: Maroko vs Indonesia

Stadion Gelora Bung Tomo

Piala Dunia U-17 Indonesia 2023 Grup A-F
Piala Dunia U-17 Indonesia 2023 Grup A-F (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya