Hasil Euro 2024: Belgia Sukses Bungkam Rumania 2-0, Persaingan di Grup E Makin Seru

Kemenangan 2-0 Belgia atas Rumania sudah cukup membuat persaingan di grup E Euro 2024 jadi terbuka. Semua tim di grup ini sama-sama mengoleksi satu kemenangan.

oleh Defri Saefullah diperbarui 23 Jun 2024, 03:50 WIB
Diterbitkan 23 Jun 2024, 03:50 WIB
Jeremy Doku Euro 2024
Winger Belgia Jeremy Doku (kiri) mendapatkan gangguan dari Ratiu, bek Rumania saat melakukan serangan di pertandingan kedua grup E Euro 2024 di stadion Rhein Energie (AP)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Belgia berhasil menang 2-0 atas Rumania pada laga kedua grup E yang berlangsung di Stadion Rhein Energie, Koln, Minggu (23/6/2024). Dua gol Belgia dicetak Youri Tielemans dan Kevin de Bruyne. Kemenangan Belgia bisa lebih besar lagi kalau gol Romelu Lukaku tidak dianulir.

Kemenangan Belgia ni membuat persaingan di grup E semakin seru. Semua tim di grup ini berhasil meraih satu kemenangan sehingga peluang ke babak 16 besar Euro 2024 ditentukan di laga terakhir. Belgia masih ada di posisi dua di bawah Rumania dengan produktivitas gol sama-sama plus satu. Namun Rumania sukses cetak 3 gol saat lawan Ukraina.

Jalannya Pertandingan Belgia vs Rumania

Belgia langsung menghentak di menit ke-2 lewat gol Youri Tielemans. Manfaatkan umpan pendek dari Romelu Lukaku, Tielemans dengan garang melepas tembakan akurat ke sisi kanan gawang Rumania sehingga membuat skor berubah jadi 1-0.

Pergantian pemain di beberapa posisi sepertinya cukup mengubah permainan Belgia. Pelatih Domenico Tedesco tak memainkan Leandro Trossard yang diganti Dodi Lukebakio, sedangkan Tieleman mengganti Oriel Mangala. Cukup ampuh!

Rumania nyaris memberi respon cepat lewat sundulan Dragusin di menit ke-4. Namun kiper Belgia Casteels mampu menepis sundulan hasil umpan Marius Marin itu dengan baik.

Romelu Lukaku punya peluang cetak gol di menit ke-13. Setelah berbalik badan, tembakannya hasil umpan Jeremy Doku masih mengenai bek Ukraina sehingga hanya menghasilkan corner.

Dodi Lukebakio gagal manfaatkan peluang emas di menit ke-19. Mendapatkan umpan dari Kevin De Bruyne, tendangan Lukebakio masih bisa ditepis kiper Rumania. Skor 1-0 masih bertahan.

Serangan Belgia banyak diawali oleh tusukan Jeremy Doku. Winger Man City ini atur serangan dan satu tembakannya di menit ke-31 masih bisa diblok Florin Nita.

Rumania coba buka peluang lewat Denis Dragus di menit ke-39. Sudah lewati Jan Vertonghen, tapi Dragus tak bisa menjemput bola hasil umpan Panjang Ratiu.

Hingga babak pertama berakhir, Belgia sukses menjaga keunggulan tipis 1-0 lawan Rumania. Adakah gol tambahan di babak dua laga kedua grup E Piala Eropa 2024?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Babak Dua Belgia vs Rumania di Euro 2024

Youri Tielemans
Gelandang Belgia Youri Tielemans saat mencetak gol ke gawang Rumania pada laga kedua grup E di stadion Rhein Energie (AP)

Rumania langsung menggebrak lewat tembakan Dennis Man di menit ke-46. Namun tembakannya masih mengarah tepat ke arah Casteels.

Mihaila juga nyaris mengam Belgia di menit ke-48. Berhasil melewati pertahanan Belgia, tapi tembakannya masih melambung ke atas gawang. Ini peringatan keras untuk Belgia.

Kevin De Bruyne mencoba peruntungan lewat tendangan melengkungnya ke gawang Rumania pada menit ke-52. Sayang sekali, tembakannya masih melebar.

Kevin De Bruyne membangun serangan lewat tendangan bebas di menit ke-58. Bola sampai ke kaki Romelu Lukaku tapi tendangannya bisa diblok bek Rumania.

Jeremy Doku terlalu lama menggoreng bola di menit ke-62. Ogah mengumpan, dia memilih lepas tembakan sendiri tapi malah menyamping.

Belgia akhirnya menambah keunggulan ewat Romelu Lukaku di menit ke-63 hasil umpan Kevin de Bruyne. Namun gol Lukaku dianulir karena offside. Ini menjadi gol ketiga Lukaku yang dianulir!

Menit ke-66, Romelu Lukaku Kembali mendapatkan peluang. Kali ini, tendangannya bisa ditepis Florin Nita. Pada menit ke-68, giliran Dennis Man yang mengancam gawang Belgia tapi tembakannya ditepis.

Belgia akhirnya membungkus kemenangan lewat gol dari Kevin De Bruyne di menit ke-80. Meski dibayangi Dragusin, Kevin De Bruyne masih bisa mencetak gol ke gawang Rumania sehingga membuat skor berubah 2-0.

Rumania nyaris beberapa kali mencetak gol hiburan di laga ini. Namun hingga menit ke-88, Dragusin Cs belum berhasil melakukannya. Di sisi lain, Lukaku lagi-lagi gagal cetak gol karena tembakannya bisa ditepis di menit ke-89.

Hingga pertandingan berakhir, skor 2-0 untuk kemenangan Belgia atas Rumania tetap bertahan. Belgia bakal menghadapi Ukraina di laga terakhir, sedangkan Rumania jumpa Slovakia.

 


Susunan Pemain Belgia vs Rumania

Timnas Belgia
Pemain Belgia merayakan gol yang dicetak Youri Tielemans ke gawang Rumania pada laga kedua grup E Euro 2024 (AP)

Belgia (4-2-3-1): Koen Casteels; Timothy Castagne, Wout Faes, Jan Vertonghen, Arthur Teate; Youri Tielemans, Amadou Onana;Dodi Lukebakio, Kevin De Bruyne, Jeremy Doku; Romelu Lukaku

Rumania (4-1-4-1): Florin Nita; Andre Ratiu, Radu Dragusin, Andrei Burca, Nicusor Bancu; Marius Marin; Dennis Man, Rasvar Marin, Nicolae Stanciu, Valentin Mihaila;Denis Dragus

Infografis Jadwal Euro 2024 Babak Penyisihan Grup A-F
Infografis Jadwal Euro 2024 Babak Penyisihan Grup A-F (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya