Hasil Euro 2024: Sikat Belanda 3-2, Austria Secara Mengejutkan Rebut Puncak Klasemen Grup D

Timnas Austria secara mengejutkan berhasil mengalahkan tim kuat Belanda pada laga terakhir grup D Euro 2024 yang berlangsung di stadion Olympia.

oleh Defri Saefullah diperbarui 26 Jun 2024, 00:57 WIB
Diterbitkan 26 Jun 2024, 00:56 WIB
Joey Vermann
Gelandang Belanda Joey Vermann saat beraksi melawan Austria pada laga terakhir grup D di Euro 2024 (AP)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Austria secara mengejutkan berhasil mengalahkan Belanda 3-2 pada laga terakhir grup D yang berlangsung di stadion Olympia, Selasa (25/6/2026). Tiga gol Austria dicetak lewat gol bunuh diri Donyell Malen, Romano Schmid dan Marcel Sabitzer.

Belanda sempat memberi perlawanan lewat dua gol dari Cody Gakpo dan Memphis Depay. Austria dengan demikian memimpin klasemen grup D Euro 2024 secaa mengejutkan karena Prancis di laga lain gagal menang. Sedangkan Belanda berada di posisi ketiga dan harus siap melawan Spanyol atau Inggris di babak 16 besar.

Jalannya Pertandingan Belanda vs Austria

Belanda dikejutkan kesalahan pemain tengah mereka Donyell Malen. Dia menceploskan bola ke gawang sendiri di menit ke-6 sehingga membuat Austria unggul 1-0.

Gol ini terjadi karena ancaman dari umpan Alexander Prass. Bermaksud ingin menghalau bola, tapi dia malah memasukkannya ke gawang sendiri.

Sekadar informasi, Austria tak pernah menang di tujuh pertemuan terakhir melawan Belanda. Itu termasuk dua pertemuan terakhir di event besar, apakah bakal berubah kali ini?

Giliran Tijani Reijnders yang buka peluang Belanda di menit ke-14. Manfaatkan umpan Cody Gakpo usai lakukan serangan bali, tendangan pemain berdarah Indonesia itu masih melebar ke kanan.

Tijani Reijnders kini mengolah sebuah umpan untuk Donyell Malen. Tembakan kaki kirinya dari sayap kiri masih melebar di sisi kanan gawang Austria.

Austria membuka peluang lewat Grillisch di menit ke-30. Tendangan kaki kanannya masih bisa diamankan sehingga skor tetap 1-0 untuk Austria.

Ronald Koemann melakukan pergantian pemain yang cepat. Kurang puas dengan Joey Vermann, Koemann memasukkan Xavi Simmons di menit ke-35.

Cody Gakpo membuat umpan terukur untuk Memphis Depay di menit ke-41. Namun sundulannya masih bisa diblok. Belanda kurang beruntung!

Austria pantas memimpin hingga menit ke-43. Statistik menunjukkan mereka lebih agresif dengan 6 tembakan dimana 3 diantaranya butuh penyelamatan dari kiper Belanda Verbruggen.

Hingga babak pertama berakhir, Austria masih unggul 1-0 atas Belanda. Apakah ada tambahan gol di babak kedua?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Babak Dua Belanda vs Austria di Euro 2024

Timnas Austria Euro 2024
Timnas Austria merayakan gol bunuh diri yang dilakukan Donyell Malen ke gawang Belanda pada laga terakhir grup D Euro 2024 (AP)

 

Belanda langsung menggebrak di menit ke-47. Lewat serangan cepat, Xavi Simons memberi umpan kepada Cody Gakpo yang langsung melepas tendangan melengkung dan tak bisa dtiahan kiper Austria. Skor pun berubah 1-1.

Austria secara mengejutkan unggul 2-1 di menit ke-59 lewat Romano Schmid. Berawal dari overlapping Grillitsch yang melepas umpan silang dan disambut sundulan Schmid yang tak terjaga.

Belanda dalam posisi tak mengenakkan meski sudah lolos babak 16 besar. Kalau skor tak berubah, Belanda bakal berada di posisi ketiga dan berpotensi hadapi lawan berat yaitu Spanyol atau mungkin Inggris.

Belanda berhasil samakan skor 2-2 lewat gol Memphis Depay di menit ke-75. Manfaatkan umpan lewat sundulan dari Wout Weghorst, Depay akhiri paceklik golnya.

Namun kegembiraan Belanda hanya sebentar. Marcel Sabitzer membuat fans Belanda terhenyak lewat golnya di menit ke-80. Manfaatkan umpan Christoph Baumgartner, Sabitzer mengubah skor jadi 3-2.

Hingga pertandingan berakhir, skor 3-2 untuk kemenangan Austria tetap bertahan. Belanda mendapatkan beberapa peluang tapi gagal berbuah gol.

 


Susunan Pemain Belanda vs Austria

Belanda vs Austria Euro 2024
Striker Belanda Memphis Depay mencoba rebut bola dari pemain Austria pada laga terakhir grup D (AP)

Belanda (4-2-3-1): Verbruggen; Geentruida, De Vrij, Van Dijk, Ake; Schouten, Veerman; Malen, Reijnders, Gakpo; Depay

Austria (4-2-3-1): Pentz; Posch, Lienhart Wober, Prass; Seiwald, Grillisch; Wimmer, Schmid, Sabtizer; Arnautovic

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya