Sejarah Baru Terukir, LeBron James Jadi Pembawa Bendera Amerika di Pembukaan Olimpiade 2024

LeBron James dipilih sebagai atlet putra pembawa bendera Amerika Serikat pada pembukaan Olimpiade 2024.

oleh Thomas diperbarui 23 Jul 2024, 12:41 WIB
Diterbitkan 23 Jul 2024, 12:00 WIB
LeBron James Gemilang, LA Lakers Genggam Tiket Final Wilayah Barat
Pebasket Los Angeles Lakers, LeBron James (AP Photo/Mark J. Terrill)

Liputan6.com, Jakarta- Komite Olimpiade dan Paralimpiade Amerika Serikat telah memutuskan bintang NBA LeBron James bakal menjadi salah satu dari dua orang yang membawa bendera negara mereka di pembukaan Olimpiade 2024. Bendera Amerika Serikat di pembukaan Olimpiade nanti bakal dibawa oleh dua orang, satu atlet putra dan satu putri.

Pengumuman LeBron sebagai atlet pria yang membawa bendera Amerika Serikat diumumkan pada Senin (22/7/2024) waktu setempat. Lebron pun akan mengukir sejarah baru. Dia menjadi atlet basket putra pertama yang dipercaya membawa bendera Amerika Serikat di pembukaan Olimpiade.

Sejak Olimpiade 2020 di Tokyo, IOC memang memperbolehkan setiap negara memilih dua orang sebagai pembawa bendera di upacara pembukaan, satu wanita dan satu laki-laki. Saat itu Amerika mempercayakan kepada Eddie Alvarez dan Sue Bird.

Untuk atlet basket, LeBron menjadi yang ketiga sebagai pembawa bendera Amerika Serikat setelah Bird dan Dawn Staley. Namun kedua pendahulunya itu merupakan atlet basket putri.

Pemilihan LeBron sebagai atlet pria pembawa bendera Amerika ini berdasarkan voting yang dilakukan Komisi Atlet terhadap 592 atlet yang mewakili negeri Paman Sam di Olimpiade 2024. Untuk atlet wanita baru akan diumumkan hari ini.

Olimpiade 2024 menjadi keikutsertaan LeBron keempat kalinya. Pemain Los Angeles Lakers itu sebelumnya pernah meraih dua medali emas pada 2008 dan 2012 serta perunggu pada debutnya di Olimpiade 2004.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Olimpiade Terakhir LeBron James

Stephen Curry dan LeBron James
Stephen Curry dan LeBron James bakal tampil bersama Timnas Basket Amerika Serikat di ajang Olimpiade 2024. (Ethan Miller / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

LeBron absen pada Olimpiade 2016 dan 2021. Namun tanpa LeBron, Amerika Serikat tetap dapat merebut medali emas bola basket putra. Dengan usia yang hampir kepala empat, Olimpiade 2024 ini akan menjadi Olimpiade terakhir LeBron.

“Merupakan suatu kehormatan luar biasa untuk mewakili Amerika Serikat di panggung global ini, terutama di momen yang dapat menyatukan seluruh dunia,” kata James dalam sebuah pernyataan.


Upacara Pembukaan Olimpiade 2024 Spesial

“Bagi seorang anak dari Akron, tanggung jawab ini sangat berarti bukan hanya bagi saya sendiri, tapi juga bagi keluarga saya, semua anak di kampung halaman saya, rekan satu tim saya, sesama atlet Olimpiade, dan banyak orang di seluruh negeri yang mempunyai cita-cita besar. Olahraga memiliki kekuatan untuk menyatukan kita semua, dan saya bangga menjadi bagian dari momen penting ini.”

Upacara pembukaan Olimpiade 2024 akan spesial dan berbeda dari biasanya. Prosesi tidak dilakukan di stadion seperti biasanya melainkan di Sungai Raine pada 26 Juli 2024.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya