Kejutan, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo Tak Masuk Daftar Nominasi Ballon d'Or 2024

Lionel Messi memenangkan Copa America bersama Argentina tidak dinominasikan untuk menerima penghargaan Ballon d'Or 2024, begitu juga saingan beratnya Cristiano Ronaldo

oleh Achmad Yani Yustiawan diperbarui 05 Sep 2024, 08:00 WIB
Diterbitkan 05 Sep 2024, 08:00 WIB
Rival Lebih Dari Sedekade, Ini Momen Keakraban Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi
Keduanya selalu bersaing meraih gelar untuk tim maupun gelar individu. Keduanya sama-sama koleksi banyak gelar Ballon D'Or yang menjadi bukti Ronaldo dan Messi memang mumpuni. Sebagai rival lebih dari sedekade, Messi dan Ronaldo selalu dikait-kaitkan jadi pesepak bola terbaik di dunia. (AFP/Ben Stansall)

Liputan6.com, Jakarta Nama-nama pemain yang masuk nominasi Ballon d'Or 2024 telah resmi diumumkan. Kejutan muncul setelah beberapa pemain kelas dunia gagal masuk nominasi, termasuk Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Lionel Messi, tahun lalu memenangkan penghargaan France Football ini, untuk kedelapan kalinya. Messi dipilih setelah kepahlawanannya saat membawa Argentina meraih kemenangan Piala Dunia ketiga di Qatar.

Saat itu, untuk kedua kalinya dalam sejarah, penghargaan tersebut didasarkan pada musim antara Agustus dan Juli - bukan tahun kalender - yang memungkinkan Messi menang dengan 462 poin.

Namun, meski Messi memenangkan Copa America bersama Argentina di musim panas, bintang Inter Miami ini tidak dinominasikan untuk penghargaan 2024.

Saingan beratnya Cristiano Ronaldo juga tidak masuk nominasi, meskipun dia sudah mencetak 44 gol di semua kompetisi untuk Al Nassr musim lalu. Ini adalah pertama kalinya sejak 2003 bahwa baik Ronaldo maupun Messi tidak dinominasikan untuk penghargaan tersebut.

Pemain andalan Manchester City Kevin De Bruyne juga tidak masuk dalam daftar, setelah membantu tim Pep Guardiola memenangkan gelar Liga Inggris keempat berturut-turut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Duet Real Madrid Jadi Favorit Memenangkan Penghargaan

Foto: Selamat dari Malu di Santiago Bernabeu, Real Madrid Melaju ke Perempat Final Liga Champions dengan Skor Imbang 1-1
Pemain Real Madrid, Vinicius Jr (kanan) melakukan selebrasi bersama Jude Bellingham setelah mencetak gol ke gawang RB Leipzig pada laga leg kedua 16 besar Liga Champions 2023/2024 di Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, Kamis (07/03/2024) WIB. (AP Photo/Manu Fernandez)

Pemain lain yang tidak masuk dalam daftar termasuk Jamal Musiala dari Bayern Munchen dan duo Liverpool Mohamed Salah dan Virgil van Dijk.

Duet Real Madrid Vinicius Jr dan Jude Bellingham sama-sama masuk dalam daftar dan menjadi favorit untuk memenangkan penghargaan setelah memainkan peran penting dalam keberhasilan klub meraih gelar La Liga dan Liga Champions musim lalu.

Gelandang Manchester City dan Spanyol Rodri juga menjadi pesaing utama setelah tahun yang luar biasa di mana ia membantu klubnya memenangkan empat gelar Liga Primer berturut-turut. Bahkan, Rodri melanjutkannya dengan memimpin Spanyol meraih kemenangan Euro 2024 di Jerman.


Pemenang Diumumkan dalam Upacara Khusus di Paris

Foto: 5 Trofi Sepak Bola yang Bernilai Paling Mahal di Dunia Saat Ini, Piala Dunia Paling Fantastis
Ballon d'Or merupakan penghargaan untuk individu yang mampu tampil gemilang untuk klub maupun negaranya dalam satu musim. Trofi Ballon d'Or sendiri merupakan trofi individu termahal di dunia yaitu 600 ribu dolar AS atau setara Rp8,6 miliar. (Foto: AFP/Fabrice Coffrini)

Dalam penghargaan Ballon d'Or ini, seratus jurnalis dari seluruh dunia bertanggung jawab atas pemungutan suara pemenang. Mereka akan mempertimbangkan penilaiannya soal kinerja individu, ketegasan, dan kesan, kinerja kolektif dan rekam jejak, serta kelas dan permainan yang adil.

Pemenang akan diumumkan pada tanggal 28 Oktober dalam upacara khusus di Theatre du Chatelet di Paris.


Daftar Lengkap Nominasi Ballon d'Or 2024

Final Liga Champions 2023/2024
Momen Jude Bellingham angkat trofi juara Liga Champions 2023/2024. (Paul ELLIS / AFP)

Daftar nominasi peraih penghargaan Ballon d'Or Putra selengkapnya

Jude Bellingham (Inggris/Real Madrid)

Hakan Calhanoglu (Turki/Inter Milan)

Dani Carvajal (Spanyol/Real Madrid)

Ruben Dias (Portugal/Manchester City)

Artem Dovbyk (Ukraina/Girona)

Phil Foden (Inggris/Manchester City)

Alex Grimaldo (Spanyol/Bayer Leverkusen)

Erling Haaland (Norwegia/Manchester City)

Mats Hummels (Jerman/Borussia Dortmund)

Harry Kane (Inggris/Bayern Munchen)

Toni Kroos (Jerman/Real Madrid)

Ademola Lookman (Nigeria/Atalanta)

Emiliano Martinez (Argentina (Aston Villa)

Lautaro Martinez (Argentina/Inter Milan)

Kylian Mbappe (Prancis/Paris Saint-Germain)

Martin Odegaard (Norwegia/Arsenal)

Dani Olmo (Spanyol/RB Leipzig)

Cole Palmer (Inggris/Chelsea)

Declan Rice (Inggris/Arsenal)

Rodri (Spanyol/Manchester City)

Antonio Rudiger (Jerman/Real Madrid)

Bukayo Saka (Inggris/Arsenal)

William Saliba (Prancis/Arsenal)

Federico Valverde (Uruguay/Real Madrid)

Vinicius Junior (Brasil/Real Madrid)

Vitinha (Portugal/Paris Saint-Germain)

Nico Williams (Spanyol/Athletic Bilbao)

Florian Wirtz (Jerman/Bayer Leverkusen)

Granit Xhaka (Swiss/Bayer Leverkusen)

Lamine Yamal (Spanyol/Barcelona)

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya