Yos Paguno Batal Maju, Caketum Perbasi 2024-2028 Cuma Budisatrio

Praktis cuma Budisatrio Djiwandono yang mencalonkan diri jadi caketum Perbasi 2024-2028.

oleh Thomas diperbarui 24 Sep 2024, 12:00 WIB
Diterbitkan 24 Sep 2024, 12:00 WIB
Budi Djiwandono maju sebagai calon ketua umum Perbasi
Budi Djiwandono maju sebagai calon ketua umum Perbasi (Liputan6.com/Thomas)

Liputan6.com, Jakarta- Pengembalian formulir pendaftaran calon Ketum Perbasi periode 2024-2028 telah berakhir pada Senin 23 September 2024 pukul 17.00 WIB. Dari dua calon yang mengambil formulir, sampai akhir waktu penutupan ternyata hanya satu bakal calon yang mengembalikan.

Ponakan presiden terpilih Prabowo Subianto, Budisatrio Djiwandono, mengembalikan formulir pendaftaran Calon Ketum Perbasi pada Jumat (20/9/2024). Sedangkan satu kandidat lain yang sempat mengambil formulir yakni Yos Paguno ternyata tidak mengembalikan formulirnya hingga batas penutupan.

Pada saat pengembalian formulir, Budi ditemani 18 perwakilan Pengprov. Dalam dokumen yang diserahkan ke Tim Penjaringan Calon Ketum Perbasi, ada 28 surat dukungan dari Pengprov. Semuanya diserahkan bersamaan dengan formulir pendaftaran dalam satu map.

Pada saat penyerahan dokumen, Ketua Tim Penjaringan Calon Ketum Setia Dharma Madjid langsung menerima dokumen dari Budi yang merupakan Wakil Ketua Komisi IV DPR RI.

Dengan dukungan 28 pengprov untuk Budi, Yos Paguno memang sulit untuk mendaftar menjadi caketum. Pasalnya pengprov Perbasi yang aktif cuma 31. Syarat menjadi caketum Perbasi harus mendapat minimal 15 dukungan pengprov.

“Setelah pengembalian formulir ditutup pada 23 September 2024 pukul 17.00 WIB, dilanjutkan dengan verifikasi semua dokumen hingga 25 September 2024. Kita akan lihat keabsahan dari surat dukungan dan dokumen lainnya,” ungkap Dharma.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Situasi Kondusif

Ponakan Prabowo, Budi Djiwandono
Ponakan Prabowo, Budi Djiwandono ambil formulir caketum PP Perbasi 2024/2028 (Liputan6.com/Thomas)

Sekjen PP PERBASI Nirmala Dewi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang menjaga semua proses berjalan kondusif dan lancar dalam tahapan menuju Munas sejauh ini.

“Perbasi memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berkontribusi dan membantu kelancaran proses tahapan menuju Munas pada 28-30 Oktober 2024,” jelasnya.

“Kami berharap suasana kebersamaan dan berjalan bersama demi kebaikan dan prestasi bola basket Indonesia ke depan yang lebih baik,” lanjutnya.

“Kami juga berpesan kepada Tim Penjaringan untuk bekerja sesuai ketentuan yang ada. Sesuai aturan yang telah disepakati bersama terkait persyaratan maju dalam pencalonan Ketum Perbasi dalam tahapan verifikasi,” ungkap Nirmala.


Gantikan Danny Kosasih

Pemilihan ketua umum baru PP Perbasi periode 2024-2028 akan dilakukan pada 28-30 Oktober 2024 di Jakarta. Lokasi munas masih akan diumumkan lebih lanjut.

Ketua umum yang baru akan menggantikan Danny Kosasih yang meninggal dunia karena sakit jantung awal September kemarin. Masa jabatan Danny sebagai ketum Perbasi memang akan habis pada Oktober dan sudah tidak bisa mencalonkan diri karena telah menjabat dua periode.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya