Komite Wasit UEFA Akui Jerman Seharusnya Dapat Penalti saat Melawan Spanyol

Komite wasit UEFA baru saja mengeluarkan laporan mengenai jalannya turnamen Euro 2024. Salah satu temuan mengatakan bahwa timnas Jerman seharusnya mendapatkan penalti saat laga perempat final kontra timnas Spanyol.

oleh Michael Ludovico Palma De Manggut diperbarui 25 Sep 2024, 03:00 WIB
Diterbitkan 25 Sep 2024, 03:00 WIB
Timnas Jerman
Pelatih Timnas Jerman, Julian Nagelsmann, menghibur Joshua Kimmich setelah timnya takluk 1-2 dari Timnas Spanyol pada perempat final Euro 2024 di Stuttgart Arena, Stuttgart, Jumat (5/7/2024) malam WIB. (AP Photo/Matthias Schrader)

Liputan6.com, Jakarta - Komite wasit UEFA baru saja mengeluarkan laporan mengenai jalannya turnamen Euro 2024. Salah satu temuan mengatakan bahwa timnas Jerman seharusnya mendapatkan penalti saat laga perempat final kontra timnas Spanyol.

Sebagaimana dilansir dari ESPN, berdasarkan penilaian komite, lengan bek Spanyol Marc Cucurella yang terkena bola sepakan gelandang Jerman Jamal Musiala pada babak pertama harusnya diganjar hukuman tendangan 12 pas. 

“Kontak tangan dengan bola yang menghentikan tembakan ke gawang harus dihukum lebih berat dan dalam kebanyakan kasus tendangan penalti harus diberikan. Kecuali, lengan pemain bertahan sangat dekat dengan tubuh atau mengenai tubuh,” tulis pernyataan tersebut.

Akan tetapi, terdapat tambahan pernyataan pada laporan komite wasit UEFA. Pernyataan tersebut mengatakan bahwa Cucurella secara sengaja menggunakan tangannya untuk menghentikan tendangan Musiala.

“Dalam kasus ini, pemain bertahan menghentikan tembakan ke gawang dengan lengannya, yang tidak terlalu dekat dengan tubuh. Jadi tendangan penalti seharusnya diberikan,” lanjut pernyataan komite wasit UEFA.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Aturan Baru Mengenai Handball

Deretan Pencetak Gol Terbanyak di Euro 2024
Gelandang Jerman, Jamal Musiala memberi isyarat selama pertandingan perempat final Euro 2024 melawan Spanyol di Stuttgart Arena di Stuttgart pada 5 Juli 2024. Jamal Musiala berhasil mencatatkan namanya dalam deretan pencetak gol terbanyak di Euro 2024 dengan tiga gol. (Tobias SCHWARZ/AFP)

Sebelum Euro 2024 digelar, terdapat aturan baru mengenai pelanggaran handball. Kepala wasit UEFA, Roberto Rosetti, menyampaikan bahwa apabila ada bola yang mengenai tangan salah satu pemain dengan posisi yang masih dekat dengan tubuh, maka pelanggaran tidak dapat diberlakukan.

Aturan inilah yang menjadi dasar dari keputusan wasit Anthony Taylor untuk tidak memberikan penalti kepada timnas Jerman. Adanya pantauan dari VAR juga mendukung keputusan tersebut.

Berdasarkan tayangan ulang, bola yang ditendang oleh Musiala mengenai lengan Cucurella yang terlihat seperti "tidak dekat" dengan posisi tubuhnya. 

Tidak hanya itu, sebelum Musiala menendang bola ke gawang Unai Simon, striker Jerman, yaitu Niclas Fullkrug dinilai sudah berada di posisi offside terlebih dulu.

Oleh karena itu, penalti sama sekali tidak diberikan oleh wasit dan pertandingan berlanjut hingga babak pertama usai.


Jerman Takluk dari Spanyol

Permalukan Jerman, Spanyol Rebut Tiket Semifinal Euro 2024
Pada menit ke-119, gol Mikel Merino menggetarkan jala gawang Manuel Neuer. (Tobias SCHWARZ/AFP)

Keputusan itu memengaruhi hasil pertandingan. Jerman takluk 1-2 dari Spanyol sehingga gagal berpesta di kandang sendiri.

Gol pertama laga ini diciptakan oleh gelandang Spanyol, yakni Dani Olmo pada menit ke-51 berkat assist brilian dari Lamine Yamal. Setelah kebobolan, Der Panzer beberapa kali mencoba untuk menyarangkan bola ke gawang La Furia Roja.

Akan tetapi, usaha tersebut berulang kali gagal lantaran akurasi yang kurang mumpuni dan juga performa baik dari Unai Simon di bawah mistar. Hanya saja, saat memasuki menit-menit akhir pertandingan, timnas Jerman berhasil menyamakan kedudukan.

Bintang muda Jerman, Florian Wirtz, mampu memaksimalkan umpan dari Joshua Kimmich dan bola masuk ke gawang Spanyol. Skor 1-1 hingga peluit tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan.

Kedua tim bermain dengan sangat sengit sampai memasuki menit ke-120. Gelandang Spanyol, Mikel Merino menyundul bola ke dalam gawang Jerman yang tidak mampu ditepis oleh Manuel Neuer. Pertandingan berakhir dengan kemenangan La Furia Roja atas Der Panzer.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya