Sir Jim Ratcliffe Bakal Bangun Stadion Baru untuk Manchester United, Kapasitasnya Sampai 100 Ribu Kursi

Pemilik saham minoritas Manchester United Sir Jim Ratcliffe kabarnya tengah bersiap membangun stadion baru buat Setan Merah dengan kapasitas mencapai 100 ribu kursi.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 18 Okt 2024, 18:00 WIB
Diterbitkan 18 Okt 2024, 18:00 WIB
Sir Jim Ratcliffe
Pemilik saham minoritas Manchester United Sir Jim Ratcliffe berencana membangun stadion baru untuk Setan Merah, alih-alih hanya merenovasi Old Trafford. (AFP/Valery Hache)

Liputan6.com, Jakarta - Pemilik saham minoritas Manchester United Sir Jim Ratcliffe kabarnya tengah bersiap menyerahkan 'proposal' rencana pembangunan stadion baru bagi Setan Merah sebelum akhir tahun 2024.

Alih-alih hanya merenovasi Old Trafford, Ratcliffe dan walikota Manchester Andy Burnham dilaporkan mulai menjajaki skema membangun stadion baru dari awal di daerah terdekat.

Melansir laporan SportsMole, kondisi markas MU saat ini memang santer menuai kritikan dari berbagai pihak. Stadion berusia 114 tahun itu dicap sudah ketinggalan zaman dan tidak sesuai untuk klub sebesar Setan merah.

Belum lagi, masalah mulai bermunculan, termasuk problematika atap bocor yang sempat jadi sorotan dalam beberapa waktu terakhir.

Menurut cuitan akun United Update di X, pekerjaan pembangunan stadion baru Manchester United bakal dimulai pada musim panas 2025. Rencananya, rumah baru MU bakal memiliki kapasitas lebih besar, yakni mencapai 100.000 kursi.

Didukung Walikota Mancheser

Foto: Sir Jim Ratcliffe, Miliarder Inggris yang Dikabarkan Tertarik Beli Manchester United
Sir Jim Ratcliffe (tengah) sendiri merupakan miliarder Inggris yang lahir di Failsworth, Manchester. Ia mengungkapkan bahwa sejak kecil dirinya memang merupakan penggemear MU. (AFP/Valery Hache)

Walikota Manchester Andy Burnham sendiri diklaim mendukung rencana besar Sir Jim Ratcliffe dalam membangun stadion baru untuk The Red Devils.

Pasalnya, niatan tersebut cukup sesuai dengan keinginannya melakukan tranformasi pada kawasan barat Manchester, agar sesuai dengan wajah timur kota yang telah berevolusi dengan adanya Etihad Campus milik Manchester City.

Adapun pekerjaan besar ini diperkirakan bakal menelan biaya fantastis sekitar 2 miliar poundsterling. Skema pembangunan markas baru MU nantinya juga bakal mencakup pengadaan jaringan transportasi hingga area komersial di sekitarnya.

Didukung Legenda Manchester United

Manchester United - MU - Liga Inggris
Logo Manchester United atau MU di Stadion Old Trafford. (Oli SCARFF / AFP)

Tak hanya dari walikota setempat, rencana pembangunan stadion baru Manchester United juga mendapat dukungan dari legenda klub, Gary Neville.

Eks pemain berusia 49 tahun itu diketahui memang sangat vokal menyuarakan pandangan soal perlunya solusi terkait markas Setan Merah. Menurut pendapatnya, Old Trafford tak lagi memenuhi standar.

Kendati demikian, pihak klub masih harus 'merayu' sebagian fans mengingat tak semua basis penggemar MU setuju dengan prospek perpindahan stadion.

SportsMole mengungkap pihak klub diyakini sudah bertanya kepada sekitar 30.000 penggemar terkait apa yang harus dilakukan terhadap Old Trafford. Hasilnya menunjukkan ada persentase seimbang 50:50 antara fans yang memilih pindah dan bertahan.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya