5 Pecatur Bersaing Ketat di Hari Pertama Catur Kilat

Empat pecatur yang memiliki poin sama di hari pertama akan saling berhadapan di babak 6 yang digelar Minggu.

oleh Defri Saefullah diperbarui 21 Des 2013, 22:16 WIB
Diterbitkan 21 Des 2013, 22:16 WIB
catur-131221c.jpg
Lima pecatur bersaing ketat di hari pertama kejuaraan catur kilat bertajuk `So Nice Cristmas Cup V` yang berlangsung di Gedung Auditorium lantai 2 Kemendikbud Senayan, Sabtu (21/12/2013). Lima pecatur memiliki poin sama lima yaitu Johan Gunawan, Maksum Firdaus, Cerdas Barus, Tirta Chandra, Eko Supriyono.

Tapi, berdasarkan variabel poin Bucholz Tie Breaks (TB 3), Johan Gunawan menempati posisi pertama. Dia mendapatkan poin total 17,5 berdasarkan variabel tersebut. Disusul Maksum Firdaus (16) dan Cerdas Baru (15,5).

Poin tersebut merupakan poin yang ditorehkan sampai babak lima dari 11 babak yang direncanakan. Pada hari Minggu (22/12/2013) akan dipertandingkan 6 babak tersisa untuk menentukan siapa yang menjadi juara. Salah satu pecatur putri asal jakarta, Virda Rizka Aulia menyebut persaingan di kejuaraan catur kilat saat ini sangat ketat.

"Persaingan sangat ketat. Apalagi kejuaraannya bersifat terbuka sehingga saya harus juga bersaing dengan pecatur pria," ujar pecatur yang memiliki elo rating 2053 ini. "Yang jelas sulit untuk merebut kemenangan, tapi saya akan berusaha."

Pada hari kedua, duel ketat akan tersaji sejak babak 6. Pemimpin ranking sementara, Johan akan melawan Tirta Chandra. Sedangkan Cerdas Barus akan menghadapi Eko Supriyono. Pemenang sulit diprediksi karena masih ada lima kandidat bersaing ketat.

Sementara itu, Ketua Umum Percasi, Hasyim Djojohadikusumo memuji kerjasama yang intens dengan sponsor dari PT So Good Food, produsen So Nice. " "Lima tahun kerjasama itu luar biasa. Catur memang harus ulet mengejar sponsor karena memang membutuhkan itu. Olahraga ini harus terus dibina," katanya.

Sedangkan Vice President PT So Good Food, Deny Gumulya mengakui pihaknya memang bersabar dalam membantu untuk mengangkat prestasi catur. "Catur bisa sukses seperti sekarang di SEA Games butuh lima tahun. Semua olahraga butuh waktu untuk sukses," katanya. (Def)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya