Riezky Aprilia Siap Wujudkan Sekolah Bebas Pungli di Sumsel Bersama Eddy Santana

Calon Wakil Gubernur Sumatera Selatan Nomor Urut 2, Riezky Aprilia mengatakan bakal memberantas pungutan liar (pungli) dalam dunia pendidikan.

oleh Putu Merta Surya Putra diperbarui 08 Okt 2024, 01:36 WIB
Diterbitkan 08 Okt 2024, 01:31 WIB
Bakal Calon Wakil Gubernur Sumatera Selatan, Riezky Aprilia
Bakal Calon Wakil Gubernur Sumatera Selatan, Riezky Aprilia saat menemui warga dan kaum perempuan di Sumsel. Dia berharap bisa memberdayakan masyarakat dengan pertanian. (Foto: Istimewa).

Liputan6.com, Jakarta Calon Wakil Gubernur Sumatera Selatan Nomor Urut 2, Riezky Aprilia mengatakan bakal memberantas pungutan liar (pungli) dalam dunia pendidikan.

Hal ini sudah menjadi komitmen dirinya bersama Eddy Santana jika terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan periode 2025-2030.

Komitmen tersebut disampaikan langsung oleh Riezky saat bersilaturahmi ke warga Desa Sukadamai, Kecamatan Tanjung Lago, Kabupaten Banyuasin.

"Pak Eddy sudah menjanjikan, untuk (pendidikan) anak-anak tidak ada lagi pungli ke depannya. Pungli dalam bentuk apapun tidak boleh," kata dia dalam keterangannya, Senin (7/10/2024).

Pemberantasan pungli di sekolah memang menjadi salah satu program yang dicanangkan Eddy dan Riezky. Keduanya juga bakal mengevaluasi zonasi sekolah sebagai bentuk pencegahan pungli di dunia pendidikan.

Pasangan Eddy dan Riezky memilih pendidikan sebagai salah satu program unggulannya. Karena menurut keduanya, salah satu upaya menyejahterakan masyarakat harus dilakukan lewat pendidikan.

Karena itu, kualitas pendidikan mulai dari fasilitas, guru, kurikulum, dan sistem belajar lainnya harus terbangun dan dipastikan berjalan dengan baik.

Selain itu, Riezky juga bakal memastikan anak-anak petani sawit rakyat bisa bersekolah. Caranya dengan membantu pengurusan beasiswa yang memang ditujukan untuk anak-anak petani kelapa sawit rakyat yang jarang diketahui.

"Saya urusi. Saya ndak bohong pak. Sudah berapa banyak anak petani sawit yang saya kuliahi (lewat beasiswa anak petani kelapa sawit rakyat). Betul, itu karena banyak yang nggak tau (soal beasiswa)," kata Riezky.

Untuk mewujudkan hal itu, dia meminta doa dan dukungan masyarakat Sumsel. Karena Riezky mengaku dirinya sudah siap dan ikhlas untuk mengurusi masyarakat biar Sumsel lebih maju lagi.

"Insyaallah kita sama-sama berjuang. Saya memperjuangkan amanah bapak-ibu, tapi sebelumnya bapak-ibu memperjuangkan saya,” pungkas Riezky.


Ingin Memperdayakan Kaum Perempuan Lewat Pertanian

Bakal Calon Wakil Gubernur Sumatera Selatan, Riezky Aprilia ingin memajukan Sumsel lewat pemberdayaan perempuan.

Adapun, wanita yang berpasangan dengan Eddy Santana di Pilkada Sumsel 2024 ini, ingin memanfaatkan sektor pertanian untuk pemberdayaan kaum perempuan di sana.

Menurut Riezky, ingin perempuan di Sumsel juga bisa bergerak dan mandiri, sehingga nantinya bisa membantu perekonomian keluarga. Hal ini disampaikannya saat menemui warga Muratara.

"Kalau aku Insyaallah terpilih, dilantik, kita hidupkan lagi, kita bantu lagi (perempuan bertani). Seluruh wanita di Sumatera Selatan harus mampu menopang suaminya (keluarga) dari sektor pertanian di halaman rumahnya," kata dia dalam keterangannya, Kamis (19/8/2024).


Kerap Diskusi

Melalui program tersebut, Politikus PDIP ini kerap diskusi dan menyerap aspirasi langsung dari kelompok perempuan tani.

Pendampingan secara langsung juga Riezky lakukan agar para perempuan memahami dengan betul bagaimana caranya bertani.

Cucu dari mantan Ketua DPRD Sumsel Zamzami Ahmad ini juga sering mengenalkan program-program pertanian perkotaan untuk ibu-ibu. Di antaranya adalah program Perkarangan Pangan Lestari (P2L).

P2L ini menjadi salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan sayur-mayur untuk ibu-ibu. Sebab, ibu-ibu di perkotaan diajarkan Kiky untuk memanfaatkan lahan pekarangana untuk tempat menanam sayur-mayur.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya