Informasi Kesehatan Terbaru, Hoaks atau Fakta?

Berikut hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com terkait informasi terbaru seputar kesehatan

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 03 Sep 2020, 19:12 WIB
Diterbitkan 03 Sep 2020, 19:00 WIB
Ilustrasi hoax
Ilustrasi hoax (iStockPhoto)

Liputan6.com, Jakarta- Informasi seputar kesehatan kerap beredar di media sosial, hal menjadi bermanfaat jika benar. Namun, jika salah bisa berisiko fatal, sebab bukannya menyembuhkan malah akan menimbulkan penyakit baru.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri informasi terbaru seputar kesehatan yang beredar di media sosial.

Berikut hasil penelusuan informasi terbaru seputar kesehatan Cek Fakta Liputan6.com:

1. Ivermectin Bisa Sembuhkan Pasien Covid-19

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim yang menyebut Ivermectin merupakan obat covid-19 adalah tidak benar. Faktanya sampai sekarang obat untuk covid-19 belum ditemukan.

2.  Daun Kemangi Bisa Mengobati Gatal Kulit

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim tentang daun kemangi bisa mengobati gatal kulit ternyata belum terbukti. Dokter kulit Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk, Jakarta, dr Melyawati Hermawan, Sp. KK menyebut belum ada riset yang membuktikan daun kemangi dapat mengobati gatal pada kulit.

3. Terapi Pijat Telinga Bisa Mengatasi Keterlambatan Bicara pada Anak 

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim tentang terapi pijat telinga dapat mengatasi keterlambatan bicara pada anak ternyata tidak benar. Tidak ada penelitian mengenai terapi pijat telinga dapat mengatasi keterlambatan bicara pada anak.

4. Kanker Getah Bening Bisa Sembuh dengan Minum Air Rebusan Pepaya Muda

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim tentang meminum air rebusan buah pepaya muda dapat menyembuhkan penyakit kanker getah bening ternyata tidak benar. Dokter spesialis hematologi dan onkologi dr Ronald Alexander Hukom, Sp.PD-KHOM menyebut kelenjar getah bening jika sudah menjadi kanker tidak bisa disembuhkan hanya dengan meminum air rebusan buah pepaya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya