Cek Fakta: Hoaks Gelang Warna-Warni Ini Bisa Menangkal Virus Corona Covid-19

Pada 20 Januari 2021, pengguna Twitter atas nama @Ammarah_07 menggunggah sebuah klaim yang menebut gelang warna-warni bisa menangkal virus corona covid-19

oleh Cakrayuri Nuralam diperbarui 22 Jan 2021, 12:00 WIB
Diterbitkan 22 Jan 2021, 12:00 WIB
Klaim gelang penangkal covid-19
Klaim gelang penangkal covid-19. (Twitter)

Liputan6.com, Jakarta - Pada 20 Januari 2021, pengguna Twitter atas nama @Ammarah_07 menggunggah sebuah klaim yang menebut gelang warna-warni bisa menangkal virus corona covid-19 yang setahun ini menghantui dunia.

Klaim gelang warna-warni bisa menangkal covid-19 menjadi perbincangan netizen. Hingga saat itu, klaim itu sudah mendapat 102 like.

Begini narasi yang dibuat oleh @Ammarah_07:

"Only these bands will save us from Corona Virus".

Bila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi:

"Hanya gelang ini yang bisa menyembuhkan kita dari Virus Corona".

Lalu, benarkah klaim kalung warna-warni itu bisa menangkal covid-19 yang sudah menghantui penduduk dunia selama setahun lebih?

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:


Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Untuk membuktikan klaim tersebut, Cek Fakta Liputan6.com menghubungi Juru Bicara Vaksin Covid-19 dari Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi. Dia memastikan klaim ini menyesatkan.

"Hoaks ya ini. Sepertinya belum ada uji klinisnya ya," kata dr Siti Nadia Tarmizi membalas WhatsApp Cek Fakta Liputan6.com pada Jumat (22/1/2021).

Kemudian, untuk mengetahui gelang warna-warni itu, Cek Fakta Liputan6.com menelusuri menggunakan pencarian gambar terbalik, Google Image. Dari sini diketahui kalau gelang tersebut adalah Power Balance.

 

Hasil penelusuran
Hasil penelusuran Google Images

Mengutip dari situs BBC dalam artikel berjudul: "What are Power Balance bands?", gelang ini dibuat dengan gagasan mengoptimalkan aliran energi alami tubuh, mirip seperti konsep filisofi Timur. Hologram yang ada dalam Power Balance dirancang untuk beresonansi dan merespons medan energi dalam tubuh.

Selain itu, Cek Fakta Liputan6.com mengutip pernyataan Kepala penelitian dari Universitas Wisconsin-Lacrosse, John Porcari. Dia adalah professor bidang ilmu keolahragaan yang telah berpengalaman meneliti alat-alat olahraga.

"Tidak ada sesuatu apapun di dalamnya. Semua itu ada di dalam pikiran pemakainya. Bila dia merasa performanya meningkat dengan menggunakan Power Balance, maka hal itu terjadi. Benda ini mempengaruhi pola pikir saja," katanya.

 

 


Kesimpulan

banner Hoax
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Klaim yang menyebut gelang warna-warni Power Balance bisa menangkan covid-19 adalah hoaks. Faktanya, persepsi ini mempengaruhi pola pikir yang menggunakannya.

 


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya