CEO Apple Umbar Perusahaan Teknologi Pemasok Hoaks, Sindir Facebook?

Cook mengeluarkan pernyataan itu selang sehari setelah pendiri Facebook, Mark Zuckerberg mengkritiknya.

oleh Adyaksa Vidi diperbarui 29 Jan 2021, 17:00 WIB
Diterbitkan 29 Jan 2021, 17:00 WIB
FOTO: Apple Luncurkan iPhone 12 Berteknologi 5G
CEO Apple Tim Cook menyindir Facebook. (Brooks KRAFT/Apple Inc./AFP)

Liputan6.com, Jakarta - CEO Apple Tim Cook secara tidak langsung menyindir Facebook sebagai pemasok hoaks dan penjual murahan yang ingin meraih untung secara instan.

Cook mengeluarkan pernyataan itu selang sehari setelah pendiri Facebook, Mark Zuckerberg mengkritiknya. Zuckerberg menyebut Apple mengganggu cara kerja aplikasi Facebook dan juga aplikasi lainnya dengan menerapkan fitur privasi terbaru.

Meski Cook tak secara langsung menyebut Facebook, namun dalam penjelasannya selama tiga menit di Youtube, sudah cukup jelas bahwa platform media sosial itu menjadi sasarannya.

"Jika ada bisnis yang dibangun di atas pengguna yang menyesatkan, pada eksploitasi data dan pengguna tidak bisa memilih, maka itu tak bisa diberikan pujian. Kita tidak bisa lagi berpaling bawah sudah terlalu banyak hoaks dan konspirasi teori yang muncul karena algoritma. Kita juga tidak berpaling bahwa ada teori teknologi yang mengumpulkan data dan hanya mementingkan engagement," ujar Cook seperti dilansir Pocketlint.

"Pertanyaan tentang konsekuensi dari teori konspirasi, kekerasan, kehilangan kepercayaan sudah usang. Faktanya adalah ada ekosistem sebuah perusahaan yang saling terhubung dengan hoaks, pialang data, hingga pelacak yang hanya ingin menghasilkan uang lebih cepat dari yang pernah ada sebelumnya."

"Sudah cukup menghargai konten yang merusak kepercayaan publik pada vaksinasi yang menyelamatkan banyak jiwa. Kami di sini untuk melawan dan ini cukup bijaksana."

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan berikut ini:


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya