Beragam Hoaks Seputar Ida Dayak Terbaru, Simak Faktanya

Beragam hoaks terkait Ida Dayak beredar di masyarakat belakangan ini. Hoaks ini beredar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

oleh Adyaksa Vidi diperbarui 17 Apr 2023, 12:45 WIB
Diterbitkan 14 Apr 2023, 19:00 WIB
ilustrasi Hoax
Hoaks seputar Ida Dayak. (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta - Beragam hoaks terkait Ida Dayak beredar di masyarakat belakangan ini. Hoaks ini beredar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks seputar Ida Dayak terbaru? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Hoaks Pesan Berantai Ida Dayak Bakal Buka Pengobatan di Surabaya 1-4 Mei 2023

Beredar melalui media sosial dan aplikasi percakapan pesan berantai berisi poster yang mengklaim Ida Dayak akan membuka pengobatan di Surabaya pada 1-4 Mei 2023. Pesan berantai itu tersebar sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 14 April 2023.

Dalam postingannya terdapat foto Ida Dayak dengan narasi sebagai berikut:

"Ndang SAT SET Di Sebarno BERITA Iki.

Seng Keluarga ne Tangane Bengkong Sekele Bengkong dan Strook ambek Bisu jangan Lupa Keluarga ne Gowo en Ng Bu Idak Dayak.

ATAS IZIN TUHAN INSYAH ALLAH Sembuh.

Tanggal 1-4 MEI 2023JAM= 09:00 - 17:00

LOKASI = #LAPANGAN_KODAM_BRAWIJAYA_SURABAYA."

Lalu benarkah pesan berantai berisi poster yang mengklaim Ida Dayak akan membuka pengobatan di Surabaya pada 1-4 Mei 2023? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Hoaks Video Ida Dayak Menangis Usai Sembuhkan Pangeran Al-Waleed dari Arab Saudi

Beredar di media sosial postingan video yang mengklaim Ida Dayak menangis setelah menyembuhkan Pangeran Al-Waleed dari Arab Saudi. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 8 April 2023.

Dalam unggahannya terdapat video berjudul "Vidio Ini Viral Di Tiktok - Ibu Ida Dayak Meneteskan Air Mata Saat Al-Waleed Sembuh Dari Penyakitnya"

Video itu mengklaim Pangeran Al-Waleed akhirnya sembuh dan sadar setelah diberikan terapi oleh Ida Dayak. Video itu juga mengklaim kedatangan Ida Dayak karena permintaan Raja Salman kepada Presiden Jokowi.

Video itu juga mengklaim tangis haru mewarnai proses terapi yang akhirnya berhasil.

Lalu benarkah postingan video yang mengklaim Ida Dayak menangis setelah menyembuhkan Pangeran Al-Waleed dari Arab Saudi? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Tidak Benar Dalam Cuplikan Video Ini Ida Dayak Sembuhkan Imam Besar Arab Saudi

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim cuplikan video Ida Dayak sembuhkan Imam Besar Arab Saudi, kabar tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 10 April 2023.

Klaim cuplikan video Ida Dayak sembuhkan Imam Besar Arab Saudi, berupa video yang menampilkan sejumlah orang menggunakan pakaian khas timur tengah berupa jubah putih dan penutup kepala berupa kain bermotif kota merah putih.

Dalam video tersebut muncul cuplikan Ida Dayak sedang berada di antara orang tersebut dan salah satunya berbaring di tempat tidur.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"SEMUA PANGERAN TERKEJUT!!! Inilah Detik-detik Ida Dayak Sembuhkan Imam Besar Di Arab Saudi"

Video tersebut berdurasi 5 menit 34 detik, berisi narasi suara yang menceritakan seorang Ida Dayak berhasil menyembukan penyakit pangeran Arab Saudi dan memperoleh hadiah.

Berikut transkrip narasinya.

"Imam besar Masjidil Haram Syeh Abdurahman Bin Abdul Aziz memberikan doa khusus untuk Ibu Ida Dayak usai sembuhkan pangeran Alwalid dari komanya selama 17 tahun. Selainitu Imam Abdurahman juga mengucapkan selamat pada Ida Dayak karena bisa menyembuhkan pangeran Al Walid Bin Khalid Bin Talaq.

Dalam silaturahmi Ibu Ida Dayak dengan Syeh Abdurahman di Majidil Haram Ibu Ida Dayak dapat hadiah khusus berupa Mushaf Al-quran yang diberikan langsung oleh doktor Abdurahman.

Ibu Ida Dayak mengaku diundang secara khusus untuk bersilatruahmi denga Imam Besar Masjidil Haram dan pimpinan pengurus dua masjid suci ini.

Saat ini Ibu Ida Dayak didampaingi raja Salman untuk ibadah umrah di tanah suci, sebelumnya ibu Ida Dayak bertemu dengan imam masjid Nabawai dan muazin nabawi saat menjalankan ibadah di Madinah."

Benarkah cuplikan video Ida Dayak sembuhkan Imam Besar Arab Saudi? Simak dalam artikel berikut ini...

4. Cek Fakta: Hoaks Ida Dayak Jadi Trending di TV Arab Saudi usai Sembuhkan Pangeran Arab Saudi

Beredar di media sosial postingan video yang mengklaim Ida Dayak menjadi topik pembicaraan di televisi Arab Saudi setelah menyembuhkan pangeran Arab Saudi. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 10 April 2023.

Dalam postingannya terdapat video berjudul "Viral! Ibu Ida Dayak Trending No.1 di TV Arab Saudi setelah berhasil menyembuhkan pangeran Arab".

Narasi dalam video menyebutkan Pangeran Arab Al-Waleed bin Khaled bin Talal mengalami kemajuan penyembuhan yang sangat pesat setelah diobati Ida Dayak.

Video itu juga mengklaim masyarakat Arab Saudi berbondong-bondong memberikan apresiasi pada Ida Dayak. Selain itu terdapat juga klaim bahwa Ida Dayak menjadi topik pembicaraan di televisi Arab Saudi.

Lalu benarkah postingan video yang mengklaim Ida Dayak menjadi topik pembicaraan di televisi Arab Saudi setelah menyembuhkan pangeran Arab Saudi? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya