Cek Fakta: Tidak Benar Video Orang Pingsan Usai Terima Telepon Sambil Minum Air

Beredar di media sosial postingan video yang mengklaim seseorang pingsan setelah menerima telepon sambil meminum air.

oleh Adyaksa Vidi diperbarui 06 Jul 2023, 10:31 WIB
Diterbitkan 05 Jun 2023, 17:00 WIB
Cek Fakta minum air bikin orang pingsan
Cek Fakta minum air sambil telepon bikin orang pingsan.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan video yang mengklaim seseorang pingsan setelah menerima telepon sambil meminum air. Postingan tersebut beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 7 April 2022.

Dalam postingannya terdapat video yang menggambarkan seseorang tak sadarkan diri setelah menerima telepon sambil minum air. Video tersebut disertai narasi:

"Jika Anda berbicara di telepon saat telepon sedang diisi, ingatlah untuk tidak minum air, itu akan mengalirkan listrik ke dalam hati Anda, Ingat ingat."

Akun itu menambahkan narasi "Jangan lakukan seperti ini ya.Terima panggilan telpon, Sambil cas hp.. ga sadar minum air kesetrum."

Belakangan ini video tersebut juga kembali viral dibagikan di aplikasi percakapan dengan narasi "Jangan minum air sambil telpon di Hp.

Berbicara di Hp sambil minum air berarti mengisi daya listrik, dan menghantarkan listrik ke Jantung. Bisa langsung mati mendadak ditempat itu juga."

Lalu benarkah postingan video yang mengklaim seseorang pingsan setelah menerima telepon sambil meminum air?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan artikel dari salah satu lembaga pemeriksa fakta India, Newschecker.in berjudul "Viral Video Of Man Getting Electrocuted While Talking On Phone Plugged To The Charger Is Scripted" yang tayang pada 27 Desember 2021.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa video itu pernah diunggah oleh atlet bulutangkis India, Jwala Gutta. Dalam unggahannya Gutta memberikan narasi:

"Hati-hati, terima kasih sudah menonton namun video ini hanya drama dan parodi. Video pendek ini hanya untuk hiburan dan edukasi saja."

Newschecker menambahkan video serupa juga diunggah di akun Youtube, Music Life Creation yang juga kerap mengunggah video parodi serupa.

Selain itu juga terdapat artikel dari pemeriksa fakta India yang lain, Boom berjudul "Video Of Man Being Electrocuted While Using His Phone Is Scripted" yang diunggah pada 26 Desember 2021.

Boom menjelaskan video dengan latar lokasi dan musik beberapa kali ditemukan dan merupakan video terskenario. Video itu dibuat hanya untuk mendapatkan penonton.

Sumber:

https://newschecker.in/fact-check/viral-video-of-man-getting- electrocuted-while-talking-on-phone-plugged-to-the-charger-is-scripted

https://www.boomlive.in/fact-check/video-of-man-being- electrocuted-while-using-his-phone-is-scripted-fake-news-cctv- footage-16155


Kesimpulan

banner Hoax
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Postingan video yang mengklaim seseorang pingsan setelah menerima telepon sambil meminum air adalah tidak benar. Faktanya video tersebut merupakan video parodi dan terskenario.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya