Foto Hoaks Terkini, Simak Deretannya Biar Tak Terpengaruh

Agar tidak terjebak oleh foto hoaks kita perlu mengenalinya

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 15 Feb 2024, 17:00 WIB
Diterbitkan 15 Feb 2024, 17:00 WIB
Beredar foto yang diklaim Menkeu, Sri Mulyani mencoblos Pemilu 2024 di Amerika Serikat. (sumber: Facebook)
Beredar foto yang diklaim Menkeu, Sri Mulyani mencoblos Pemilu 2024 di Amerika Serikat. (sumber: Facebook)

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks dalam bentuk foto beredar di media sosial dikaitkan dengan beragam isu, keberadaan informasi palsu ini tentu bisa menimbulkan keresahan.

Cek Fakta Liputan6.com telah mengungkap sejumlah foto hoaks yang beredar di tengah masyarakat lewat media sosial, setelah ditelusuri foto tersebut hasil editan atau dibagikan dengan keterangan yang tidak sesuai fakta.

Agar tidak terjebak oleh foto hoaks kita perlu mengenalinya, dengan menyimak kumpulan foto hoaks terkini dalam daftar berikut.

Foto Sri Mulyani Mencoblos Pemilu 2024 di Amerika Serikat

Sebuah foto yang diklaim Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani mencoblos di Amerika Serikat beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan oleh salah satu akun Facebook pada 14 Februari 2024.

Dalam foto tersebut terlihat Sri Mulyani tampak mengacungkan jari telunjuk di depan kamera. Ia terlihat mengenakan kemeja warna putih sambil tersenyum. Pada jari telunjuknya terdapat tinta Pemilu.

Foto tersebut kemudian dikaitkan dengan kabar bahwa Sri Mulyani sudah mencoblos di Amerika Serikat.

"Akhirnya Sri Mulyani sudah mencoblos di USA salam satu jari Kode Alam semesta 01," demikian narasi dalam foto tersebut.

"Sri Mulyani Mentri Keuangan RI mencoblos di USA.…" tulis salah satu akun Facebook.

Benarkah dalam foto tersebut Menkeu Sri Mulyani mencoblos Pemilu 2024 di Amerika Serikat? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini......

 


Foto Serah Terima Jabatan Presiden Jokowi ke Anies Baswedan

Cek Fakta serah terima jabatan Presiden Jokowi dengan Anies Baswedan
Cek Fakta serah terima jabatan Presiden Jokowi dengan Anies Baswedan.

Beredar di media sosial postingan foto yang diklaim serah terima jabatan dari Presiden Jokowi ke Anies Baswedan. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 13 Februari 2024.

Dalam postingannya terdapat foto Presiden Jokowi sedang bersalaman dengan Anies Baswedan. Foto itu disertai narasi:

"Serah terima jabatan"

Lalu benarkah postingan foto yang diklaim serah terima jabatan dari Presiden Jokowi ke Anies Baswedan? Simak hasil penelusurannya di sini.....


Foto RSJ Khusus Pendukung Prabowo

 

Penelusuran klaim foto RSJ khusus pendukung Prabowo

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto RSJ khusus pendukung Prabowo, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 14 Februari 2024.

Unggahan klaim foto RSJ khusus pendukung Prabowo menampilkan sebuah bangunan bertuliskan

"Instalasi Gawat Darurat

RSJ KHUSUS PENDUKUNG PRABOWO"

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Buat Pendukung 02Gagal Satu Putaran 😁"

Benarkah klaim foto RSJ khusus pendukung Prabowo? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya