Cek Fakta: Tidak Benar KM Lestari Maju Tenggelam di Selayar 3 Juli 2024

Beredar di media sosial postingan yang menyebut KM Lestari Maju tenggelam di Selayar pada 3 Juli 2024. Postingan itu beredar sejak tengah pekan ini.

oleh Adyaksa Vidi diperbarui 05 Jul 2024, 14:32 WIB
Diterbitkan 05 Jul 2024, 14:32 WIB
Cek Fakta KMP Lestari Maju tenggelam
Cek Fakta KMP Lestari Maju tenggelam.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan yang menyebut KM Lestari Maju tenggelam di Selayar pada 3 Juli 2024. Postingan itu beredar sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 3 Juli 2024.

Dalam postingannya terdapat foto kapal tenggelam disertai narasi:

"Kuasa Allah Innalillahi wa Innailaihi Roji'uun KMP.Lestari Maju Teggelam di Selat Pulau Selayar..semoga selamat semua..Amiiin...Muatan trdiri dari.+-130 orang, Mobil pribadi 14.,mobil Truk 6,Mobil 12 Roda : 8., Motor 8, uang BPD Sbayak 30 Miliyard sudah ada korban Jiwa sebnyak 6 Termasuk Anak-anak untuk sementara..laporan...........Bismillahi Mujereha wamursahaa...."

Lalu benarkah postingan yang menyebut KMP Lestari Maju tenggelam di Selayar pada 3 Juli 2024?

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan bahwa memang benar ada peristiwa tenggelamnya KM Lestari Maju di Selayar. Namun peristiwa tersebut terjadi pada 3 Juli 2018 atau enam tahun lalu.

Liputan6.com sendiri menulisnya dalam artikel berjudul "KM Lestari Maju Tenggelam di Perairan Bira" yang tayang pada 3 Juli 2018 pukul 14:39 WIB.

Berikut isi artikelnya:

"Liputan6.com, Makassar - Kapal Motor (KM) Lestari Maju yang ditaksir mengangkut ratusan penumpang dikabarkan tenggelam di Perairan Bira, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa (3/7/2018), sekitar pukul 14.00 Wita.

KM Lestari Maju yang kesehariannya dimanfaatkan warga untuk menyeberang dari Kepulauan Bira, Kabupaten Bulukumba, menuju ke Pulau Pammatata, Kabupaten Kepulauan Selayar itu tiba-tiba mengalami kebocoran di tengah perjalanan, tak jauh dari Kepulauan Bira, Kabupaten Bulukumba.

"Kapal Motor yang dikabarkan tenggelam tersebut merupakan kapal penumpang bernama KM Lestari Maju," kata Kapolres Kepulauan Selayar, AKBP Syamsu Ridwan via pesan singkat.

Data sementara yang ia ketahui, KM Lestari Maju tersebut tak hanya mengangkut ratusan penumpang, tetapi juga sejumlah kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat.

"Tim gabungan berupa Basarnas, Polres Bulukumba dan Selayar sementara perjalanan menuju lokasi kejadian untuk mengevakuasi," ucap Ridwan.

Berdasarkan dokumentasi yang tersebar, para penumpang terlihat mengapung di lautan dengan menggunakan jaket pelampung. Sementara, sejumlah kendaraan terjun ke laut sesaat kapal karam."

Artikel terkait tenggelamnya KM Lestari Maju bisa dilihat di link berikut ini....

Sumber:

https://www.liputan6.com/tag/km-lestari-maju

https://www.liputan6.com/regional/read/3577341/km-lestari-maju-tenggelam-di-perairan-bira


Kesimpulan

Altered dan Missing Context
Altered dan Missing Context (Liputan6.com/Abdillah)

Postingan yang menyebut KM Lestari Maju tenggelam di Selayar pada 3 Juli 2024 adalah tidak benar.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya