Ragam Hoaks Foto Terbaru, Simak Daftarnya

Hoaks yang memanipulasi konten foto banyak beredar di masyarakat. Hoaks ini muncul dalam beragam tema dan tersebar di media sosial.

oleh Adyaksa Vidi diperbarui 05 Jul 2024, 18:30 WIB
Diterbitkan 05 Jul 2024, 18:30 WIB
ilustrasi Hoax{Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi hoaks dalam bentuk foto (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks yang memanipulasi konten foto banyak beredar di masyarakat. Hoaks ini muncul dalam beragam tema dan tersebar di media sosial.

Lalu apa saja hoaks foto terbaru? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Hoaks Foto Kota di Balik Tembok Es Antartika

Sebuah foto yang diklaim terdapat kota di balik tembok es Antartika beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 9 April 2024.

Dalam foto terlihat beberapa bangunan berbentuk bulat berdiri di sebelah jajaran tembok es. Selain bangunan, terdapat juga kawasan hutan dan danau. Foto itu kemudian dikaitkan dengan adanya sebuah kota di balik tembok es Antartika.

"I managed to get my hands on this leaked photo showing a city on the other side of the ice at Antarctica. This and many other lands exist and they keep all info about these places from us. Why?" tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 24 kali respons dan mendapat 26 komentar dari warganet.

Benarkah dalam foto tersebut merupakan kota di balik tembok es Antartika? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Hoaks Foto Vladimir Putin dan Kim Jong-un Angkat Gelas Bir di Klub Malam

Sebuah foto yang diklaim Presiden Rusia Vladimir Putin dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un sedang mengangkat gelas berisi bir di klub malam beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 28 Juni 2024.

Dalam foto tersebut, Putin dan Kim Jong-un tampak berpose mengangkat gelas berisi bir di sebuah klub malam. Sejumlah wanita dan pria terlihat berfoto bersama Putin dan Kim Jong Un.

"New BFF’s❤️," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 149 kali dibagikan dan mendapat 119 komentar dari warganet.

Benarkah dalam foto tersebut Presiden Rusia Vladimir Putin dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un sedang mengangkat gelas berisi bir di klub malam? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Hoaks Foto Anies Baswedan Memegang Buku "Rumus Agar Awet Bodoh"

Beredar di media sosial postingan foto Anies Baswedan sedang memegang buku "Rumus Agar Awet Tolol". Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 25 Juni 2024.

Dalam postingannya terdapat foto Anies Baswedan di depan rak dengan memegang buku berjudul "Rumus Agar Awet Tolol".

Akun itu menambahkan narasi "Hhhhahaaaa"

Lalu benarkah postingan foto Anies Baswedan sedang memegang buku "Rumus Agar Awet Tolol"? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya