Kumpulan Kabar Viral Penampakan Putri Duyung dari Berbagai Wilayah, Simak Faktanya

Cek Fakta Liputan6.com telah mengungkap beragam hoaks seputar penampakan putri duyung di bergai wilayah, mau tau faktanya? Simak artikel berikut ini.

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 29 Agu 2024, 09:00 WIB
Diterbitkan 29 Agu 2024, 09:00 WIB
Gambar tangkapan layar video yang diklaim sebagai penemuan putri duyung di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. (sumber: Facebook)
Gambar tangkapan layar video yang diklaim sebagai penemuan putri duyung di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. (sumber: Facebook)

Liputan6.com, Jakarta- Putri duyung menjadi sosok yang diyakini sebagian masyarakat, kabar tentang penampakannya pun kerap dijumpai di media sosial. Namun sebelum kita yakini informasi tersebut sebaiknya dipastikan dulu kebenarannya.

Cek Fakta Liputan6.com telah mengungkap beragam hoaks seputar penampakan putri duyung di bergai wilayah, keberadaan kabar bohong ini tentu dapat mempengaruhi persepsi kita jika dipercaya.

Agar tidak menjadi korban hoaks, simak kumpulan hoaks penampakan putri duyung.

Penemuan Putri Duyung di Selayar Sulawesi Selatan

Sebuah video yang diklaim sebagai penemuan putri duyung di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 23 Agustus 2024.

Video berdurasi 27 detik itu memperlihatkan seorang anak kecil tengah terbaring di pantai. Namun, penampakan anak kecil dalam video tersebut terlihat aneh, bagian pinggang hingga kakinya mirip tubuh ikan.

Sejumlah orang terlihat mengamati dan memegang bagian tubuh yang mirip ikan tersebut. Video itu kemudian dikaitkan dengan penemuan putri duyung di Selayar, Sulawesi Selatan.

"Penemuan putri duyung d Selayar," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 16 ribu kali direspons dan mendapat 1.200 komentar dari warganet.

Benarkah dalam video tersebut merupakan penemuan putri duyung di Selayar, Sulawesi Selatan? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini....

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Video Penampakan Anak Putri Duyung

Sebuah video yang diklaim penampakan anak putri duyung beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 4 Agustus 2022.

Video berdurasi 15 detik itu memperlihatkan dua bayi yang sedang tertidur. Namun, bagian bawah tubuh bayi memiliki sirip mirip ikan.

Video itu kemudian dikaitkan dengan penampakan ikan berbadan manusia atau anak dari putri duyung.

"Kaget!! Melihat Dua Ikan Berbadan seperti Anak Manusia. Apakah Seperti ini Anak Putri Duyung?" demikian narasi dalam video tersebut.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 22 kali ditonton dan mendapat 484 komentar dari warganet.

Benarkah dalam video tersebut merupakan penampakan anak putri duyung? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini.....

 

 

 


Video Putri Duyung Terdampar di Afrika

Sebuah video yang diklaim putri duyung terdampar di sebuah pantai di Afrika beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 13 April 2022.

Dalam video berdurasi 2 menit 36 detik itu, tampak seorang bocah tergeletak di sebuah pantai. Namun, bagian kakinya menyerupai tubuh ikan. Sejumlah orang juga terlihat berkerumun di dekat mahluk tersebut.

Video itu kemudian dikaitkan dengan penemuan putri duyung yang terdampar di sebuah pantai di Afrika.

"Mermaids are real Found in Africa," demikian narasi dalam video tersebut.

"Is this true??? Weeee…," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 9.400 kali ditonton dan mendapat 23 komentar warganet.

Benarkah video putri duyung terdampar di Afrika? Simak penelusurannya dalam halaman berikut ini.....

 

 


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya