Sade, Kampung Tenun Ikat yang Eksotis di Lombok

Lombok identik dengan tenun dan Sade adalah salah satu kampung esksotik yang mayoritas warganya menjadi penenun.

oleh Karmin Winarta diperbarui 12 Jan 2015, 10:32 WIB
Diterbitkan 12 Jan 2015, 10:32 WIB
Sade, Kampung Tenun Ikat yang Eksotis di Lombok
Lombok identik dengan tenun dan Sade adalah salah satu kampung esksotik yang mayoritas warganya menjadi penenun.

Citizen6, Jakarta Baru beberapa menit saya memarkir motor, ada satu orang desa yang mulai menghampiri saya. Dengan kikuk dan setengah lugu, seorang pria mengenakan kemeja putih tulang bercorak garis serta bersarung hijau itu menyapa. “Selamat datang di Sade, mari masuk”, dia berkata dengan logat orang Lombok. Tak lama, dia lalu menggiring kami menuju gerbang masuk desa adat suku Sasak Sade. Pria parobaya itu mengenalkan diri sebagai Mesah.

Kala itu, sedang hujan gerimis di Sade. Sebelum masuk lebih dalam, Saya melewati gadis-gadis cilik Sade yang sedang tertawa riang sewaktu bermain dengan sebayanya. Deretan bale tani, rumah tinggal bagi penduduk Sade berjejer di kiri kanan saya. Desa Sade terletak di Rembitan, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Orang-orang Sade merupakan orang asli Lombok. Mereka dipercaya sebagai keturunan asli ras Austronesia yang dulu pada 5000 SM melakukan migrasi ke pelosok tanah air hingga sampai Pulau Lombok. Pada akhirnya, nenek moyang mereka membuat pemukiman di Sade. Hingga kini geliat hidup dan budaya suku Sasak masih kental di sana.

Selengkapnya

Pengirim:

Nur Khusnin / lintang_kemukuz9@ymail.com

Twitter: @fokuz9

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya