Ini Bahasa-Bahasa Paling Populer di Dunia

Terdapat setidaknya 7,102 jenis bahasa di dunia. Bahasa apa saja yang paling banyak pengguna dalam peta infografis?

oleh Dini Nurilah diperbarui 11 Agu 2015, 06:00 WIB
Diterbitkan 11 Agu 2015, 06:00 WIB
infografis bahasa dunia
23 bahasa 'ibu' di dunia

Liputan6.com, Jakarta Seorang seniman infografis bernama Alberto Lucas Lopez membuat sebuah infografis yang sangat rinci mengenai tingkat penggunaan bahasa di dunia. Sebagaimana dilaporkan dari laman themindunleashed.org, setidaknya terdapat 7,102 jenis bahasa di dunia. Dari jumlah besar ini hanya terdapat 23 bahasa yang paling populer yang digunakan orang-orang di seluruh dunia.

Ke-23 bahasa ini dianggap sebagai 'the mother tongue' dari 50 juta lebih manusia di dunia, juga sebagai 'native tongue' dari 4,1 miliar juta lebih manusia. Dari total sekitar 7,2 miliar penduduk bumi, infografis ini mengambil sampel 4,1 miliar penduduk yang menggunakan salah satu bahasa dari 23 'bahasa ibu' ini.

Lopez membuat infografis detail ini untuk South China Morning Post. Lopez memetakan ke 23 bahasa utama tersebut dengan diagram yang berbeda, sesuai jumlah pengguna dan penyebarannya di berbagai negara. (Gambar dengan resolusi penuh dapat dilihat di sini)

Lalu, bahasa apa sajakah yang termasuk 23 bahasa ibu tersebut?

Selain Bahasa China, Inggris, Spayol, Hindi, Bengali, Rusia, dan Jepang. Bahasa Melayu dan Jawa pun termasuk ke dalam daftar 23 bahasa ini, yang mana bahasa melayu dipakai oleh 3 negara besar yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand dan Singapura. Sedangkan bahasa Jawa dipakai hampir 100% oleh orang Indonesia, lainnya Republik Suriname dapat dimasukan dalam list negara pengguna bahasa Jawa di dunia selain Indonesia.

Bagaimana dengan bahasa dengan tingkat pengguna paling banyak?

Terlihat jelas dari infografis tersebut bahwa China menjadi bahasa dengan penggunaan tertinggi. Hal ini didasari karena china adalah bahasa yang besar, terdapat beragam dialek berbeda di dalamnya, seperti Gan, Min Dong, Cantonese, Hakka, Jinyu, Min Bei, dan lainnya.

Namun, berbeda dengan Bahasa China. Bahasa Inggris, Spanyol, Perancis, dan Arab menjadi 4 besar bahasa yang paling menyebar di berbagai negara. Mengapa? Hal ini berkaitan dengan usaha imperialisasi negara-negara ini pada masa lalu yang menyebabkan bahasa dari negara-negara ini tersebar ke seluruh penjuru dunia.

Bahasa sebagai salah satu jembatan utama kita berkomunikasi memiliki kisah dan sejarahnya tersendiri. Bagaimana terjadinya perbedaan bahasa dari setiap daerah, hingga penyebarannya, banyak hal yang dapat kita gali.

Pilihan sederhana dan paling dasar mungkin ini, mengenal pemetaan bahasa-bahasa di dunia. Semoga bermanfaat!

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk Anda melalui Citizen6? Caranya dapat dibaca di sini

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya