Simak Tips Menu Takjil Buka Puasa dari Chef Vindex Tengker

Beragam menu takjil menjadi pilihan saat buka puasa, berikut tips menyusun menu takjil buka puasa dari Chef Vindex Tengker.

oleh Mulyono Sri Hutomo diperbarui 10 Jun 2016, 13:00 WIB
Diterbitkan 10 Jun 2016, 13:00 WIB
Beragam menu takjil menjadi pilihan saat buka puasa, berikut tips menyusun menu takjil buka puasa dari Chef Vindex Tengker.
Beragam menu takjil menjadi pilihan saat buka puasa, berikut tips menyusun menu takjil buka puasa dari Chef Vindex Tengker.

Liputan6.com, Jakarta Menu takjil saat buka puasa jadi satu yang diburu kala Ramadan tiba. Pasalnya beberapa kudapan hanya muncul saat Ramadan dan menjadi menu takjil buka puasa yang spesial. Setelah seharian berpuasa, waktu buka puasa memang kerap ditunggu dan menjadi tradisi ngabuburit. Umumnya, menu takjil buka puasa terdiri dari makanan kecil berupa kue manis atau kurma.

Namun, menu takjil buka puasa tak hanya berupa kue manis atau kurma. Sederet kuliner mulai dari beberapa jenis es dengan bahan baku berbeda, hingga makanan kecil layak dicoba sebagai menu takjil buka puasa. Saat dihubungi Liputan6.com, Chef Vindex Valentino Tengker memberikan beberapa tips untuk menu takjil buka puasa.

" Makanan dan minuman yang cocok saat berbuka sebaiknya dimulai dari yang ringan, mulai dari minuman yg manis seperti teh manis dan makanan kurma, kolak dan buah segar. Semua makanan itu mengandung gula tinggi sehingga mudah dicerna menjadi energi," ujarnya.

Vindex Tengker, demikian dia disapa, adalah adalah Advisor dari Assosiasi Culinary Profesional Indonesia. Saat ini, ia menjabat sebagai VP Inflight Service Garuda Indonesia. Telah menjalani profesi bidang kuliner selama lebih dari 21 tahun, dengan pengalaman bekerja di Spanyol dan Amerika Serikat. Namanya terkenal sebagai Celebrity Chef Indonesia, yang memandu sejumlah acara kontes memasak.

"Gorengan sebaiknya dihindari atau dikurangi karena kadar kolesterol yg tinggi dapat mengganggu keseimbangan gizi dan tubuh," jawabnya menanggapi kebiasaan mengkonsumsi aneka kudapan gorengan saat berbuka puasa.

Ia menambahkan, sebaiknya menghindari makanan yg mengandung asam tinggi atau cuka karena akan berbahaya bagi lambung yg kosong.

"Berikan waktu untuk tubuh beristirahat sejenak sebelum mengkonsumsi nasi setelah makan yang manis, agar kadar gula dalam darah menjadi normal dulu," imbuhnya.

Sebagai ahli kuliner, ia mengingatkan agar makan secara terkontrol dalam porsi atau jumlah maupun jenis nya. Hindari atau kurangi makanan yg banyak mengandung lemak agar tubuh tidak terlalu bekerja keras.

Agar tubuh bugar, sebaiknya berikan asupan makanan yang banyak mengandung vitamin dan kaya energi seperti kacang-kacangan an dan sayur.

Sebagai tips, ia memberikan daftar menu takjil buka puasa yang jamak disajikan di hotel. " Kurma, macam-macam kolak seperti kolak pisang, labu parang, kolak campur. Bubur campur seperti ketan hitam, kacang hijau, candil, sumsum bisa disajikan sebagai menu takjil di hotel," pungkas nya.

Artikel Rekomendasi

Riuh, Laporan Warga Jakarta Melalui Aplikasi Qlue 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya