Lakukan Ini Usai Kalah di Piala Dunia 2018, Timnas Jepang Bikin Publik Kagum

Meski kalah, Jepang berhasil buat negara-negara bangga kepadanya. Alasannya?

oleh Liputan6.com diperbarui 04 Jul 2018, 15:30 WIB
Diterbitkan 04 Jul 2018, 15:30 WIB
Tim Jepang © AFP PHOTO/ATTA KANARE
Tim Jepang © AFP PHOTO/ATTA KANARE

Liputan6.com, Jakarta - Langkah Jepang di Piala Dunia 2018 harus terhenti usai kalah dari Belgia. Padahal Jepang adalah satu-satunya negara harapan Asia yang masih bertahan di babak 16 besar. Meski kalah, Jepang masih membuat banyak orang kagum.

Jepang bukan cuma mendapat pujian soal semangat mereka di atas lapangan hijau, Keisuke Honda dkk juga layak dicontoh lewat aksinya di luar pertandingan. Aktor top Indonesia yang juga mantan atlet, Joe Taslim, pun membagikan apa yang dilakukan oleh tim Jepang yang membuat banyak orang berdecak kagum.

Joe mengunggah sebuah foto yang ternyata adalah ruang ganti tim Jepang saat melangsungkan pertandingan. Foto itu diambil Joe dari akun Twitter @priscillaboca yang sepertinya bertugas sebagai salah satu staf Piala Dunia yang mendampingi Jepang selama Piala Dunia.

"Ini adalah ruang ganti Jepang setelah kalah dari Belgia selama 94 menit. Mereka berterima kasih pada pendukung di stadion, membersihkan segalanya (bangku dan ruang ganti) dan bicara pada media. Bahkan meninggalkan catatan bertuliskan 'terima kasih' dalam bahasa Rusia. Contoh yang bagus untuk semua tim. Keuntungan bekerjasama dengan mereka," kata Priscilla, yang merupakan pengatur venue.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Berharap Indonesia Lakukan Hal Serupa

Begini rapinya ruang ganti pemain Jepang © twitter.com/priscillaboca
Begini rapinya ruang ganti pemain Jepang © twitter.com/priscillaboca

Apa yang dilakukan tim Jepang ini juga benar-benar menyentuh hati Joe Taslim. Bintang film SURAT KECIL UNTUK TUHAN ini pun teringat pada event Asian Games yang sebentar lagi akan berlangsung di Indonesia. Joe berharap apa yang dilakukan Jepang ini bakal terjadi lagi di Asian Games mendatang.

"Sesuatu yang baik untuk kita semua jadikan inspirasi. Dalam olahraga kalah menang itu biasa, tapi di saat kita sudah memberikan yang terbaik untuk negara, itulah kehormatan tertinggi lebih dari medali dan berdiri di podium. Itulah esensi utama dari sportivitas olahraga dan nasionalisme olahraga, tidak membuat malu citra bangsa, image bangsa dan itulah mental juara sejati. Asian Games sudah dekat, mari kita resapi semangat positif ini untuk semua tim Indonesia yang berlaga di Asian Games nanti, memberikan performance hanya yang terbaik, tapi juga dengan nilai nilai baik, jujur, semangat, sportif, semangat tempur sampai titik darah penghabisan, tapi tetap kehormatan bangsa di atas segala-galanya," tulis Joe.

Benar-benar patut dicontoh ya, apa yang telah dilakukan Jepang ini. Meski kalah, tapi tetap sportif dan membuat negara-negara lain turut bangga kepadanya.

Reporter:

Rahmi Safitri

Sumber: Kapanlagi.com 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya