Jajan PSK hingga Meludah, 5 Hal yang Sebabkan Atlet Dipulangkan Saat Kejuaraan

Ada saja yang tersandung kasus sampai harus dipulangkan dari kejuaraan tersebut.

oleh Sulung Lahitani diperbarui 25 Agu 2018, 13:00 WIB
Diterbitkan 25 Agu 2018, 13:00 WIB
Sambut Asian Games 2018, Karakter Cabang Olahraga Hiasi Jakarta
Pekerja menyelesaikan pemasangan logo Asian Games 2018 di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Rabu (16/8). Jelang peluncuran hitung mundur Asian Games 2018 pemasangan karakter cabang olahraga dipercepat. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta Mengikuti kejuaran olahraga berarti atlet harus tunduk dengan aturan yang menjunjung sportifitas. Meski demikian, tidak semua atlet melakukannya. Ada saja yang tersandung kasus sampai harus dipulangkan dari kejuaraan tersebut.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut contohnya.

1. Menyewa PSK - 4 atlet basket dari Jepang

Insiden ini terjadi pada Asian Games 2018. Keempat pemain basket tersebut diduga terlibat skandal priostitusi di 'red district' populer di Jakarta setelah makan malam dan meninggalkan Kampung Atlet. Komite Dewan Olimpiade Jepang (JOC) pun memutuskan untuk memulangkan mereka.

2. Rasisme - bek Timnas Swiss

Michael Morganella, bek Timnas Swiss dipulangkan oleh tim Olimpiade Swiss karena menulis status berbau rasisme di akun Twitternya. Ia dinilai menghina timnas dan rakyat Korea Selatan dengan menyebut 'gerombolan Mongoloid.'

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Mabuk - atlet sepeda Belgia

Balap Sepeda Asian Games 2018
Sejumlah atlet balap sepeda saat menggelar latihan di Jakarta Internasional Velodrome, Jakarta, Selasa (31/7/2018). Menpora berharap para atlet dapat berprestasi di Asian Games 2018. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Foto-foto Gijs van Hoecke, atlet sepeda Belgia yang mabuk terpampang setelah mengunjungi sebuah klub malam di London usai berlaga di Velodrom. Tak butuh waktu lama, Komite Olimpiade Belgia langsung 'mengusirnya' dari perlombaan.

4. Menolak menjabat tangan lawan - judoka Mesir

El Shehaby, judoka asal Mesir menolak menjabat tangan lawannya dari Israel, Or Sasson selepas berlaga. Hal tersebut membuatnya ditegur dan dipulangkan kontingen Mesir.

Shehaby tak mau berjabat tangan dengan dalih tak ada aturan seperti itu dalam pertandingan judo. Tapi Komite Olimpiade Internasional (IOC) menegaskan perilakunya itu bertentangan dengan aturan dan semangat Olimpiade.

 


5. Meludahi lawan - pemain Timnas Malaysia

Timnas Malaysia U-19
Timnas Malaysia U-19 melangkah ke final Piala AFF U-19 2018 setelah mengalahkan Indonesia 4-3 (1-1), Kamis (12/7/2018). (Bola.com/Zaidan Nazarul)

Pemain tengah timnas Malaysia, Nazmi Faiz Mansor dipulangkan saat gelaran Sea Games 2015 lalu. Aksinya meludah ke arah lawan saat bertanding melawan Timor Leste dinilai tak pantas.

Reporter: Aliftya Amarilisya

Sumber: Brilio.net

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya