Tak Ingin Pohon Natal Dirusak Kucing Kesayangan, Coba Cara Ini

Tips cara untuk menjauhkan kucing Anda dari area pohon natal.

oleh Ignatia Ivani diperbarui 20 Des 2021, 12:03 WIB
Diterbitkan 20 Des 2021, 12:03 WIB
Ini Cara Kocak Jauhkan Kucing Dari Pohon Natal
Kucing dan pohon natal. Source: Cole & Marmalade

Liputan6.com, Jakarta - Sebentar lagi Hari Natal akan tiba. Waktunya umat Kristiani menyiapkan segala perintilan dekorasi Natal, yang paling utama dan tak pernah terlewatkan yakni keberadaan pohon Natal di dalam rumah.

Dibutuhkan kreatifitas dalam menghiasnya agar tampak indah dan estetik. Memiliki jiwa seni tidak cukup, butuh tenaga ekstra bagi mereka yang mempunyai hewan peliharaan di rumah.

Alasannya, ketika mereka melihat hal baru di sekitarnya, seekor kucing akan antusias dan mendekati area dekorasi. Dan kerap kali kerusuhan pun terjadi. 

Entah mereka tak sengaja menggigit dan menginjak pernak pernik itu. Saat itu terjadi kebanyakan orang akan bertindak dan menakut-nakuti mereka dengan menghadapkan ujung pohon ke tubuhnya. Bahkan mengejar 

Dan cara ini bukanlah perilaku yang tepat mala sebaliknya memicu bumerang yang lebih buruk. Lalu, bagaimana cara mengatasi agar kucing tak merusak pohon natal? Ini dia tips-tips yang dihimpun dari New York Post.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Keingintahuan seekor kucing

Tips cara untuk menjauhkan kucing Anda dari area pohon natal.
Tips cara untuk menjauhkan kucing Anda dari area pohon natal (Karolina grabowska/pexels.com).

Secara lahiriah, kucing memiliki keingintahuan untuk mengeksplorasi hal-hal baru. Perilaku ini diungkapkan oleh seorang dokter Hewan Emi Eaton. Sikapnya seperti itu menjadi hal wajar. 

Menakuti-nakuti kucing, menurutnya hanya akan memperkeruh hubungan kamu dengannya di kemudian hari. Yang ada membuat relasimu kian hancur. Lantaran orang yang dia percaya membuat luka traumatik padanya. 

"Kucing Anda hanya akan mengasosiasikan perilaku menakutkan dengan Anda, pemilik tepercaya mereka, bukan pohon yang tidak berbahaya," jelas Freden-Tarant irektur penyelamat kucing di American Pets Alive.

 


Membuat kucing cemas

Tips cara untuk menjauhkan kucing Anda dari area pohon natal.
Tips cara untuk menjauhkan kucing Anda dari area pohon natal (Jessica Lynn Lewis/pexels.com).

Selain merusak hubungan kamu, kucing yang merasa takut juga akan merasa cemas yang nantinya timbul efek kesehatan. 

Kecemasan berakibat pada masalah perilaku atau medis, seperti diare stres, sistitis stres (peradangan pada dinding kandung kemih yang dapat memicu rasa nyeri atau buang air kecil berdarah), dan buang air kecil atau besar di mana saja di rumah di kotak pasir,” pungkas akun Labu Pet Insurance Sarah Wooten kepada Fox News.

 

 


Cara menghindari dari jangkauan kucing

Ilustrasi pohon natal
Ilustrasi pohon natal.l (dok. Pixabay.com/Adhita Diansyavira)

Jika pemilik kucing merasa bahwa pohon Natal mereka membutuhkan perlindungan, kamu bisa menempatkan kertas timah di sekitar pangkal pohon. Freden-Tarant mengatakan langkah efektif.

Kalau-kalau mereka masih mendekati, kamu bisa dekatkan area permainan kucing seperti tiang garukan di dekat pohon natal. Jadi rasa keingintahuan mereka teralihkan, lalu beralih ke area permainan mereka. 

Dan bila mereka tetap nakal, Anda bisa memberikan ruang tersendiri untuknya bermain leluasa tanpa rasa ingin tahu. Pilihan terakhir, kamu juga bisa batasi aksesnya dengan memagari pohon natal. 

 

 

 


Barang-barang yang dihindari

Pohon Natal Setinggi 18 Meter Hiasi Mal Senayan City
Ornamen Natal terlihat di Senayan City, Jakarta, Selasa (14/12/2021). Senayan City menghadirkan Giant Golden Christmas Tree instalasi yang berdiri megah sebagai ikonik momen Natal dengan tinggi mencapai 18 meter dan dikelilingi oleh Golden Christmas Balls. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Bagi kamu yang memiliki hewan peliharaan, ada baiknya menghindari untuk membeli dekorasi natal yang berbahaya.

Di antaranya termasuk lilin asli, kait ornamen logam, ornamen kaca, dan kabel listrik yang terbuka. Tak ketinggalan, stand pohon Natal juga harus diamankan.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya