8 Cara Alami Mencegah dan Mengatasi Stretch Mark Saat Hamil

Ada beberapa cara untuk menyamarkan dan mencegah stretch mark kehamilan secara alami.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 22 Agu 2022, 14:03 WIB
Diterbitkan 22 Agu 2022, 14:03 WIB
Sebelum Terlambat, Ketahui Waktu Terbaik Menggunakan Krim Stretch Mark saat Hamil
Ketahui waktu yang tepat menggunakan krim stretch mark saat hamil menurut dokter kulit. (pexels/pavel danilyuk).

Liputan6.com, Jakarta - Stretch mark mempengaruhi sebagian besar wanita setelah melahirkan. Tapi kondisi ini juga bisa ditemukan pada pria dan wanita yang tidak hamil.

Stretch mark disebabkan oleh kenaikan atau penurunan berat badan secara tiba-tiba, dan bisa menyerang siapa saja, baik remaha maupun dewasa.

Sementara itu, stretch mark kehamilan biasanya muncul sebagai pita paralel pada kulitmu. Garis-garis ini bisa bewarna apa saja, mulai dari ungu hingga merah jambu.

Dalam kehamilan, garis-garis ini berkembang ketika lapisan dermal kulit secara tak terduga meregang. Karena serat yang tebal dan terkait di dermis, kulit Anda akan meregang saat tubuh Anda mengembang.

Untuk menghilangkan stretch mark, individu sering beralih ke berbagai prosedur kosmetik. Namun, hanya sedikit individu yang menyadari bahwa perawatan kosmetik berbahan kimia bisa memiliki serangkaian efek samping yang unik.

Garis-garis di kulit ini bisa dikurangi, diringankan, atau bahkan dihilangkan dengan bantuan beberapa produk alami. Namun, itu membutuhkan rutinitas perawatan kulit yang konsisten dan kontrol diri yang ketat.

Ada beberapa cara untuk menyamarkan dan mencegah stretch mark saat hamil secara alami, seperti melansir dari Pinkvilla, Senin (22/8/2022).

1. Perasan lemon

Perasan lemon secara efisien mengurangi visibilitas karena memiliki karakteristik pemutihan alami. Untuk melihat hasilnya, oleskan irisan lemon pada bekas lukamu atau gunakan perasan lemon segar setiap hari.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


2. Putih telur

Ilustrasi Telur
Ilustrasi telur dadar (dok. Pixabay.com/Pexels)

Putih telur merupakan makanan super untuk kulit karena mengandung protein dan asam amino. Putih telur akan membantu meringankan stretch mark sekaligus mengencangkan kulit saat dioleskan ke stretch mark.

3. Jus kentang

Karena kentang mengandung pati dan enzim pencerah kulit lainnya, kentang sering digunakan untuk menghilangkan noda, bintik-bintik dan ketidaksempurnaan lainnya dari kulit.

Ketika sering digunakan, itu bisa memutihkan kulit dan secara efektif mengurangi tampilan stretch mark.

4. Minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki kualitas pelembab yang sangat baik dan dikemas dengan mineral dan antioksidan yang sangat efektif untuk memperbaiki kerusakan kulit.

Stretch mark bisa diobati dengan minyak zaitun dingin untuk membantu menghilangkan seiring waktu.


5. Gula

Mengurangi Porsi Gula Pasir
Ilustrasi Gula Credit: pexels.com/Mali

Untuk membuat scrub, campurkan gula, minyak zaitun dan jus lemon. Lalu gosokkan selama 10 menit setelah mengoleskannya ke stretch mark. Gunakan air hangat untuk membilasnya.

6. Gel lidah buaya

Lapisan luar daun lidah buaya harus dikupas, memperlihatkan gel lengket di dalamnya. Oleskan gel lidah buaya ini pada stretch mark, lalu bilas dengan air dua hingga tiga jam kemudian.


7. Mentimun dan lemon

Lemon
Ilustrasi Buah Lemon Credit: pexels.com/eggbank

Keasaman alami lemon membantu penyembuhan luka dan pengurangan bekas luka, dan efek pendinginan mentimun membuat kulitmu terasa segar.

Campur perasan jeruk nipis dan jus mentimun dengan takaran yang sama, lalu oleskan campuran tersebut ke daerah yang bermasalah sampai kulit menyerapnya.

Setelah membiarkannya menempel di kulitmu selama kurang dari 10 menit, bilas dengan air hangat.

8. Minyak almond dan kelapa

Untuk mengurangi stretch mark, gunakan minyak almond dan minyak kelapa dengan perbandingan yang sama.

Pijat kulit secara teratur dengan menggunakan campuran tersebut. Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

 

Infografis Ibu Hamil Sudah Bisa Dapatkan Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Infografis Ibu Hamil Sudah Bisa Dapatkan Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya