Kala Bang Chan Ingatkan STAY Tetap Dukung Stray Kids Tanpa Jatuhkan Idol KPop Lain

Leader boy group Stray Kids, Bang Chan meminta para penggemarnya untuk senantiasa menjaga sikap.

oleh Afifah Nur Andini diperbarui 26 Okt 2022, 19:30 WIB
Diterbitkan 26 Okt 2022, 19:30 WIB
Bang Chan Stray Kids 'Time Out' Behind
Bang Chan Stray Kids 'Time Out' Behind (Twitter: @Stray_Kids)

Liputan6.com, Jakarta - Kompetisi di dunia Korea Pop atau KPop seringkali mengundang perselisihan di antara fandom grup. Fandom sendiri berasal dari bahasa Inggris yang dapat diartikan sebagai kepenggemaran. Makna fandom itu berarti adalah sekelompok penggemar seseorang atau sesuatu, terutama yang sangat antusias.

Kompetisi dalam dunia KPop bisa menyebabkan terjadinya perang fandom karena mereka berusaha membela grup yang didukung dan membuktikan grup kesukaan mereka lebih baik dibandingkan yang lainnya.

Tidak hanya ketika grup-grup yang mereka dukung berada dalam satu nominasi yang sama, perselisihan juga dapat muncul ketika kedua grup melakukan comeback pada saat yang bersamaan.

Perselisihan seperti ini menjadi sesuatu yang umum terjadi di antara komunitas fandom. Kejadian ini lantas selalu mengungkap sisi buruk dari kedua fandom yang saling melontarkan komentar negatif ke grup lainnya.

Sebagian grup KPop yang mengetahui tentang perselisihan yang melibatkan penggemarnya, tidak jarang memberi teguran kepada para penggemarnya untuk senantiasa menjaga sikap.

Isu ini sempat ditanggapi oleh leader boy group Stray Kids, Bang Chan. Belum lama ini, idol KPop kelahiran 1997 ini sempat melakukan live streaming TikTok untuk mengobrol bersama para penggemarnya.

Bang Chan memang dikenal sering meluangkan waktu untuk berbincang-bincang dengan komunitas penggemarnya, STAY, melalui platform siaran langsung seperti V Live dan TikTok.

Pada siaran langsung ini, ia menyampaikan kabar tentang program broadcast mingguannya, Chan's Room akan berpindah platform dari V Live ke YouTube.

Banyak fans juga antusias menonton siaran langsung yang dilakukannya, karena caranya berkomunikasi dengan bahasa Korea dan bahasa Inggris, agar penggemar global dapat memahami ucapannya.


Pesan kepada Seluruh Penggemar KPop

Bang Chan Stray Kids gunakan sweatshirt favorit
(Vlive.tv)

Melansir Koreaboo, Rabu (26/10/2022), selama melakukan live, Bang Chan membaca beberapa komentar yang ditinggalkan oleh STAY, komunitas penggemar Stray Kids. Namun, terdapat satu komentar yang menarik perhatiannya.

Komentar bertuliskan "We must protect Stray Kids" yang berarti "Kita harus melindungi Stray Kids", dan ia baca dengan cukup keras. Chan yang memahami apa yang dimaksud penggemarnya tersebut pun membuka suara.

Bang Chan menyampaikan, dirinya merasa senang terhadap dukungan yang selalu diberikan oleh STAY.

Ia mengamati bagaimana para penggemarnya melakukan berbagai hal untuk menunjukkan antusias mereka dan juga melindungi kedelapan member Stray Kids. Bang Chan mengingatkan bahwa penggemarnya hanya perlu memberi dukungan tanpa merendahkan grup lain.

"Melindungi kami seharusnya menjadi satu-satunya hal yang kalian lakukan, tetapi merendahkan orang lain adalah sesuatu yang tidak boleh kalian lakukan," Bang Chan menegaskan.


Hindari untuk Membalas

Bang Chan Live on TikTok
Bang Chan Live on TikTok (koreaboo.com)

Banyak penggemar KPop digolongkan sebagai penggemar yang bersemangat, ketika melihat idol yang mereka dukung muncul membawakan penampilannya.

Mereka pun merasa sangat dekat dengan para idol, sejak disediakannya layanan seperti aplikasi Bubble dan Weverse untuk berinteraksi dengan idol secara lebih dalam.

Hal ini membuat para penggemar merasa kesal saat idol yang disukainya mendapatkan komentar buruk dari penggemar grup lain. Kekesalan ini muncul ketika mereka sudah lama mengikuti idol tersebut dan mengetahui kesulitan-kesulitan yang sering dihadapi artisnya.

Jadi, ketika mereka menerima komentar negatif, muncul dorongan untuk melindungi nama baik idol tersebut. Oleh karena perasaan protektif inilah, para penggemar ditemukan saling membalas komentar negatif dengan komentar yang lebih buruk lagi.

Kejadian inilah yang dimaksud oleh Bang Chan melalui siaran langsungnya. Dirinya menyadari bahwa berbalas komentar negatif adalah insting utama yang akan dilakukan oleh penggemarnya. Dari sini, ia berusaha untuk memberikan nasihat kepada penggemar yang sedang menonton.

Dirinya menambahkan bahwa apa yang penggemarnya lakukan tidak hanya dapat memengaruhi image penggemarnya, tetapi juga berpengaruh terhadap image grupnya.

"Mari jaga citra Stray Kids dan STAY sebaik mungkin. Jadi, melindungi kami adalah hal yang baik, tetapi merendahkan orang lain itu tidak baik. Karena itu tidak akan memperbaiki apa pun, itu tidak akan menghasilkan sesuatu yang baik," tutur Bang Chan.


Tak Ulangi Kesalahan

Stray Kids on 'Give Me Your TMI' MV
Stray Kids on 'Give Me Your TMI' MV (Screenshot: Stray Kids YouTube Channel)

Bang Chan mengaitkan komentar-komentar tersebut dengan perasaan yang dirasakan orang saat mereka sedang membentuk kata-kata negatif.

Ia tahu bahwa ungkapan tersebut akan menyulut emosi penggemarnya, yang turut mulai menyusun kata-kata untuk membalas ungkapan. Dirinya pun menyarankan penggemarnya untuk tidak melakukan hal tersebut.

"Aku tahu itu menjengkelkan, aku tahu itu sangat mengganggu, tetapi, untuk jangka panjang, jika Anda memulai sesuatu, jika Anda melawan, Anda akan menjadi orang yang sama. Itu tidak akan membuat Anda berbeda," tambahnya kemudian.

Chan turut mengungkapkan nasihat yang pernah diberikan oleh sang ayah kepadanya. Ia berkata, "Ayahku mengajarkanku, 'terkadang ada baiknya kalah untuk menang'. Terkadang ada baiknya mengabaikan segala sesuatu dan tidak peduli terhadap apa pun."

Tanggapan Bang Chan ini pun membuat para penggemarnya merasa bangga dengan kesadarannya tentang apa yang sedang atau sering terjadi di kalangan para penggemar.

Dirinya juga tidak segan mengungkapkan masalah tersebut sehingga penggemarnya tidak mengulangi kesalahan.

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya