6 Penyebab Punggung Terasa Nyeri Setelah Bangun Tidur

Kenali beberapa penyebab punggungmu sering sakit ketika bangun tidur di pagi hari. Simak penjelasannya!

oleh Sefan Angeline Reba diperbarui 16 Nov 2022, 06:31 WIB
Diterbitkan 16 Nov 2022, 06:31 WIB
Ilustrasi Sakit Punggung (sumber: unsplash)
Ilustrasi Sakit Punggung (sumber: unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Pada umumnya, kita menghabiskan kira-kira sepertiga dari setiap hari untuk tidur, karena itu adalah bagian penting dari kehidupan.

Jika kita akan menghabiskan sepertiga hari untuk tidur, itu harus menjadi waktu untuk bersantai tanpa rasa sakit dan bersiap memulai hari yang baru.

Sayangnya, tidur bisa menjadi situasi yang tidak nyaman bagi sebagian orang, dan bisa menjadi penyebab sakit punggung, terlebih lagi ketika bangun di pagi hari.

Dikutip dari Sleep Foundation, nyeri punggung adalah jenis gangguan muskuloskeletal paling umum yang dialami oleh orang dewasa, dengan 84 persen orang mengalaminya setidaknya pada suatu saat dalam hidup mereka, dan 23 persen mengalaminya secara kronis.

Beberapa sakit punggung ringan di pagi hari bukanlah hal yang aneh. Namun, jika kalian masih merasakan sakit setelah bangun dari tempat tidur dan mulai bergerak, mungkin ada sesuatu yang spesifik yang menyebabkan nyeri punggung.

Bisa jadi karena kondisi medis yang mendasarinya, kasur yang tidak memadai, atau bahkan posisi tidur yang kurang mendukung.

Dilansir melalui Painscience, pada Selasa (15/11/2022), berikut enam penyebab utama nyeri punggung di pagi hari.


1. Nyeri Punggung Inflamasi

Membuat Persendian Menjadi Kaku Sampai Nyeri Punggung Bagian Bawah
Ilustrasi Nyeri Punggung Credit: pexels.com/pixabay

Gangguan ini adalah inflamasi patologis dari penyakit autoimun, yang seringkali serius, relatif jarang, dan cukup terkenal.

Hal yang paling dekat dengan nyeri punggung yang benar-benar menonjol di pagi hari adalah Inflammatory Back Pain (IBP), atau spondyloarthritis.

Meskipun penelitian telah mengkonfirmasi bahwa pagi hari adalah waktu yang umum untuk nyeri punggung yang meradang, mereka juga menunjukkan bahwa hubungannya eksklusif.

Faktanya, sebagian besar ketegangan dan nyeri di pagi hari bukanlah inflamasi patologis. Hanya saja IBP adalah satu-satunya penyebab nyeri punggung pagi secara “resmi”.

Rasa sakit IBP di pagi hari sebenarnya merupakan kasus sisa gejala malam hari, yang hilang saat kita bangun dan bergerak.

Namun hal tersebut bisa menjadi serius jika mengalami gejala lainnya, seperti peradangan di bagian tubuh lain, terutama tendon (tempat melekatnya tulang), mata, jari tangan atau kaki, dan usus besar.


2. Peradangan

Ilustrasi Radang Sendi Punggung (sumber: unsplash)
Ilustrasi Radang Sendi Punggung (sumber: unsplash)

Setiap orang yang berusia di atas 40 tahun tahu bahwa semakin tidak nyaman untuk bangun dari tempat tidur seiring bertambahnya usia.

Kebanyakan orang menganggapnya sebagai "radang sendi", tetapi itu jarang menjadi faktor yang signifikan sampai jauh di kemudian hari.

Sedikit peradangan yang menyebar ke mana-mana kemungkinan besar adalah penyebabnya. Hal ini mungkin terjadi sebagai konsekuensi dari sindrom metabolik, yang mana merupakan serangkaian disfungsi biologis yang sangat terkait dengan kebugaran yang buruk, obesitas, penuaan, dan mungkin juga terkait dengan stres kronis yang parah.

Masalah umum ini mungkin sulit dibedakan dari yang jauh lebih jarang terjadi, seperti nyeri punggung inflamasi yang parah.

Melawan peradangan itu sederhana tetapi tidak mudah, ini terutama tentang menjadi bugar dan sesehat mungkin, yang mencakup hampir semua pendekatan pengobatan gaya hidup, seperti diet jantung sehat, mengurangi kecemasan, tidur lebih nyenyak, dan menghindari olahraga ekstrem.


3. Myofascial Pain Syndrome dan Fibromyalgia

Ilustrasi Fibromyalgia (sumber: freepik)
Ilustrasi Fibromyalgia (sumber: freepik)

Sebenarnya ada dua penyebab nyeri punggung yang sering menjadi titik panas di tubuh untuk nyeri otot dan rasa sakit yang meluas yang sulit dijelaskan.

  • Myofascial Pain Syndrome (MPS)

Myofascial Pain Syndrome atau MPS adalah penyakit nyeri kronis yang memengaruhi persendian dan otot (muskuloskeletal). Hal ini disebabkan karena terlalu banyak "titik pemicu" bercak jaringan lunak yang sakit dan nyeri yang sering tampak mereda dengan pijatan, tetapi sebagian besar tidak dapat dijelaskan dan sulit diobati.

  • Fibromyalgia (FM)

Penyakit yang ditandai oleh rasa nyeri di sekujur tubuh, disertai rasa lelah dan gangguan tidur. Fibromyalgia sebenarnya satu penyebab nyeri punggung pagi yang tidak terlalu menakutkan, tetapi banyak orang dengan diagnosis fibromyalgia ternyata memiliki tanda-tanda nyeri punggung inflamasi.

Kemungkinan ada banyak tumpang tindih antara kondisi ini. FM sebenarnya bukanlah diagnosis yang jelas, itu hanya memberi label pada pola gejala umum yang dapat memiliki beberapa penyebab berbeda.

Sementara itu, MPS adalah masalah hipotetis dengan jaringan otot yang merupakan penjelasan untuk beberapa nyeri tubuh dan jenis nyeri tersebut sangat umum terjadi pada pasien fibromyalgia.


4. Insomnia

Ilustrasi insomnia
Ilustrasi insomnia. (Photo by Ben Blennerhassett on Unsplash)

Insomnia dan kualitas tidur yang buruk, tentu saja, merupakan penjelasan paling mendasar untuk nyeri punggung di pagi hari. Tidur malam yang nyenyak adalah obat penghilang rasa sakit yang efektif, sementara, tidur yang buruk adalah kebalikannya.

Kualitas tidur yang buruk dan insomnia mungkin merupakan penyebab utama nyeri punggung di pagi hari.

Hubungan antara tidur dan rasa sakit didasarkan pada beberapa biologi peradangan yang sederhana.

Tidur yang buruk adalah peradangan, dan peradangan membuat lebih sulit untuk tidur. Itu berarti bahwa tidur yang buruk sebenarnya dapat membuat lebih sulit untuk tidur nyenyak.

Ini adalah lingkaran setan yang biasa dialami oleh setiap penderita insomnia, perlu diingat bahwa, kelelahan karena kurang tidur bukanlah jaminan bahwa kalian akan tidur nyenyak di malam berikutnya.


5. Kekurangan Vitamin D

Gambar Ilustrasi Vitamin D
Sumber: Freepik

Kekurangan vitamin D disebut dengan istilah Osteomalacia, yang mana cukup umum terkait nyeri tulang di pagi hari.

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan rasa sakit yang luas dan halus yang mungkin salah didiagnosis sebagai fibromyalgia atau sindrom kelelahan kronis.

Gejala yang disebabkan oleh osteomalacia, yaitu melemahnya tulang akibat tidak berfungsinya biologi pembentukan tulang.

Dikutip dari Mayo Clinic, menjelaskan nyeri terkait dengan osteomalacia paling sering menyerang punggung bagian bawah, panggul, pinggul, kaki, dan tulang rusuk. Rasa sakitnya mungkin lebih buruk di malam hari, atau ketika kalian menekan tulang yang sakit.

Selain itu, gejala lainnya meliputi kelelahan dan rasa sakit yang lebih akut setelah berolahrga.


6. Posisi Tidur yang Canggung

Posisi tidur/dok. Unsplash Kinga
Posisi tidur/dok. Unsplash Kinga

Posisi canggung bisa sangat menyakitkan, bahkan merugikan. Tidur sering kali melibatkan posisi yang sedikit canggung yang dilakukan dalam waktu yang cukup lama.

Studi tahun 2015, Steffens, dkk menemukan bahwa sebagian besar nyeri punggung terjadi dalam beberapa jam pertama dalam sehari. Mereka juga mengidentifikasi postur tidur yang canggung dalam dua jam sebelum serangan sebagai faktor risiko terbesar kedua.

Berdasarkan penelitian ini, kita dapat menduga bahwa nyeri punggung di pagi hari mungkin sangat umum terjadi karena tidur merupakan sumber yang kaya akan postur tubuh yang janggal.

Posisi tidur yang benar hanya dapat meredakan nyeri punggung bawah di pagi hari. Jika kalian telah memiliki kasur selama lebih dari lima tahun, mungkin sudah waktunya untuk mempertimbangkan untuk menggantinya .

Dalam satu penelitian, peserta mengganti kasur lama mereka yang rata-rata berusia 9,5 tahun, dengan yang baru. Selama bulan berikutnya, kualitas tidur mereka meningkat secara terukur setiap minggu, begitu pula dengan sakit punggung mereka.

Infografis 5 Tips Kuatkan Daya Tahan Mental agar Tubuh Lebih Sehat Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 5 Tips Kuatkan Daya Tahan Mental agar Tubuh Lebih Sehat Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya