5 Fakta Menarik Kucing Hitam, Diyakini Bawa Keberuntungan

Kucing hitam menjadi salah satu kucing unik yang juga dikenal membawa keberuntungan di berbagai negara.

oleh Nanda Rabita Nur Ilahiyah diperbarui 13 Des 2022, 08:30 WIB
Diterbitkan 13 Des 2022, 08:30 WIB
Kucing hitam (Sumber: Wikimedia Commons)
Kucing hitam (Sumber: Wikimedia Commons)

Liputan6.com, Jakarta - Kucing hitam seringkali dikenal menakutkan dan menyeramkan, bahkan erat dikaitkan dengan Halloween juga sihir.

Terlepas dari itu, kucing hitam menjadi salah satu kucing unik yang juga dikenal membawa keberuntungan di berbagai negara dan memiliki sejarah kaya sejak abad pertengahan.

Oleh karena itu, ketahui beberapa fakta menarik kucing hitam, seperti melansir dari The Spruce, Senin (12/12/22) 

1. Dikaitkan dengan setan dan penyihir

Kucing hitam dikenal sebagai ikon Halloween klasik, dan menjadi pilihan kostum nomor satu untuk anak-anak dan wanita usia sekolah dasar.

Dimulai pada abad pertengahan, kucing hitam seringkali dikaitkan dengan setan, penyihir, dan sihir. Beberapa orang bahkan percaya bahwa kucing hitam adalah kelompok penyihir bahkan penyihir yang telah berubah bentuk.

Dari takhayul yang tersebar luas ini menyebabkan pembunuhan massal mengerikan terhadap kucing hitam, bahkan pemiliknya juga ikut terseret.

Selain mewakili segala hal yang menakutkan, ketakutan terhadap kucing hitam masih memiliki pengaruh hingga saat ini. Bahkan, masih banyak tempat penampungan hewan tidak menerima kucing hitam karena merasa takut.

2. Kucing hitam bisa berubah warna

Jika kamu memiliki kucing hitam dan mereka memiliki gen tabby stripe dan suka menghabiskan hari-harinya dengan bersantai di bawah sinar matahari, bulunya bisa berubah warna menjadi coklat berkarat.

Sebab, sinar matahari memecah pigmen di bulu mereka untuk mengungkapkan garis-garis kucing yang mendasarinya.


3. Membawa keberuntungan

Tak Selalu Seram, 7 Tingkah Kucing Hitam ini Justru Menggemaskan
Sumber: Reddit

Kucing hitam dianggap bisa membawa keberuntungan dan keuangan. Secara historis, diketahui para pelaut membawa kucing ke atas kapal untuk berburu juga sebagai bentuk persahabatan.

Para pelaut Inggris bahkan percaya jika kucing hitam akan membawa keberuntungan bagi kapal dan memastikan pulang dengan selamat.

Sebagian yang lainnya juga memiliki kepercayaan bahwa kucing hitam yang berjalan ke arahmu menandakan nasib buruk. Sedangkan yang berjalan menjauh adalah keberuntungan, dan jika seekor kucing naik ke kapal dan kemudian melompat, kapal itu akan tenggelam.

Adapun bagi orang biasa, (tidak berprofesi maritim), seekor kucing hitam yang tiba di depan pintu rumahmu menandakan kemakmuran. Ini menjadi kepercayaan umum di Skotlandia, sementara di Inggris dan Irlandia, apabila seekor kucing hitam yang melintasi jalanmu menandakan keberuntungan.


4. Terhindar penyakit

Kucing hitam terjebak di tiang listrik (Philip B. Poston/Sentinel Colorado via AP )
Kucing hitam terjebak di tiang listrik (Philip B. Poston/Sentinel Colorado via AP )

Para peneliti di National Institutes of Health menemukan bahwa mutasi genetik menyebabkan kucing memiliki bulu hitam yang bisa membuatnya terhindar dari penyakit.

Faktanya, mutasi memengaruhi gen yang sama dan memberikan resistensi HIV pada manusia. Karena kucing dapat mengalami banyak masalah kesehatan yang sama seperti manusia, yakni kanker, HIV, dan Alzheimer.


5. Tingkatkan kehidupan asmara

Potret Sheila Dara Main Sama Kucing di Rumah, Berijiwa Introvert
Sheila Dara sangat menyukai kucing. Momen Sheila menggendong kucing hitam nya ini curi perhatian karena penampilannya kompak dengan istri Vidi Aldiano juga pakai outfit hitam. Foto Sheila bersama kucing hitam ini banjir like dan komentar dari netizen. (Liputan6.com/IG/@sheiladaisha)

Di beberapa bagian dunia, diyakini bahwa kucing hitam benar-benar dapat meningkatkan kehidupan percintaanmu.

Seperti halnya di Jepang, wanita lajang yang memiliki kucing hitam diyakini akan menarik lebih banyak lawan jenis.

Selain itu, seekor kucing hitam menjadi hadiah pernikahan yang ideal bagi masyarakat di Inggris, sebab kucing hitam diyakini membawa keberuntungan dan kebahagiaan bagi pengantin wanita.

Infografis 8 Tips Liburan Akhir Tahun Minim Risiko Penularan Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 8 Tips Liburan Akhir Tahun Minim Risiko Penularan Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya