Merasakan Sensasi Tempat Paling Sunyi di Dunia, Tak Ada yang Bisa Bertahan Lama di Sini

Tak ada yang bisa bertahan lama berada di dalam tempat paling sunyi di dunia ini.

oleh Sulung Lahitani diperbarui 06 Feb 2023, 12:03 WIB
Diterbitkan 06 Feb 2023, 12:03 WIB
Merasakan Sensasi Tempat Paling Sunyi di Dunia, Tak Ada yang Bisa Bertahan Lama di Sini
Doc: Microsoft

Liputan6.com, Jakarta Diam itu emas - kecuali jika Anda berada di ruangan paling sunyi di dunia. Pada tahun 2015, Microsoft membangun ruangan yang masuk Guinness Book of World Records atau buku rekor dunia sebagai tempat paling sunyi di planet ini.

Melansir dari NYPost, dikenal sebagai ruang anechoic, ruangan ini terletak di kantor pusat Microsoft di Redmond, Washington. "Tes ultra-sensitif" yang dilakukan pada tahun 2015 memberikan pembacaan kebisingan latar belakang rata-rata -20,35 dBA (pengukuran tingkat tekanan suara).

Hanya sedikit orang yang mampu bertahan berada di dalam ruangan ini untuk waktu yang lama - paling lama satu jam. Sebab, Anda akan merasakan sensasi yang aneh saat berada di tempat paling sunyi di dunia ini.

Setelah beberapa menit, Anda akan mulai mendengar detak jantung Anda sendiri. Beberapa menit setelah itu, Anda dapat mendengar tulang Anda sendiri bergemeretak dan darah mengalir.

Tujuan dari ruang anechoic bukanlah bahwa Anda tidak akan mendengar apa-apa, tetapi itu akan menghilangkan semua kebisingan lainnya dan memungkinkan Anda untuk mendengar suara tubuh Anda sendiri yang tak ada habisnya. Sebab, hanya dalam kematian tubuh benar-benar diam.

Lingkungan yang kita anggap sangat sunyi biasanya memiliki suara lebih keras daripada ambang pendengaran manusia, yaitu sekitar 0 desibel. Ruang baca perpustakaan yang sunyi, misalnya, mungkin menghasilkan sekitar 40 desibel.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Membuat tidak nyaman

Ilustrasi Gelombang Suara
Ilustrasi Gelombang Suara (Credit : unsplash.com/@pawel_czerwinski)

Dengan tidak adanya suara dari dunia luar yang masuk, keheningan total secara bertahap akan berubah menjadi dering yang tak tertahankan di telinga Anda.

Ini kemungkinan besar akan membuat Anda kehilangan keseimbangan karena kurangnya gema di ruangan, yang mengganggu kesadaran spasial Anda.

“Ketika Anda menoleh, Anda bahkan dapat mendengar gerakan itu. Anda dapat mendengar diri Anda bernapas dan kedengarannya agak keras.” Hundraj Gopal, desainer utama ruangan di Microsoft, mengatakan.

Kata anechoic berarti "tanpa gema." Butuh waktu dua tahun untuk merancang ruang tersebut. Ruangan tersebut terdiri dari enam lapisan beton dan baja, sedikit terputus dari bangunan sekitarnya.

Serangkaian pegas peredam getaran terletak di bawah. Di dalamnya, terdapat irisan fiberglass dipasang di lantai, langit-langit, dan dinding untuk memecah gelombang suara sebelum sempat memantul kembali ke dalam ruangan.

 


Kamar anechoic lainnya

Membersihkan Kotoran Pada Telinga
Ilustrasi Telinga Credit: freepik.com

Sementara itu, kamar anechoic lainnya berharap mendapatkan gelar baru sebagai tempat paling sunyi di dunia.

Terletak di Orfield Laboratories di Minneapolis, Steven J. Orfield yang merancang ruangan tersebut mengaku bahwa "pengukuran yang sah" di ruangan itu mencapai "–24,9 dBA". 

Orfield memberi tahu New York Times bahwa dia telah mengajukan permohonan untuk merebut gelar tempat paling sunyi di dunia dan saat ini sedang menunggu tanggapan dari Guinness World Records.

Perwakilan Guinness mengonfirmasi penerimaan kiriman terbaru Orfield ke outlet tersebut. Mereka menambahkan bahwa tim manajemen Guinness sedang dalam proses "menilai bukti dan kriteria pengujian mereka."


6 Zodiak Berpikiran Sempit, Tak Mau Menerima Pendapat Orang

zodiak
ilustrasi zodiak Leo/copyright unsplash/Dmitriy Ilkevich

Berpikiran sempit bukanlah sifat yang diinginkan kebanyakan orang. Di satu sisi, itu bisa menandakan bahwa seseorang teguh dan percaya diri dengan keyakinannya—dan tentu saja, itu suatu sifat yang mengagumkan.

Namun di sisi lain, itu bisa berarti orang tersebut tidak mau belajar, tumbuh, atau memperluas wawasannya—dan siapa yang menginginkan itu? Bagaimanapun Anda menganggap sifat ini, satu hal yang pasti: itu dapat dipengaruhi oleh horoskop Anda.

Menurut astrologi, ada beberapa zodiak yang pikirannya sempit, dari yang agak keras kepala hingga yang sangat menentang pendapat orang. Anda mungkin ingin mempertimbangkan daftar ini sebelum memulai debat dengan orang-orang yang memiliki tipe seperti mereka. 

Lalu, zodiak apa saja? Melansir dari Bestlife, ini dia.

1. Pisces

Pikiran sempit Pisces berasal dari sikap keras kepala. "Zodiak ini mungkin tampak dingin dan mudah diajak bekerja sama, tetapi di balik sisik berkilauan itu ada tulang punggung baja," kata Briana Saussy, astrolog di Sacred Arts for Soulful Seekers, kepada Best Life.

Mereka berani membela apa yang mereka yakini benar. Selain itu, mereka mungkin tampak lebih berpikiran tertutup daripada sebenarnya karena kesediaan mereka untuk membuktikan kalau mereka benar. "[Mereka akan] berenang ke arah yang berlawanan hanya untuk membuktikan suatu hal," kata Saussy. Mungkin sulit untuk menghadapi mereka saat mereka berpikiran sempit dan saat mereka hanya ingin menguji Anda.


2. Cancer

zodiak baik
Ilustrasi perempuan cantik dan baik/copyright unsplash.com/Clarisse Meyer

Diwakili oleh kepiting, Cancer seringkali secara alami mengasingkan diri. "Cancer mungkin menutup cangkangnya dari ide-ide tertentu untuk melindungi dirinya dari emosi yang tidak perlu dan kompleks," kata Alice Alta, astrolog residen untuk aplikasi Futurio. "Ditambah lagi, orang-orang dengan zodiak ini cenderung terikat pada rutinitas, orang, dan benda mereka."

Jika seseorang menyarankan sesuatu di luar zona nyamannya, Cancer akan sering menolaknya. "Misalnya, seorang Cancer tinggal bersama pasangannya di rumah masa kecilnya," tambah Alta.

"Meskipun keluarga mungkin memberikan lebih dari cukup untuk membeli rumah yang lebih baik, kepiting mungkin menolak untuk melakukannya, karena mereka sangat terikat dengan tempat ini." Anda harus berusaha keras untuk membuat mereka berubah pikiran.

3. Capricorn

Zodiak yang suka pengaturan ini tidak akan terganggu dalam mengejar kesuksesan. "Menjadi terorganisir dengan baik, mereka membangun fondasi yang kuat sendiri dan jarang terbuka terhadap ide orang lain," kata peramal Linda Berry.

"Capricorn adalah jenius strategis yang memainkan kartu mereka dekat dengan dada mereka, tanpa menunjukkan strategi mereka kepada siapa pun — mereka bermain untuk menang."

Apakah Anda berada dalam hubungan pribadi atau bisnis dengan mereka, kemungkinan besar Anda tidak akan pernah mendapatkan akses ke motif, pikiran, dan perasaan mereka yang sebenarnya. Dan begitu mereka memperhatikan hadiah mereka, mereka mungkin tidak akan mempertimbangkan masukan Anda tentang masalah tersebut.


4. Leo

karakter zodiak
ilustrasi perempuan bekerja/Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Ini adalah zodiak penuh percaya diri lainnya yang terkadang mematikan yang lain secara default. "Zoddiak singa Leo melambangkan binatang yang sangat kuat sehingga tidak ada yang bisa menembusnya, termasuk masukan dari orang lain," kata Berry. "Mereka memiliki ego yang besar dan kuat yang memiliki pendirian teguh."

Sama seperti singa yang menguasai hutan, Leo menguasai zodiak. Ini bisa membuat mereka tidak mau mempertimbangkan ide orang lain. Mereka melihat diri mereka sebagai yang paling penting dan kompeten di dalam ruangan—jadi mengapa memperluas wawasan mereka?

5. Aries

Tidak ada zodiak yang menghargai kesuksesan dan mendapatkan keunggulan kompetitif seperti halnya Aries. "Mereka jarang menerima atau meminta masukan dan saran dari orang lain," kata Berry. "Orang-orang Aries menetapkan pikiran mereka dengan tegas dan tidak akan menyerah pada apapun, terutama jika itu menyangkut posisi kekuasaan."

Jika Anda mendatangi mereka dengan solusi kreatif untuk suatu masalah, mereka hampir pasti akan menggunakan ide mereka—bahkan jika ide Anda lebih baik.

 


6. Taurus

Selalu Diremehkan, 4 Zodiak Ini Aslinya Punya Banyak Kemampuan Luar Biasa
4 zodiak yang selalu diremehkan padahal aslinya punya banyak kemampuan luar biasa. (Unsplash/mateus campos).

Tanda zodiak ini diwakili oleh banteng — dan seperti banteng, mereka akan dengan mudah melibas orang-orang dengan ide yang berlawanan. "Mereka yang memiliki Tanda Matahari di Taurus selalu peduli dengan uang, harta benda, sumber daya pribadi, dan akan terbuka untuk ide-ide baru sehubungan dengan harta berharga mereka," kata Berry.

"Tapi, karena mereka cenderung keras kepala, mereka tidak menyukai perubahan apa pun—suatu sifat yang dapat berkontribusi pada sikap tertutup."

Terlebih lagi, Taurus cenderung memiliki kepribadian suka memerintah dan tertutup, sehingga sulit untuk terlibat dalam percakapan yang berarti dengan mereka. Jangan berharap untuk melangkah jauh jika Anda mengangkat topik untuk diperdebatkan.

Infografis Journal
Olahraga Dapat Memperbaiki Mood Seseorang (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya