Bila Resesi Global Terjadi, Negara Mana yang Bakal Paling Terpengaruh? Ini Kata Pakar

Pakar mengemukakan pandangannya terkait resesi global yang terjadi serta negara yang bakal paling terpengaruh

oleh Sulung Lahitani diperbarui 19 Feb 2023, 12:21 WIB
Diterbitkan 19 Feb 2023, 12:21 WIB
Resesi
Ilustrasi Grafik Resesi Credit: pexels.com/Burka

Liputan6.com, Jakarta Pembicaraan tentang resesi global 2023 telah tumbuh secara eksponensial dalam beberapa bulan terakhir, dengan berbagai tingkat kesuraman dan malapetaka. Sebastian Shehadi, seorang editor politik di Investment Monitor dan penulis kontributor untuk New Statesman memaparkan pandangannya terhadap resesi global ini.

Melansir dari Investmentmonitor, menurut Shehadi, laporan bulan Oktober 2022 pada Konferensi PBB tentang Perdagangan dan Pembangunan (UNCTAD) memberikan peringatan keras terhadap resesi yang bakal menghantam dunia.

Menurut UNCTAD, kenaikan suku bunga yang cepat dan pengetatan fiskal di negara maju, dikombinasikan dengan krisis yang berjatuhan akibat pandemi Covid-19 dan perang melawan Ukraina, telah mengubah pelambatan global menjadi penurunan.

“Pergerakan kebijakan moneter dan fiskal di negara maju berisiko mendorong dunia menuju resesi global dan stagnasi yang berkepanjangan, menimbulkan kerusakan yang lebih buruk daripada krisis keuangan pada 2008 dan guncangan Covid-19 pada 2020,” katanya.

Perkiraan ini, bagaimanapun, tidak dimiliki oleh semua orang. Glenn Barklie, kepala ekonom di Investment Monitor dan kepala layanan investasi asing langsung (FDI) di GlobalData, mengatakan bahwa meskipun ada kemungkinan resesi global dapat menjadi kenyataan pada tahun 2023, tidak akan ada dampak yang sama seperti yang terjadi pada krisis keuangan 2008.

Hal ini dikarenakan parameternya sangat berbeda. Saat krisis tahun 2022 terjadi, ini terutama didorong oleh inflasi sehingga pemerintah harus mengadopsi pengetatan kebijakan moneter untuk mencoba mengekang inflasi yang melonjak dan beban utang yang disebabkan oleh pandemi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Negara-negara yang kemungkinan paling parah terkena dampak resesi global

Pecabutan PPKM untuk Genjot Ekonomi 2023
Sejumlah pekerja beraktivitas di kawasan Jalan Thamrin, Jakarta, Kamis (5/1/2023). Pencabutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dinilai untuk menggenjot ekonomi Indonesia 2023 yang diproyeksi suram akibat resesi global. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

PBB memperkirakan ekonomi dunia tumbuh sebesar 2,5% pada tahun 2022, sedangkan untuk tahun 2023 angka tersebut diperkirakan hanya mencapai 2,2%. Ini akan meninggalkan pertumbuhan PDB riil di bawah tren pra-pandemi pada akhir tahun 2023 dan kekurangan kumulatif lebih dari US$17trilyun – mendekati 20% dari pendapatan dunia.

Namun, tingkat eksposur terhadap inflasi berbeda secara signifikan di seluruh dunia. “Beberapa negara seperti Zimbabwe, Argentina, dan Turki terus mengalami hiperinflasi,” kata Barklie. Negara lain seperti Inggris, Jerman, dan Italia terus mengalami kenaikan hingga inflasi dua digit.

Meskipun perlambatan global melanda semua wilayah, lonceng peringatan berbunyi paling keras untuk negara-negara berkembang, di mana tingkat pertumbuhan ekonomi rata-rata diproyeksikan turun di bawah 3%, suatu kecepatan yang akan menekan keuangan publik dan swasta serta merusak prospek lapangan kerja.

“Negara-negara berpenghasilan menengah di Amerika Latin, serta negara-negara berpenghasilan rendah di Afrika, akan mencatat beberapa penurunan paling tajam tahun ini,” kata UNCTAD, yang menambahkan bahwa negara-negara yang menunjukkan tanda-tanda kesulitan utang sebelum Covid mengambil sebagian dari pukulan terbesar (Zambia, Suriname, Sri Lanka) dengan guncangan iklim semakin mengancam stabilitas ekonomi (Pakistan).

 


Tingkat utang yang mengkhawatirkan dan kurangnya investasi

Pengertian Resesi
Ilustrasi Grafik Resesi Ekonomi Credit: pexels.com/energepic.com

Pandemi paling parah menghantam FDI ke pasar negara berkembang, karena modal dan perusahaan dari negara maju mencari tempat berlindung yang lebih aman. Dalam hal ini, dan yang lainnya, tahun 2022 dimaksudkan sebagai tahun pemulihan berkelanjutan, seperti yang terlihat pada tahun 2021.

Namun, aliran modal bersih ke negara berkembang telah berubah menjadi negatif dengan memburuknya kondisi keuangan sejak kuartal terakhir tahun 2021, kata UNCTAD. Secara bersih, negara berkembang sekarang membiayai negara maju.

Sementara itu, sekitar 90 negara berkembang telah melihat mata uang mereka melemah terhadap dolar pada tahun 2022 – lebih dari sepertiganya lebih dari 10%.

“Cadangan devisa turun dan spread obligasi melebar, dengan jumlah yang terus bertambah menghasilkan sepuluh poin persentase lebih tinggi dari perbendaharaan AS,” kata laporan UNCTAD. Saat ini, 46 negara berkembang sangat terekspos pada berbagai guncangan ekonomi dan 48 lainnya terekspos secara serius, mempertinggi ancaman krisis utang global.

 


Masih ada waktu untuk menghindari resesi

Ilustrasi resesi ekonomi. Foto: Freepik/starline
Ilustrasi resesi ekonomi. Foto: Freepik/starline

Dalam beberapa bulan dan tahun mendatang, perusahaan akan menghadapi tekanan yang meningkat karena pemerintah AS dan bank sentral menaikkan suku bunga untuk mendorong masyarakat menabung. “Jika orang menabung, mereka tidak membelanjakan dan karenanya memberi tekanan pada perusahaan dalam bentuk pengurangan permintaan,” kata Barklie.

“Pada gilirannya, hal ini dapat menyebabkan perusahaan mengurangi produksi, memberhentikan staf, mengajukan kebangkrutan – semuanya berdampak negatif pada kemampuan negara untuk tumbuh.”

UNCTAD menyimpulkan bahwa situasi di negara-negara berkembang jauh lebih lemah daripada yang diakui oleh G20 dan forum keuangan internasional lainnya, dengan pembicaraan tentang jaring pengaman keuangan global semakin bertentangan dengan kenyataan.

Namun, masih ada waktu untuk mundur dari tepi resesi, menurut sekretaris jenderal UNCTAD Rebeca Grynspan. “Kami memiliki alat untuk menenangkan inflasi dan mendukung semua kelompok rentan,” katanya.

“Ini masalah pilihan kebijakan dan kemauan politik. Tetapi saat ini yang paling rentan adalah negara-negara berkembang, dan berisiko membawa dunia ke dalam resesi global,” pungkas dia.

Infografis Rusia Didepak dari Dewan HAM PBB
Infografis Rusia Didepak dari Dewan HAM PBB (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya